Media Metaverse | by APPKEY

Metaverse Avatar Avatar adalah : Bagaimana Sejarah dan Perkembangannya?

Avatar adalah : Bagaimana Sejarah dan Perkembangannya?

-

Perkembangan teknologi sangat pesat di era saat ini ke arah yang lebih canggih. Bagaimana tidak? Ambisi manusia untuk tetap berinovasi dan berkreasi telah berhasil melahirkan beragam teknologi baru seakan tidak ada habisnya. Globalisasi tentunya berperan penting dalam penyebaran perkembangan teknologi ke seluruh dunia, salah satu dari perkembangan teknologi yang sedang viral saat ini yaitu Avatar. Avatar adalah representasi grafis dari pengguna teknologi yang berbentuk karakter.

Avatar adalah Gambar Profil atau Userpic

avatar adalah

Dalam hal games komputer dan dunia virtual, avatar adalah representasi digital dari manusia nyata. Avatar bisa menjadi apa saja selama ada orang nyata yang mengendalikannya. Sebaliknya, karakter atau makhluk digital yang berada di bawah kendali komputer disebut bot. Jadi, jangan salah mengartikan dua istilah tersebut.

Avatar ini dapat berbentuk dua dimensi atau tiga dimensi, gambar avatar sendiri disebut dengan picons atau personal icons. Namun, istilah tersebut sudah tidak lumrah digunakan pada masa kini. Avatar adalah animasi yang dapat dibuat sendiri sesuai keinginan penggunanya, misalkan membuat avatar berdasarkan gender laki-laki atau perempuan lengkap dengan pakaian yang diinginkan.

Seorang pengguna juga bisa membentuk avatar-nya menjadi karakter yang mereka impikan seperti robot, dinosaurus, super hero, dan sebagainya sesuai keinginannya. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa avatar adalah hal yang berperan penting sekaligus menyenangkan bagi para pengguna internet di seluruh penjuru dunia.

Artikel Terkait  Tutorial Belajar Unity 3D untuk Pemula

Sejarah Singkat Avatar

Sejarah Avatar dimulai sejak awal 1970-an, ketika dua orang di NASA, Steve Colley dan Howard Palmer, menciptakan game multipemain bernama MazeWar. Mereka bermain dengan pengguna komputer awal lainnya melalui ARPANET, pendahulu internet yang kemudian dikembangkan oleh Departemen Pertahanan dan sekelompok universitas.

Pada awalnya, pemain yang bergerak melalui labirin yang dibentuk diwakili oleh kata-kata atau angka. Namun, seorang sejarawan komputer dan avatar, Bruce Damer kemudian menciptakan avatar pertama untuk bola mata grafis yang dapat bergerak melalui labirin dengan tatapan cyclops-nya menunjuk ke arah pemain lain yang akan ditembak.

Pada tahun 1980-an, teknologi komputer mulai menyebar ke masyarakat umum. Ada beberapa jaringan komputer yang dapat mereka sambungkan, namun saat itu hanya dapat melakukan komunikasi dengan komputer di jaringan yang sama. Penggunaan istilah avatar adalah representasi di layar dari pengguna yang diciptakan pada tahun 1985 oleh Richard Garriott untuk sebuah game komputer ciptaannya, yakni Ultima IV: Quest of the Avatar.

Dalam permainan ini, Garriott ingin agar karakter pemainnya terwujud dari wujud nyata ke dunia virtual. Tujuannya adalah agar pemain di dunia nyata dapat bertanggung jawab atas tindakan karakter dalam permainan karena perumpamaan etis yang ia rancang ke dalam cerita.

Karena pendekatannya yang bernuansa etis dan berdasarkan cerita itulah membuatnya terinspirasi mengambil istilah dalam Hindu yang terkait dengan manifestasi dewa di Bumi dalam bentuk fisik, kemudian menerapkannya pada pemain yang bermanifestasi di dunia permainan virtual.

Satu tahun setelahnya, Chip Morningstar dan Randy Farmer, yang bekerja di Lucas Films, menyusul menemukan dunia virtual bernama Habitat dengan komputer Commodore 64. Pengguna dapat merakit avatar seperti kartun dengan memilih dari menu kepala dan badan. Kemudian mereka dapat berjalan di sekitar ruang digital dan berbicara satu sama lain, kata-kata mereka muncul dalam bentuk gelembung obrolan di atas kepala mereka.

Kemudian pada tahun 1990-an, ketika berbagai jaringan komputer bersatu membentuk Internet, fenomena avatar semakin booming. Banyak game multi pemain dan ruang sosial virtual dibuat, tetapi hanya sedikit yang bertahan karena hal terebut dirasa tidak menghasilkan uang. Sehingga kemudian banyak yang berasumsi bahwa jenis virtual reality tersebut benar-benar akan terhenti sampai di sini.

Phillip Rosedale, CEO sekaligus pendiri Linden Labs, ternyata memiliki pandangan yang berbeda. Pada tahun 2003, Linden Labs meluncurkan Second Life, yang mampu meluncurkan banyak industri baru berdasarkan penjualan barang dan jasa kepada penduduk dunia maya.

Avatar dalam Permainan Virtual

Jika Anda pernah memainkan video game seperti World of Warcraft (WOW), Tomb Raider atau Grand Theft Auto, Anda pasti tahu bahwa game tersebut menggunakan sudut pandang orang ketiga. Dalam permainan perspektif orang ketiga, Anda dapat melihat karakter yang Anda mainkan.

Biasanya pada game seperti ini, posisi kamera standar berada di atas dan di belakang karakter, seolah-olah Anda sedang melayang beberapa kaki di belakangnya. Rancangan avatar ditujukan untuk memungkinkan pengguna melihat diri mereka sendiri dari perspektif ini seolah-olah mereka adalah karakter dalam dunia virtual.

Owens mengatakan bahwa MMORPG WOW secara khusus mengilhami penemuannya, kemudian ia merancang kostum lengkap. Kostumnya menyerupai jenis karakter fantasi yang akan Anda temui di WOW. Inspirasi lain dari penemuan Owens adalah minatnya pada penelitian perilaku manusia di lingkungan game.

Dia ingin melihat apakah seseorang akan berperilaku berbeda ketika mereka mengamati diri mereka sendiri dari sudut pandang orang ketiga. Ia menguji penemuannya di beberapa lokasi, termasuk Hyde Park di London, Inggris. Beberapa orang terlihat bergerak seperti karakter di WOW.

Para sosiolog dan psikolog mungkin menemukan mesin avatar berguna saat mempelajari perilaku manusia. Namun, Owens berteori bahwa kemungkinan berkurangnya rasa tanggung jawab sosial si pengguna saat menggunakan mesin avatar. Ia percaya pengguna mungkin juga merasakan perasaan tak terkalahkan saat melihat diri mereka sendiri dari sudut pandang orang ketiga. Melalui hal tersebut, pengguna mungkin mengalami perasaan terputus dari kehadiran fisik mereka.

Owens berpikir bahwa perasaan terputus yang dialami pengguna dapat menyebabkan perilaku menarik, di antaranya jarang terjadi di kehidupan nyata tetapi umum terjadi di dunia video game. Pengguna mungkin menjadi kurang sadar diri dan berperilaku dengan cara yang biasanya tidak mereka lakukan di depan umum. Perilaku seperti menari dan berpose konyol hingga bertingkah seperti pengganggu terhadap orang lain.

Aplikasi lain dari mesin avatar adalah sebagai bentuk hiburan. Sehingga berpotensi menjadi game berteknologi tinggi. Ketika pengguna menguji mesin avatar, Owens mengamati bahwa mereka tampaknya menikmati memiliki karakteristik fisik dan ciri-ciri makhluk yang jauh lebih besar dan lebih kuat daripada diri mereka sendiri. Ia juga melihat banyak dari mereka yang senang mengamati reaksi orang yang lewat.

Penggunaan Avatar di Masa Kini

Tidak hanya dalam game saja, avatar juga dapat digunakan dalam beberapa kepentingan di internet atau dunia virtual. Berikut adalah beberapa penggunaan atau implementasi avatar di masa kini:

Avatar adalah Kecerdasan Buatan

Avatar dapat digunakan sebagai bentuk perwujudan virtual yang tentunya dibentuk dari kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Salah satu contoh penerapannya adalah pembuatan asisten online otomatis yang sangat membantu sebuah perusahaan

Jenis avatar ini biasanya digunakan oleh beberapa perusahaan atau organisasi sebagai bagian pelayanan pelanggan otomatis, avatar ini dapat berinteraksi dengan konsumen dan pengguna layanan. Hal ini pun sangat membantu dalam pengurangan biaya operasional dan pelatihan pekerjanya. Anna IKEA adalah avatar yang dirancang khusus sebagai pemandu pengguna di seluruh website resmi IKEA.

Artikel Terkait  Wajib Tahu! Ini 10 Contoh NFT Art Terbaik

Avatar untuk Forum Internet

Avatar jenis ini biasanya digunakan untuk mewakili pengguna untuk mempersonalisasi kontribusi seseorang di dalam forum internet. Avatar ini dapat mewakili kepribadian, kepercayaan, minat, maupun status sosial seseorang di dalam forum internet.

Beberapa forum internet bahkan mengizinkan pengguna untuk mengunggah gambar avatar yang mungkin telah dirancang oleh pengguna atau diperoleh dari tempat lain. Forum lain juga mengizinkan pengguna untuk memilih avatar dari daftar prasetel atau menggunakan algoritma penemuan otomatis untuk dapat mengekstraknya dari beranda pengguna.

Avatar dalam Obrolan Internet

Avatar GIF merupakan avatar yang diperkenalkan pada awal 1990 di ImagiNation Network atau Sierra On-Line, perusahaan game dan chat hybrid. Pada tahun 1994, Virtual Places kemudian menawarkan kemampuan VOIP, tetapi sayangnya harus ditinggalkan karena kurangnya bandwidth.

Pada tahun 1996 Microsoft Comic Chat, klien IRC telah menggunakan avatar kartun untuk mengobrol di internet untuk dirilis. Seperti yang Anda ketahui, avatar-avatar tersebut terutama GIF menjadi sangat populer di kalangan pengguna obroloan internet.

Avatar di Media Sosial

Contoh lain dari penggunaan avatar adalah meluasnya penggunaan avatar di platform media sosial, mengunggah avatar dapat digunakan sebagai pengganti gambar profil dari manusia nyata. Gambar profil tersebut mewakili identitas pemegang profil, biasanya potret individu, logo organisasi, bangunan organisasi atau karakter khas dari buku, halaman sampul dll.

Menggunakan avatar sebagai gambar profil ini dapat meningkatkan persepsi tingkat kehadiran sosial pengguna di lingkungan online. Terkadang avatar yang dapat di-custom mandiri itu tidak benar-benar menyerupai wujud manusia aslinya, tetapi sengaja dibentuk seperti apa yang pengguna tersebut inginkan untuk ditampilkan.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai avatar dan sejarah perkembangannya hingga saat ini. Anda pasti selebihnya sudah mengetahui atau bahkan menggunakan avatar secara langsung dalam dunia virtual.

Dalam artikel ini kami hanya menyajikan informasi yang lebih luas dan detil untuk Anda, agar lebih paham secara mendalam terkait avatar itu sendiri. Jangan lupa untuk baca artikel lainnya di Metakey, ya!

Baca juga


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Mixed Reality adalah? Pengertian dan Peranan dalam Metaverse

Mixed reality adalah teknologi dunia maya “campuran” yang membentuk metaverse. Seperti apa contoh dan kegunaan mixed reality dalam META? Dunia...

Augmented Reality adalah : Contoh & Perbedaan dengan VR

Augmented reality adalah teknologi perpaduan dua dan tiga dimensi (2D-3D) yang tak kalah penting di metaverse. Apa itu augmented...

Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

Virtual reality adalah teknologi digital yang paling sering digunakan di metaverse. Sudah tahu apa pengertian virtual reality dan contohnya? Hal...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya