Media Metaverse | by APPKEY

Metaverse Design Cara Menggunakan Aplikasi Cinema 4d yang mudah dipahami

Cara Menggunakan Aplikasi Cinema 4d yang mudah dipahami

-

Sudah menjadi kepercayaan umum bahwa membuat 3D itu sulit dan memang benar bahwa ada banyak sekali konsep yang perlu Anda pahami, termasuk modeling, texturing, animating, dan sculpting.

Tapi untungnya salah satu paket paling populer dan berfitur lengkap, Aplikasi Cinema 4D dari Maxon adalah salah satu yang paling mudah dipelajari. Untuk lebih lanjutnya, simak sampai akhir artikel ya!

Dasar-dasar Menggunakan Aplikasi Cinema 4D

Aplikasi Cinema 4D telah ada selama bertahun-tahun dan pada saat itu telah membangun reputasi yang layak untuk stabilitas dan kemudahan penggunaan, didukung oleh salah satu perangkat grafik gerak terbaik di industri, yang juga dapat digunakan untuk sejumlah besar tugas 3D lainnya.

Versi ‘Lite’ dari aplikasi Cinema 4D sekarang disertakan dengan Adobe After Effects jika Anda adalah pelanggan Creative Cloud dan meskipun tidak memiliki perangkat lengkap dari versi lain aplikasi Cinema 4D, ada cukup banyak hal untuk Anda mulai untuk mempelajari cara menggunakan paket luar biasa ini.

1. Pemodelan langsung dengan Parametrik

Perangkat parametrik adalah salah satu fitur utama pemodelan dengan Cinema 4D dan mampu membuat objek kompleks dalam hitungan menit. Salah satu fitur utama Cinema 4D adalah memiliki sistem pemodelan parametrik berfitur lengkap.

Ini berarti Anda memiliki akses instan ke set lengkap objek model seperti kubus, bola, dan torus yang dapat ditambahkan sudut membulat yang dapat diregangkan dan ditarik ke sebagian besar bentuk.

Ada juga berbagai macam alat kurva, yang dapat dikombinasikan dengan pengubah seperti alat sapu, bubut, dan loteng, memberi Anda kemampuan untuk membuat bentuk kompleks dengan sangat cepat.

Dan objek yang ditampilkan di sini dibuat sepenuhnya dengan opsi parametrik, yang berarti bahwa modelnya hidup hingga kemiringan terkecil dan dapat dimodifikasi kapan saja, serta bagus jika Anda perlu mengelola perubahan klien.

Jika Anda ingin mengubah opsi parametrik ke model poligon yang lebih tradisional, Anda dapat menekan tombol ‘Make Editable’. Fitur ini tidak tersedia di C4D Lite, namun versi yang disederhanakan ini hadir dengan rentang alat gerak yang lebih baik untuk bekerja dengan opsi parametrik daripada versi berbayar dasar Cinema 4D.

2. Alat kloning

Dengan menggunakan objek man ini sebagai driver untuk objek cloner yang memiliki kubus sebagai ‘anak’, Anda dapat membuat sistem yang kompleks menggunakan tiga objek. Aplikasi Cinema 4D juga memiliki berbagai alat kloning, yang dapat menduplikasi bentuk Anda ke dalam berbagai konfigurasi, berdasarkan kisi 3D, atau mereka dapat menggunakan objek lain sebagai sumber untuk klon Anda.

Ada sejumlah besar kemungkinan kreatif yang mampu dengan alat kloning. Digabungkan dengan efektor mograph, Anda dapat menggunakannya untuk menambahkan parameter yang bervariasi seperti mengacak posisi klon dan bergerak dalam waktu dengan trek audio.

Jika Anda tidak ingin menggunakan klon tetapi ingin menggunakan kekuatan efektor mograh, objek individu dapat ditempatkan ke objek ‘fracture’ di daftar objek. Objek fraktur adalah cara yang bagus untuk membuat objek bernyawa dan tersedia di C4D Lite.

Artikel Terkait  Apa itu Cinema 4d dan apa Kegunaannya?

3. Daftar objek aplikasi cinema 4D

Bahkan perangkat animasi kompleks seperti rig karakter ini bergantung pada konsep pengasuhan dasar dalam daftar objek aplikasi Cinema 4D. Memahami dan menyimpan daftar objek di Cinema 4D adalah kunci untuk menjaga file Anda tetap bagus dan rapi, dan juga membuka banyak kekuatan dasar Cinema 4D.

Daftar objek bekerja dengan hubungan induk-anak, yang berarti bahwa objek apa pun yang ditempatkan ke objek lain akan mewarisi properti induknya. Meskipun bagus untuk mengatur segala sesuatunya, itu juga bisa menjadi keuntungan besar untuk menghidupkan.

Anda dapat menggunakan Nulls (yang merupakan objek yang hanya ada sebagai placeholder) untuk mengelompokkan berbagai objek dan menganimasikannya dari titik pivot null daripada titik pivot objek itu sendiri. Anda juga dapat mengontrol visibilitas objek, baik untuk membuatnya terlihat hanya dalam tampilan edit atau membuatnya hanya ditampilkan.

Jika Anda bekerja dengan objek parametrik dan pengubah, Anda dapat mengaktifkan tombol ‘tick’ untuk mematikan dan menghidupkannya. Ini sangat berguna jika Anda bekerja dengan objek sapuan atau bubut karena dapat memberi Anda akses cepat ke spline kreasi Anda.

Anda dapat lebih lanjut menambah daftar objek dengan menambahkannya ke lapisan, yang dapat mengontrol visibilitas objek secara batch, jika mereka dapat dipilih dan menyembunyikannya dari daftar objek sama sekali. Hal ini menjadikan Cinema 4D salah satu program 3D yang paling kuat dan mudah untuk menjaga diri Anda tetap teratur.

4. Mengubah tata letak

Menggunakan tata letak yang berbeda untuk tugas tertentu, seperti memahat di studio Cinema 4D, mempercepat alur kerja Anda dengan cepat. Anda juga dapat membuat tata letak khusus Anda sendiri dengan mudah.

Salah satu fitur Cinema 4D yang paling berguna adalah keserbagunaannya. Ini memiliki berbagai macam perangkat mulai dari pemodelan dan animasi poligon canggih hingga pahatan dan bahkan lukisan tekstur 3D (tergantung pada versi Cinema 4D Anda).

Namun ketika Anda pertama kali membuka Cinema 4D, tidak satu pun dari perangkat ini yang langsung terlihat. Ini karena tata letak Cinema 4D dapat disesuaikan untuk memberi Anda akses ke alat terbaik untuk alur kerja tertentu.

Alur kerja yang berbeda tersedia di kanan atas menggunakan menu tarik-turun ‘Layout’. Anda menggunakan ini sepanjang waktu, terutama tampilan Sculpting dan BP UV Edit masing-masing untuk pemahatan cepat dan manajemen tekstur.

Setelah Anda mulai memahami alur kerja ini, Anda dapat membuat tata letak alat Anda sendiri untuk tugas tertentu, dengan mengklik kanan pada deretan kecil titik abu-abu yang muncul pada panel individual yang memberi Anda opsi untuk melepas dan mengatur palet ke sesuai dengan alat favorit Anda atau pengaturan komputer.

Misalnya Anda memiliki tata letak khusus Cinema 4D ketika saya bekerja di 2 layar, yang lain ketika saya menggunakan ketika saya menggunakan plugin render GPU Pihak ke-3 Octane, yang memuat jendela pratinjau langsung. Satu hal yang saya lakukan dengan semua tata letak khusus saya adalah meletakkan tombol ‘Customise command’ di lokasi yang praktis sehingga saya dapat menambahkan lebih banyak alat sesuai kebutuhan.

5. Membuat UI Anda sendiri

Dengan menggunakan menu sensitif konteks dan menggunakan HUD melalui panel Viewport, Anda dapat mempercepat alur kerja sambil menampilkan berbagai informasi penting

Berikut adalah beberapa tip kecil terakhir yang dapat mempercepat alur kerja Anda saat menggunakan Cinema 4D. Pengaturan default untuk Cinema 4D adalah mengatur animasi pada American Standard 30 Frames per second (fps), dengan resolusi render 640 x 480 piksel.

Saya terutama bekerja dalam HD penuh untuk klien Inggris di mana frame rate TV adalah 25 fps. Untuk memastikan Cinema 4D selalu terbuka dengan pengaturan ini, saya membuat file bernama ‘New.c4d’ dan letakkan di folder yang sama dengan aplikasi Cinema 4D Anda.

Cinema 4D sekarang akan mengambil pengaturan default dari file ‘New.c4d’ setiap kali membuat file baru. Anda dapat memodifikasi file ini ke pengaturan atau pengaturan apa pun yang Anda suka.

Selain tata letak yang dapat dikonfigurasi secara besar-besaran, ada menu sensitif konteks dengan Cinema 4D, menurut saya ini paling berguna saat pemodelan poligon. Menekan tombol ‘V’ di jendela viewport menampilkan akses cepat di bawah penunjuk mouse Anda ke berbagai alat menu utama dan plugin.

Jika Anda bekerja dalam mode titik, tepi, atau poligon pada objek yang dapat diedit, klik kanan akan membuat menu pop-up alat pemodelan. Jika Anda menekan tombol ‘U’ di area pandang, menu pintasan akan muncul yang menunjukkan pintasan mana yang sekarang dapat Anda akses. Dua saya yang paling umum digunakan adalah ‘UL’ untuk memilih loop, dan ‘UW’ untuk memilih item yang terhubung.

Terakhir, jika Anda menekan ‘Shift-V’ Anda dapat memunculkan palet pengaturan viewport Anda, dengan palet yang sangat berguna ini mengontrol bagaimana tampilan setiap viewports Anda. Anda dapat menambahkan gambar referensi ke latar belakang untuk membantu Anda saat pemodelan, tetapi saya terutama menggunakan tab ‘HUD’ untuk mengontrol informasi apa yang tersedia, seperti kecepatan bingkai viewport, atau berapa banyak simpul yang telah saya pilih.

Artikel Terkait  Rigging adalah Hal mudah Jika Anda Mengikuti Langkah ini

Kesimpulan

Aplikasi Cinema 4D memiliki manfaat dan fitur yang sangat besar, dan saya harap dengan tips cepat ini membantu Anda memahami paket fantastis ini. Dan seperti yang dijelaskan diatas, tips ini berlaku untuk semua versi Cinema 4D, tetapi fitur seperti memahat hanya tersedia dalam paket paling mahal (jadi pastikan Anda membeli paket yang tepat).

Maxon membuat halaman perbandingan: satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa C4D Lite memiliki sejumlah besar fitur yang mengejutkan, dan dapat mengimpor model 3D yang dibuat dalam paket gratis seperti Blender atau Sculptris. Jadi, jika Anda adalah pelanggan Adobe CC, Anda mungkin sudah memiliki semua fungsi yang Anda butuhkan.

Sudah selesai pembahasan kali ini tentang cara menggunakan aplikasi cinema 4D yang mudah difahami, untuk tutorial lebih lanjutnya bisa dibaca di artikel kami yang lainnya. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lain hanya di Metakey secara gratis dan nyalakan notifikasi untuk mengikuti update artikel baru kami setiap harinya. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Mixed Reality adalah? Pengertian dan Peranan dalam Metaverse

Mixed reality adalah teknologi dunia maya “campuran” yang membentuk metaverse. Seperti apa contoh dan kegunaan mixed reality dalam META? Dunia...

Augmented Reality adalah : Contoh & Perbedaan dengan VR

Augmented reality adalah teknologi perpaduan dua dan tiga dimensi (2D-3D) yang tak kalah penting di metaverse. Apa itu augmented...

Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

Virtual reality adalah teknologi digital yang paling sering digunakan di metaverse. Sudah tahu apa pengertian virtual reality dan contohnya? Hal...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya