Media Metaverse | by APPKEY

Metaverse Design Belajar 3D Modeling Gratis

Belajar 3D Modeling Gratis [Tutorial Kilat & Lengkap]

-

Belajar 3D modeling untuk proyek Metaverse sekarang tidak sulit lagi! Di bawah ini kami telah rangkum tutorial lengkap membuat aset Metaverse dalam bentuk tiga dimensi.

Konsep pembuatan objek Metaverse sejatinya diadaptasi langsung dari metode desain grafis 3D dan AR/VR. Maka dari itu, aset-aset META bisa diciptakan semudah membuat desain grafis 3D pada umumnya.

Kalau masih bingung bagaimana cara membuat aset 3D Metaverse. Konsep 3D modeling dapat Anda pelajari selengkapnya sekarang juga di sini, yuk disimak!

Baca juga : Apa Itu 3D Modeling dan Kaitannya dengan Metaverse?

Keuntungan Membuat Aset 3D Modeling Metaverse

belajar 3d modeling

Secara sederhana, Metaverse adalah dunia maya dalam bentuk tiga dimensi. Dunia META tentunya sangat berbeda dari teknologi internet yang kita miliki saat ini.

Dunia internet saat ini hanya bisa dinikmati secara 2D dari layar gadget – smartphone, tablet, laptop. Namun di Metaverse, kita bisa “masuk” ke dunia online tersebut dan beraktivitas di dalamnya.

Otomatis, seluruh komponen Metaverse dibuat memakai teknologi 3D, AR (Augmented Reality) atau VR (Virtual Reality). Siapapun boleh berkontribusi menjadi kreator, alias pencipta aset-aset di Metaverse.

Tentunya setiap kreator bisa memperoleh keuntungan tersendiri dari sini. Aset META Anda bisa dijual sebagai NFT (Non Fungible Token) dan laku dengan harga tinggi.

Selain itu, Anda bisa membuka toko online di Metaverse untuk mengembangkan bisnis saat ini. Ubah produk limited edition atau best-seller di toko Anda menjadi NFT, lalu pasarkan di META.

Banyak brand terkenal melakukan strategi ini dan sukses meraup lebih banyak pengunjung serta income, seperti Nike, Puma dan Adidas.

6 Cara Belajar 3D Modeling Metaverse untuk Pemula

Lalu bagaimana cara membuat item 3D Metaverse tersebut?
Anda bisa belajar 3D modeling META dengan step by step sederhana ini:

1. Lakukan Riset Karakter atau Objek

Kesalahan pertama desainer pemula adalah langsung terburu-buru memulai proyek tanpa melakukan riset karakter terlebih dahulu.

Riset karakter (objek desain) menjadi hal terpenting dalam proses belajar modeling 3D. Anda akan kesulitan membuat model desain 3D jika hanya “meraba-raba” bentuk atau mengandalkan imajinasi.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk membuat konsep art dan blue print yang matang sebelum mulai modeling. Anda bisa menemukan banyak referensi model aset 3D Metaverse yang sedang populer di berbagai website, misalnya:

  • Sketchfab.
  • Blendswap.
  • Pinterest.
  • Free 3D.
  • CGTrader, dan masih banyak lagi.

Perlu diingat, sebagian besar aset 3D Metaverse yang bernilai tinggi mempunyai bentuk persis seperti benda aslinya di kehidupan nyata. Lewat proses riset karakter inilah Anda bisa belajar bagaimana cara membuat objek yang sesuai kenyataan, baik dari segi lekuk, warna, pencahayaan, hingga tekstur.

Keuntungan lainnya dari riset awal bagi desainer adalah:

  • Mendapatkan lebih banyak inspirasi.
  • Mengetahui jenis karya yang sedang banyak disukai masyarakat.
  • Lebih mudah menciptakan karya bernilai tinggi sesuai selera pasar.

2. Memiliki Software 3D Modeling

Selanjutnya, pelajari jenis-jenis software 3D modeling.

Software 3D modeling adalah aplikasi berisi menu-menu editing yang bisa kita gunakan untuk membuat objek tiga dimensi. Tanpa alat bantu ini, kita tidak bisa membuat model tiga dimensi.

Beberapa desainer profesional memilih 3D modeling app premium dengan fitur-fitur canggih. Namun untuk pemula, Anda bisa berlatih memakai software 3D modeling yang gratis.

Sudah ada banyak aplikasi pembuat objek 3D yang gratis, open source, dan berfitur lengkap seperti premium. Beberapa nama software 3D modeling yang direkomendasikan untuk pemula antara lain:

  • Blender.
  • Leopoly.
  • Vectary.
  • Meshmixer.
  • Tinkercad.
  • Netfabb Basic.
  • Dan lain-lain.

Anda juga bebas mau fokus mempelajari satu software 3D modeling saja, atau mencoba memadukan beberapa aplikasi demi mendapat hasil terbaik.

Sejumlah animator 3D sering memadukan lebih dari satu software saat bekerja, sebab setiap app punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semisal membuat objek 3D dengan Blender, lalu menambahkan efek 3D dengan Adobe Affer Effect.

3. Kenali Kegunaan Fitur-Fitur Software 3D Modeling

Tidak cuma memilih software desain yang bagus, Anda juga wajib mengenali kegunaan setiap fitur yang ada di dalamnya.

Setiap aplikasi desain 3D memiliki rincian fitur yang berbeda. Namun jika ditelaah, semuanya memiliki komponen dasar animasi yang sama seperti:

  • Modeling: membentuk desain atau model objek sesuai sketsa yang diinginkan.
  • Lighting: menambahkan efek cahaya serta bayangan agar desain terlihat realistik.
  • Kamera: menambahkan efek sudut pandang animasi pada objek.
  • Animasi: mengubah desain ke dalam bentuk animasi (dapat bergerak). Fitur ini turut mencakup tool-tool penting seperti animation curves, timeline, keyframing, dan lain-lain.
  • Material dan Tekstur: menambahkan tekstur serta sifat bahan (material) pada objek, supaya desain tampak lebih nyata.
  • Partikel: fitur efek tambahan yang bersifat “acak” dan “banyak” (misalnya efek tetes air hujan, pecahan, debu, dan lain-lain).
  • Effect dan Environment: menambahkan background di sekeliling objek desain beserta efek-efek yang mendukung.
  • Rendering: proses finishing terakhir di mana seluruh efek beserta komponen desain dikalkulasi dan digabung supaya tampak selaras sebagai satu-kesatuan utuh.

Cara terbaik untuk menguasai pemakaian seluruh fitur di atas adalah dengan mempraktekkannya secara langsung. Semisal dengan membuat objek tiga dimensi sederhana, lalu menambahkan efek, cahaya, tekstur dan background yang menjadikannya menarik.

Semakin sering Anda berlatih maka tentu hasilnya akan semakin baik!

Artikel Terkait  Cara Membuat Avatar Roblox dengan Mudah

4. Gambar Sketsa 3D dan Scan

Sekarang tibalah waktunya untuk mulai praktek belajar modeling 3D. Pertama-tama, cobalah untuk membuat gambar sketsa dari objek yang hendak didesain.

Gambar ini tidak perlu bagus, mendetail atau sempurna, yang penting sudah berbentuk seperti benda yang ingin Anda buat desain tiga dimensinya.

Di samping itu, coba juga berlatih menggambar objek dari perspektif yang berbeda.
Misalnya Anda mau membuat objek 3D lampu belajar. Anda dapat membuat sketsa tampilan lampu dari sisi kiri, kanan, depan, belakang, maupun atas.

Jika sudah, lanjutkan dengan men-scan gambar tadi. Soft file sketsa kini bisa Anda poles dan sempurnakan menjadi model tiga dimensi.

5. Pelajari Konsep Bangun Ruang

Pelajari juga konsep dasar bangun ruang untuk menyempurnakan konsep modeling 3D Anda. Anda dapat melakukan ini di sela-sela praktek belajar memakai software modelling.

Minimal Anda harus tahu bagaimana cara menempatkan objek yang apik dalam sebuah bangun ruang. Walaupun Metaverse adalah dunia maya yang luas, Anda tetap tidak dianjurkan mengunggah item secara sembarangan tanpa memikirkan penempatannya.

Semakin baik cara Anda menempatkan model 3D, maka hasil akhir desain otomatis jadi tampak lebih utuh, lebih selaras, dan enak dipandang. Harganya pun bisa meningkat ketika dirilis ke META.

6. Buat Objek Sederhana dan Jangan Terburu-Buru

Jangan langsung “melompat” membuat desain tiga dimensi yang rumit tingkat tinggi. Alih-alih, cobalah membuat objek-objek 3D yang sederhana sebagai permulaan.

Lama-kelamaan Anda pasti bisa menghasilkan karya yang lebih kompleks dan profesional. Membuat objek 3D yang rumit akan terasa mudah setelah Anda menguasai ilmu-ilmu dasarnya. Kuncinya adalah terus-menerus mau belajar memperdalam skill desain yang dimiliki.

Selain itu, janganlah terburu-buru ketika belajar 3D modeling. Banyak kreator yang menemui titik buntu, kegagalan atau kebingungan selama masa belajar. Yang terpenting ingatlah bahwa semua hal tersebut sangat wajar dialami pemula.

Tidak ada salahnya juga untuk mencari referensi atau bertanya pada mentor ketika Anda merasa “mentok” saat belajar 3D modeling.

Artikel Terkait  6 Cara Membuat NFT Art, Tanpa Ribet!

3 Rekomendasi Kursus Online Murah untuk Belajar 3D Modeling Metaverse

Nyatanya masih ada banyak hal yang harus dipelajari terkait pembuatan aset 3D Metaverse.

Untuk memperdalam wawasan tersebut, Anda bisa mencoba rekomendasi kursus belajar 3D modeling murah berikut ini:

  • Udemy

Siapa yang tidak tahu Udemy? Udemy adalah gudangnya kelas online berbagai skill.
Tentunya di sini Anda bisa menemukan mentor desain 3D modeling Metaverse dengan mudah. Calon siswa dapat mencari kelas yang dibutuhkan dengan berbagai cara, mulai dari rentang harga, tingkat kemampuan, bahasa, dan topik yang mau dipelajari.
Selain itu ada juga kelas-kelas desain 3D yang gratis di Udemy. Anda dapat memilih kelas ini sebagai permulaan untuk menambah wawasan.
Link pendaftaran: https://www.udemy.com/id/courses/design/3d-and-animation/

  • ESDA

ESDA adalah sekolah desain dan animasi online dengan banyak tipe kelas, termasuk belajar modeling 3D Metaverse.
Uniknya, kelas ESDA terbuka untuk anak-anak (start usia 7 tahun) hingga orang dewasa. Anda bebas memilih sendiri kelompok kursus yang ingin diikuti berdasarkan level, waktu atau usia.

Khusus untuk kelas modeling 3D terbagi dari Basic (pengenalan tool dan pembuatan model sederhana) hingga Complete.
Link pendaftaran: https://esda.co.id/

  • Jogja Multimedia

Selanjutnya ada Jogja Multimedia yang membuka kelas belajar 3D modeling dengan Blender. Syarat bergabung ke kelas ini adalah mempunyai laptop atau komputer, dan software Blender (bisa diunduh dari situs Jogja Multimedia secara gratis).

Anda akan diajari dari awal terkait konsep NFT, Metaverse, hingga desain pembuatan aset-aset berharga tiga dimensi yang bisa dijual secara online di META.

Di samping itu terdapat pula kelas pembelajaran desain tiga dimensi untuk item-item lain, seperti video game, katalog 3D, film animasi, dan sejenisnya.

Link pendaftaran: https://jogjamultimedia.com/kursus-metaverse-nft-lingkungan-metaverse-3d-dan-seni-nft-3d-dengan-blender/

Selain mengikuti kursus, Anda dapat menambah wawasan dengan beragam metode lain seperti:

  • Rajin membaca artikel.
  • Menonton video tutorial.
  • Menyimak info desain guideline.
  • Mengikuti akun-akun influencer di bidang desain grafis yang kerap membagikan ilmunya.
  • Bergabung ke forum diskusi seputar modeling 3D.

Jangan malu untuk banyak bertanya dan belajar dari orang lain. Kelak Anda pasti dapat membuat banyak karya 3D Metaverse yang bernilai tinggi, selamat mencoba!

Demikianlah tutorial dasar belajar 3D modeling Metaverse yang bisa Anda terapkan. Ikuti terus tips dan trik menarik dan juga gratis seputar Metaverse hanya di METAKEY. Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Mixed Reality adalah? Pengertian dan Peranan dalam Metaverse

Mixed reality adalah teknologi dunia maya “campuran” yang membentuk metaverse. Seperti apa contoh dan kegunaan mixed reality dalam META? Dunia...

Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

Virtual reality adalah teknologi digital yang paling sering digunakan di metaverse. Sudah tahu apa pengertian virtual reality dan contohnya? Hal...

Augmented Reality adalah : Contoh & Perbedaan dengan VR

Augmented reality adalah teknologi perpaduan dua dan tiga dimensi (2D-3D) yang tak kalah penting di metaverse. Apa itu augmented...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya