Media Metaverse | by APPKEY

Metaverse Design Hal-hal 3D Rigging yang Harus Anda ketahui

Hal-hal 3D Rigging yang Harus Anda ketahui

-

3D Rigging adalah teknik yang digunakan dalam animasi kerangka untuk mewakili model karakter 3D menggunakan serangkaian tulang digital yang saling berhubungan.

Secara khusus, rigging mengacu pada proses pembuatan struktur tulang model 3D. Struktur tulang ini digunakan untuk memanipulasi model 3D seperti boneka untuk animasi.

Hampir semua hal bisa dicurangi. Kapal luar angkasa, tentara, galaksi, pintu, tidak ada bedanya apa objeknya. Menambahkan tulang akan memungkinkan objek apa pun untuk dianimasikan secara bebas.

Rigging paling umum dalam karakter animasi untuk game dan film. Teknik ini menyederhanakan proses animasi dan meningkatkan efisiensi produksi. Setelah dipasang dengan tulang rangka, objek 3D apa pun dapat dikontrol dan diubah sesuai kebutuhan.

Dalam industri hiburan, kecurangan adalah langkah besar dalam cara standar untuk menganimasikan karakter. Mencapai animasi yang halus dan kompleks sepenuhnya bergantung pada kualitas fase rigging dalam alur animasi.

Baca juga : Rigging adalah Hal mudah Jika Anda Mengikuti Langkah ini

Bagaimana Rigging Bekerja?

Rigging adalah salah satu bagian dari proses animasi yang lebih besar. Setelah model 3D dibuat, serangkaian tulang dibangun mewakili struktur kerangka. Misalnya, dalam karakter mungkin ada sekelompok tulang punggung, tulang belakang, dan tulang kepala.

Tulang-tulang ini dapat diubah menggunakan perangkat lunak animasi digital yang berarti posisi, rotasi, dan skalanya dapat diubah. Dengan merekam aspek-aspek tulang ini di sepanjang garis waktu (menggunakan proses yang disebut keyframing), animasi dapat direkam.

Penyiapan dasar mungkin memakan waktu beberapa jam atau kurang, sementara rig yang kompleks untuk sebuah film bisa memakan waktu berhari-hari.

Proses rigging menghasilkan struktur hierarkis di mana setiap tulang berada dalam hubungan induk/anak dengan tulang yang disambungkannya. Ini menyederhanakan proses animasi secara keseluruhan.

Ketika seorang seniman menggerakkan tulang bahu, tulang lengan dan tangan juga akan ikut bergerak. Tujuannya adalah untuk meniru kehidupan nyata seakurat mungkin, dan bagaimana model 3D berinteraksi dengan tulang ditentukan oleh skala berat.

Bobot mengontrol seberapa besar pengaruh tulang terhadap bagian mata jaring. Dengan cara ini, sensitivitas deformasi dapat disesuaikan untuk animasi yang tepat.

Pengecatan beban merupakan bagian integral dari proses tali-temali, komputer seringkali mampu secara otomatis mengecat model, tetapi hasilnya terkadang kurang bagus. Untuk mendapatkan animasi yang bagus, penting untuk menyesuaikan bobot setiap tulang.

Karena beberapa karakter berbagi struktur kerangka yang sama, seluruh rig dapat disalin dan ditetapkan ke mesh baru. Animasi dapat disalin dengan cara ini juga sehingga memudahkan untuk menghasilkan model dengan desain serupa.

Menempatkan tulang adalah bagian termudah dari memasang model. Setelah ditempatkan, banyak tulang akan membutuhkan pekerjaan tambahan untuk dianimasikan dengan benar.

Rigging karakter biasanya membutuhkan artis untuk menambahkan Kinematika terbalik ke tulang mereka. Ini akan membalikkan properti Forward Kinematics default dari tulang.

Kinematika Terbalik sebagian besar digunakan untuk lengan dan kaki, atau ekstremitas lain seperti ekor naga. Pengaturan IK yang baik akan membuat siku dan lutut mengarah ke arah yang benar dan memungkinkan animator untuk mencapai gerakan realistis dengan lebih mudah.

Kendala adalah elemen penting lainnya untuk setiap rig yang layak. Untuk membuat animasi yang halus, beberapa tulang harus memiliki batasan yang diterapkan pada gerakannya. Misalnya tulang mungkin diizinkan untuk bergerak dalam satu arah saja.

Artikel Terkait  Fungsi Blender 3D itu Apa? Yuk Cari Tahu Disini!

Bagaimana Rigging Digunakan?

Rigging adalah teknik umum untuk menghidupkan karakter dalam video game, acara TV, dan film. Objek mekanis seperti pegas dan pintu juga dapat dianimasikan menggunakan animasi kerangka setelah rig ditetapkan ke model 3D.

3d rigging

Sumber : Youtube.com

Simulasi dapat dijalankan pada semua struktur kerangka juga. Komputer akan menerapkan fisika ke tulang di rig dan merekam hasilnya melalui serangkaian bingkai. Ini bagus untuk fisika ragdoll dan aksi virtual.

Simulasi anatomi virtual ini juga berguna di luar industri seni dan hiburan. Misalnya, industri medis dan pendidikan sering kali perlu membuat visual untuk pengajaran atau demonstrasi.

Rig kompleks sering diperlukan untuk animasi wajah yang berkualitas juga, dan membuat rig wajah yang memuaskan membutuhkan proyek terpisah dari rig tubuh karakter.

Sering kali yang terbaik adalah menggunakan teknik di luar struktur tulang tradisional saat memasang wajah, seperti target morf atau bentuk campuran.

Keuntungan dari rigging adalah memberi Anda kontrol yang mudah atas deformasi model, membuatnya relatif mudah untuk menganimasikan karakter.

Kerugian dari teknik ini adalah tidak bekerja dengan baik untuk menganimasikan detail permukaan dan dapat memakan waktu yang sangat lama untuk proyek yang kompleks.

Pengantar Perangkat Lunak Rigging

Sebagian besar paket animasi 3D hadir dengan solusi untuk memasang model Anda. Maya, 3ds Max, Blender, Cinema4D, dan Houdini semuanya memiliki fungsi Skeletal Animation.

Banyak program juga memiliki dukungan untuk teknik menangkap gerakan yang dapat diterapkan pada rig. Ini mengarah pada pengembangan yang lebih cepat dan realisme yang lebih besar dalam proyek akhir.

Moka Studio telah mengembangkan teknologi baru untuk mengendalikan karakter yang dicurangi secara real time. Mereka bertujuan untuk menggunakan alat ini untuk membuat dunia digital lebih interaktif dan pribadi.

Sebagian besar pengembangan game dan studio film menggunakan Maya atau 3ds Max untuk mengatur dan menghidupkan model mereka. Program-program ini adalah standar industri untuk animasi 3D.

Blender adalah opsi populer lainnya yang juga sepenuhnya gratis. Paket produksi 3D open source ini memiliki semua yang diperlukan untuk mencurangi dan menghidupkan model, meskipun tidak sekuat sesuatu seperti Maya.

Setelah Anda mengekspor proyek dari perangkat lunak apa pun yang tercantum di atas, file animasi 3D dapat dengan mudah diimpor ke mesin game dan aplikasi lainnya. Jenis file yang paling umum untuk adegan animasi adalah fbx .

Jika Anda benar-benar baru mengenal animasi 3D, Anda mungkin ingin mempertimbangkan Mixamo.

3d rigging

Sumber : Mixamo.com

Ini mengotomatiskan proses pemasangan dan pengecatan beban sehingga Anda dapat dengan cepat melihat model Anda beraksi. Selain itu Mixamo menyediakan animasi default yang dapat disesuaikan untuk membuat lebih banyak gerakan karakter asli.

Program lain yang mungkin Anda periksa adalah MakeHuman yang sempurna untuk membuat karakter humanoid generik.

Ini dapat menghasilkan berbagai angka menggunakan kontrol khusus untuk properti seperti tinggi, berat, dan warna. Setelah model diselesaikan, MakeHuman juga dapat memasang model untuk Anda.

Profesional sering menggabungkan teknik dan menggabungkan program tergantung pada pekerjaan yang ada. Semua program 3D memiliki kekuatan dan kelemahan.

Untungnya pemasangan dan animasi mengikuti alur kerja yang serupa di sebagian besar paket perangkat lunak 3D sehingga Anda benar-benar tidak dapat salah dengan program besar mana pun.

Artikel Terkait  Panduan Cara Buat Avatar di Metaverse, Praktis!

3D Rigging yang perlu Anda ketahui untuk Memulainya

Rigging 3D, seperti teknik CGI lainnya, dapat membingungkan pendatang baru. Panduan ini bertujuan untuk menguraikannya sehingga setiap seniman dapat mempelajari cara memasang model 3D.

Banyak waktu membuat seni 3D(terbuka di tab baru)dihabiskan untuk bagaimana cangkang suatu objek terlihat. Ini bagus untuk gambar diam, tetapi saat menganimasikan, sama pentingnya untuk berkonsentrasi pada dari mana gerakan itu berasal. Untuk sebagian besar objek, makhluk, dan karakter, ini berasal dari dalam.

Fakta bahwa rig adalah salah satu sistem paling kompleks di CGI, dan seperti kebanyakan alat di CGI, sayangnya, tidak ada alur kerja terpadu antara aplikasi utama.

Apa itu 3D Rigging?

3D Rigging pada dasarnya adalah proses menciptakan kerangka tak terlihat yang menentukan bagaimana suatu objek bergerak. Animasi atau rig 3D biasanya terdiri dari sistem objek ‘tak terlihat’ yang dapat dilihat di area pandang 3D tetapi tidak dalam render akhir.

Pada tingkat paling dasar, objek-objek ini adalah nulls/groups dan joint. Sendi adalah objek yang pada dasarnya bertindak sebagai tulang kerangka, di mana nol/kelompok/target bertindak sebagai tulang rawan untuk menentukan rentang gerakan.

Menulls juga dapat membuat pengontrol yang diikat ke objek tertentu di dalam kerangka, untuk memungkinkan seniman memindahkan dan mengontrol elemen jauh lebih mudah daripada benar-benar mencoba memilih titik spesifik itu sendiri.

Ketika diasuh dengan benar, sistem gabungan dan nol menciptakan cara logis untuk memindahkan elemen, dan ketika sistem ini terikat pada jaring organik, sistem ini dapat menciptakan rentang gerakan yang meyakinkan.

Rig 3D dapat bekerja dengan baik dengan sistem bertubuh keras seperti mobil, di mana pengontrol dapat menjadi bagian tak ternilai dari pengaturan animasi.

Rigging karakter

Rig animasi / 3D khas untuk bentuk humanoid akan terdiri dari sendi atau tulang induk, yang bertindak sebagai kerangka dasar.

Sambungan ini dikendalikan oleh serangkaian nol yang memungkinkan seniman untuk memanipulasi model dengan cara yang lebih logis daripada dengan menganimasikan setiap sambungan. Selalu ingat saat memasang karakter untuk memiliki model dan memasang pose netral, seperti pose-T.

Membuat rig hard-body

Objek bertubuh keras dapat dianimasikan dengan rig juga, tetapi ini tergantung pada pengasuhan objek yang logis dan null kontrol. Meskipun sambungan dapat digunakan, sambungan tersebut cenderung tidak banyak digunakan pada rig bertubuh keras.

Contoh yang baik dari rig bertubuh keras adalah rig mobil, seperti yang ditunjukkan untuk Cinema 4D oleh Ahmed El-Hofy (di atas) yang menyediakan kontrol tunggal untuk kemudi dan memutar roda pada kecepatan yang benar. Rig semacam ini bisa serumit atau sesederhana yang dibutuhkan oleh kebutuhan tembakan.

Binding a mesh

Setelah membuat rig animasi, tidak selalu jelas bagaimana menghubungkannya ke geometri yang perlu dianimasikan.

Hal ini tidak dicapai hanya dengan mengasuh objek, mesh perlu dilampirkan melalui proses pengikatan di mana aplikasi 3D menerapkan rig ke berbagai elemen di seluruh rig, yang dapat dimodifikasi setelah proses pengikatan melalui bobot dan batasan. Kontrol ini berbeda antara setiap aplikasi, tetapi proses dasarnya sama.

Kinematika Inverse dan Forward

Ini menentukan arah kerja rig saat sedang dianimasikan. Kinematika maju adalah yang paling logis untuk pendatang baru, mengendalikan pergerakan rig dari sendi dasar dalam proses, seperti sendi bahu atau pinggul.

Kinematika maju dapat membutuhkan banyak pekerjaan jika karakter perlu duduk, sedangkan dengan kinematika terbalik membuat animasi duduk itu mudah, karena rig dikendalikan oleh titik akhir seperti kaki atau tangan, dan bekerja mundur melalui rig.

Terimakasih sudah membaca sampai akhir artikel tentang Hal-hal 3D Rigging yang Harus Anda ketahui kali ini! Jangan lupa untuk selalu memantau unggahan artikel kami hanya di website Metakey secara gratis. Sampai jumpa di next artikel!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Inilah Daftar 10 Aplikasi Buat Avatar Metaverse di Android dan iOS

Aplikasi buat avatar? Apa saja itu? Tapi sebelum masuk ke pembahasan tersebut, apakah Anda masih ingat apa itu avatar...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Panduan Cara Buat Avatar di Metaverse, Praktis!

Semua orang kini menjadi aware dengan Metaverse. Untuk Anda yang belum tahu apa sih itu Metaverse? Metaverse adalah sebuah...

Tutorial Belajar Unity 3D untuk Pemula

Belajar Unity sangat penting untuk memiliki akses ke mesin yang memenuhi persyaratan minimum untuk belajar Unity. Pengetahuan prasyarat dasar...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya