Media Metaverse | by APPKEY

Metaverse Design Apa Itu 3D Modeling dan Kaitannya dengan Metaverse?

Apa Itu 3D Modeling dan Kaitannya dengan Metaverse?

-

3D modeling adalah konsep desain dengan fungsi yang cukup penting dalam perkembangan Metaverse. Seperti apa kaitan antara 3D modeling dengan Metaverse?

Metaverse adalah era baru internet yang tak habis dibicarakan saat ini. Hampir semua pakar teknologi meyakini kehadiran Metaverse akan mendatangkan keuntungan besar bagi banyak pihak  mulai dari brand bisnis, lembaga organisasi, maupun individu.

Namun sebelum melangkah jauh ke dunia virtual ini, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu seputar peranan 3D modeling. Menguasai modeling item 3D akan membantu Anda meraup lebih banyak keuntungan dari dunia Metaverse.

Apa itu 3D modelling dan kaitannya dengan Metaverse? Yuk langsung simak jawaban selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu 3D Modeling?

3d-modeling-1

3D modeling adalah sebuah strategi desain yang digunakan untuk membuat rancangan secara tiga dimensi (memiliki volume).

Dalam dunia desain dikenal ada dua jenis bentuk desain, yakni 2D (dua dimensi) dan 3D (tiga dimensi). Rancangan 2D berbeda dari 3D, karena bentuk dua dimensi tidak memiliki volume. Alhasil ia tampak seperti gambar biasa yang pipih.

Sementara model-model 3D tampak jauh lebih “hidup” dan “padat”. Objek rancangan 3D umumnya memiliki bentuk lekuk yang khas, di samping tekstur dan ukuran tertentu.

Konsep dasar dari 3D modeling adalah pemodelan. Desainer dapat merancang sebuah item digital dengan memperhatikan atau “meniru” bentuk, ukuran serta tekstur sebuah objek asli. Proses ini dapat dilakukan memakai komputer dan software khusus modeling.

Sejarah Asal 3D Modeling

Meskipun teknik pemodelan 3D dilakukan dengan berbagai software komputer canggih, namun faktanya, metode desain ini sudah ada sejak tahun 1960.

Modeling 3D awalnya diciptakan untuk kebutuhan pembelajaran ilmiah serta membuat aneka rancangan teknis. Alhasil kala itu konsep desain ini hanya dikuasai oleh para ahli matematika dan data analis saja.

Hingga akhirnya konsep tersebut diadaptasi menggunakan ilmu komputer oleh Ivan Sutherland dan David Evans. Sutherland adalah pencipta Sketchpad. Ia juga dinobatkan sebagai pelopor desain grafis 3D berkat inovasinya ini.

Sutherland mendirikan jurusan komputer pertama di Universitas Utah bersama Evans. Kabar tersebut merebak luas dan sukses menarik minat belajar para ahli IT dari berbagai negara.

Kontribusi para ahli di jurusan komputer tersebut lah yang akhirnya menyempurnakan ilmu desain grafis 3D modern. Belakangan diketahui bahwa Presiden Walt Disney Animation Studios dan Pixar Animations, Edwin Catmull, turut mendapatkan ilmu desain 3D-nya dari sini.

Di tahun 1969, Sutherland dan Evans juga sukses mendirikan perusahaan desain grafis pertama di dunia. Sejak saat itu pemakaian desain grafis kian merebak untuk berbagai industri seperti film layar lebar, televisi, marketing dan internet.

Artikel Terkait  Belajar 3D Modeling Gratis [Tutorial Kilat & Lengkap]

Apa Peranan 3D Modeling di Metaverse?

Jika modeling 3D adalah bagian dari desain grafis, lantas, apa hubungannya dengan dunia Metaverse?

3D modelling akan menjadi “metode utama” untuk menciptakan item-item yang hadir di Metaverse. Metaverse adalah dunia virtual baru dengan kehidupan yang berbentuk 3D.

Otomatis, hampir 100% item dalam Metaverse akan mempunyai volume selayaknya benda asli. Mulai dari avatar (profil diri kita), bangunan virtual (Decentraland), serta item-item yang menyertainya (NFT).

Maka dari itu, Anda perlu sekali mengetahui bagaimana cara membuat desain secara tiga dimensi (3D modelling).

Metaverse jelas tidak sama dengan internet biasa. Teknologi internet saat ini masih menggunakan desain-desain 2D (foto dan video) yang tak bisa kita sentuh, raba, atau pakai. Semua item di internet hanya bisa disaksikan dari layar gadget saja.

Namun Metaverse jauh lebih canggih daripada itu. Anda bisa “masuk” dan terlibat langsung dengan kehidupan virtual Metaverse  seperti mencoba produk online, mengobrol sembari duduk, bermain game dengan senjata yang dipegang langsung, berlari, mengunjungi bangunan virtual, dan lain-lain.

Akibatnya, momen berselancar di Metaverse jauh lebih nyata ketimbang internet. Tetapi Anda harus bisa membuat item-item 3D terlebih dahulu sebelum bisa mewujudkan pengalaman unik tersebut.

3  Manfaat 3D Modeling di Metaverse

Kita sudah mengetahui definisi beserta peranan 3D modelling dalam dunia Metaverse. Lalu, apa sajakah manfaat skill rancangan desain ini untuk META?

Ada banyak manfaat nyata pemakaian 3D modelling di Metaverse, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mempermudah Perkembangan Bisnis Online

Industri bisnis online sempat dihebohkan dengan kabar terjunnya brand-brand ternama ke Metaverse. Berbagai merek populer seperti Adidas, Forever21, Puma dan Nike telah melebarkan sayap usahanya dengan merilis toko-toko virtual mereka di Metaverse.

Upaya ini tentu disambut baik oleh masyarakat maupun pengamat digital marketing. Pasalnya, teknologi Metaverse mempunyai solusi atas kekurangan marketplace (e-commerce) yakni katalog 3D AR/VR.

Masalah utama situs-situs marketplace adalah tidak memungkinkan konsumen meraba, memakai, atau mencoba produk katalog.

Calon pembeli hanya bisa melihat produk dari foto atau video katalog saja. Akibatnya, sering muncul masalah seperti produk asli tidak sesuai dengan katalog.

Namun di Metaverse, konsumen bisa langsung mencoba memakai produk di etalase toko online Anda. Mereka bisa melihat seluruh sisi produk, meraba tekstur dan melihat warna barang virtual yang persis seperti asli. Dengan begini, konsumen dijamin lebih puas berbelanja di toko Anda.

2. Menambah Nilai Investasi NFT

Manfaat lain dari 3D modeling adalah menambah nilai investasi NFT (Non Fungible Token) di Metaverse.

NFT menjadi jenis karya utama yang diperdagangkan di Metaverse. Koleksi NFT di Metaverse pun beragam, mulai dari NFT art, avatar, fashion, item game, sports merchandise, sampai membangun gedung sendiri (Decentraland).

Nilai aset NFT 3D di Metaverse pun dipastikan melebihi harga NFT pasaran biasa karena  pembuatannya yang lebih rumit.

Di samping itu, value unik NFT 3D sering dipandang lebih menarik oleh para kolektor, sehingga harganya bisa melambung lebih tinggi lagi.

3. Meningkatkan Personalisasi Branding

Terakhir, sistem modelling 3D dapat mendongkrak personalisasi branding usaha Anda di Metaverse.

Laporan penelitian terbaru dari Enterpreneur.com menyebut bahwa lebih dari 71% konsumen online menyukai pendekatan brand yang personal.

Masyarakat baru tertarik berbelanja apabila toko memiliki visi-misi yang sama dengan mereka, atau minimal produk-produk sesuai kebutuhan dan minat.

Namun Anda tidak perlu berkecil hati, sebab, proses branding bisnis di Metaverse terbukti jauh lebih mudah dan menyenangkan ketimbang e-commerce. Apalagi, Anda bisa bebas berkreasi di Metaverse memakai sistem modeling 3D.

Jangan ragu memanfaatkan metode rancangan grafis ini untuk menghadirkan icon avatar yang sesuai dengan karakteristik brand Anda. Avatar-avatar ini pun bisa ditempatkan sebagai “guide toko” yang menyambut konsumen dengan hangat.

Di samping itu, modeling 3D turut bermanfaat dalam proses pembuatan katalog produk. P akan “menciptakan ulang” produk fisik di kehidupan nyata dalam bentuk yang semirip mungkin untuk dipajang di Metaverse. Otomatis, konsumen bisa lebih mudah menangkap keseluruhan citra khas dari bisnis Anda.

Menyongsong Kehadiran Era Baru Pengganti 2D

Kehadiran Metaverse turut menandai akhir dari kejayaan desain grafis 2D. Walau terkesan mengejutkan, ternyata fenomena ini bukan hal baru.

Pandemi terbukti mengubah kebiasaan masyarakat dalam mengonsumsi media, khususnya yang berkaitan dengan ranah hiburan dan bisnis online.

Kehadiran platform-platform streaming film dan sosial media video mulai menggeser pemakaian media 2D. Namun karena keterbatasan penerapan model 3D di internet, maka orang-orang saat ini harus “puas” dengan media video.

Media video dan objek desain 3D mempunyai poin-poin keunggulan serupa. Pertama, mereka dipandang lebih interaktif dan menarik. Kedua, orang-orang merasa lebih terbantu dalam memahami informasi yang disampaikan video atau media 3D.

Fenomena ini tak luput memberi peluang segar bagi pelaku bisnis online. Tingkat konversi belanja online meningkat jadi 94% pada toko-toko online yang memiliki teknologi virtual AR/VR. Sebelumnya, persentase konversi hanya sebatas 60% lewat media video marketing.

Perwujudan item dalam model 3D terbukti sukses memuaskan calon konsumen. Mereka merasa lebih senang karena bisa “mencoba” langsung produk online sebelum membeli, sekaligus lebih terbantu memilih produk sesuai kebutuhan mereka.

Itulah mengapa perkembangan Metaverse sangat dinanti-nanti! Metaverse akan menambah keleluasaan kita untuk merasakan beragam manfaat sistem modeling 3D.

Jadi bagaimana, sudahkah Anda siap menyongsong era baru 3D Metaverse?

Demikianlah pembahasan lengkap seputar apa itu 3D modeling dalam dunia Metaverse beserta kegunaannya. Semoga ulasan di atas mampu menambah wawasan Anda untuk lebih siap menyambut Metaverse!

Yuk ikuti terus informasi menarik dan up to date seputar Metaverse hanya di METAKEY. Baca gratis artikel-artikelnya sekarang juga di sini, ya. Sampai bertemu lagi!

Baca juga


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Augmented Reality adalah : Contoh & Perbedaan dengan VR

Augmented reality adalah teknologi perpaduan dua dan tiga dimensi (2D-3D) yang tak kalah penting di metaverse. Apa itu augmented...

Mixed Reality adalah? Pengertian dan Peranan dalam Metaverse

Mixed reality adalah teknologi dunia maya “campuran” yang membentuk metaverse. Seperti apa contoh dan kegunaan mixed reality dalam META? Dunia...

Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

Virtual reality adalah teknologi digital yang paling sering digunakan di metaverse. Sudah tahu apa pengertian virtual reality dan contohnya? Hal...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya