Media Metaverse | by APPKEY

Metaverse Design Contoh Storyboard dalam Pembuatan Metaverse

Contoh Storyboard dalam Pembuatan Metaverse

-

Storyboard adalah organizer grafis yang merencanakan sebuah narasi, dan storyboard adalah cara yang ampuh untuk menyajikan informasi secara visual. Arah linier sangat cocok untuk menjelaskan suatu proses dan menceritakan perjalanan waktu. Pada dasarnya, storyboard adalah kumpulan gambar secara berurutan untuk menceritakan sebuah cerita.

Artikel kali ini akan membahas contoh storyboard berdasarkan jenis-jenisnya. Storyboard sangat dibutuhkan sebagai peta konsep alur sebuah proyek, contohnya dalam metaverse. Sebelum menciptakan VR, maka perlu mengkonsepkan ide hingga karakternya, semua itu tidak lepas dari peran storyboard. Untuk lebih lanjutnya, simak sampai akhir ya!

Sejarah Singkat Jenis dan Contoh Storyboard diciptakan

Tergantung pada sumbernya, baik Howard Hughes, dengan film tahun 1930, Hell’s Angels, atau Walt Disney, dengan film animasi tahun 1933, Three Little Pigs, disebut sebagai bapak storyboard modern. Pada tahun 1939, Gone with the Wind adalah film live-action pertama yang ditarik sepenuhnya dari cerita sebelum syuting.

Contoh Storyboard dalam Pembuatan Metaverse

Membuat storyboard yang bagus memperkuat cerita ini dan memberinya struktur dan daya tarik. Ini adalah proses yang membutuhkan brainstorming oleh karakter utama yang terlibat, Anda mendapatkan lebih banyak ide dengan cara ini, dan menyelaraskan sejak awal maksud, konten, mode hingga narasi.

Berikut merupakan contoh proses pembuatan storyboard dalam pembuatan metaverse.

1. Konteks

Garis dasar cerita harus dibuat dari ringkasan proyek. Untuk sampai pada cerita dasar, pertama-tama kita perlu mengidentifikasi hal-hal berikut:

  • Apa tujuan dari proyek tersebut?
  • Siapa pengguna akhir?
  • Apa yang ingin disampaikan oleh pembuat proyek kepada pengguna?
  • Apa perangkat yang dubutuhkan target utama untuk melihat proyek?

Pembuatan profil pengguna harus mencakup poin-poin penting ini:

  • Usia, Demografi
  • Literasi Teknologi
  • Pilihan Bahasa
  • Memahami Tingkat konten Anda
  • Tingkat minat dan insentif untuk melihat pengalaman Anda

2. Dasar

Setelah kami mengidentifikasi ini, kami melanjutkan untuk membuat alur cerita kerangka proyek – garis dasar. Ini akan mencakup yang berikut:

  • Apa masalah yang diidentifikasi dari ringkasan proyek?
  • Solusi untuk masalah dalam narasi cepat
  • Apakah ada karakter dalam proyek selain pengguna, dan jika demikian, apa hubungannya dengan pengguna dan bagaimana mereka akan berinteraksi?
  • Adegan/skenario yang diidentifikasi untuk mengeluarkan solusi secara efisien

Artikel Terkait  Software untuk Modelling Objek 3D Terbaik

3. Sketsa

Sketsa ini akan menambahkan beberapa detail ke garis dasar dan akan memberi tahu kami seberapa baik adegan itu akan menyampaikan ceritanya kepada pengguna. Sketsa ini juga melibatkan identifikasi:

  • Adegan yang berbeda dari pengalaman Anda, dan niat mereka – pembelajaran, penilaian atau keterlibatan
  • Di mana pengguna dipimpin oleh alur cerita (istilah permainan: Cut Scenes)
  • Di mana pengguna berinteraksi dengan cerita dan bagaimana ini memengaruhi perkembangannya
  • Apakah interaksi pengguna akan sering memengaruhi alur cerita? Jika demikian, kami membuat pohon keputusan untuk skenario yang berbeda dalam bidang kemungkinan.
  • Bahasa desain, dan branding pengalaman

4. Papan cerita

Saatnya membuatnya menjadi skrip fungsional yang akan membantu semua orang yang terlibat, termasuk tim pelaksana, untuk memahami bagaimana proyek akan dibuat. Ingatlah hal-hal berikut untuk membantu Anda menjadikan pengalaman itu bermanfaat agar pengguna tetap terlibat:

  • Keterlibatan maksimum indra : Ubah persepsi pengguna dengan memengaruhi banyak indera (setidaknya visual dan pendengaran)
  • Perkenalkan elemen baru sambil menjaga konten tetap relevan
  • Suasana pengalaman Anda
  • Motion : perkenalkan gerakan untuk menambah kedinamisan tanpa berlebihan sehingga tidak mengganggu
  • Bahasa Desain : menentukan suasana hati dan karakter objek dalam adegan Anda
  • Palet warna : mempengaruhi emosi

Ini akan melibatkan:

  • Mengidentifikasi lokasi pemotretan (jika diperlukan)
  • Menyelesaikan karakter yang berbeda dan peran mereka (termasuk dialog)
  • Papan suasana hati untuk memahami gaya visual
  • Semua aset yang diperlukan untuk konstruksi adegan (dekati secara kreatif dan gunakan ruang 360° sebagai kanvas)

Kita dapat membuat storyboard di dalam editor menggunakan bentuk dan elemen primitif. Ini akan memberi kita kesempatan untuk berpikir secara spasial dan menemukan cara yang lebih baik untuk mewakili elemen pemandangan yang berbeda sehingga mereka tergabung dalam lingkungan secara alami.

Storyboard dalam Virtual Reality

Storyboard biasanya digunakan dalam desain film, web, dan game sebagai cara cepat dan efektif untuk mengomunikasikan posisi spasial, urutan, gerakan, dan interaksi saat Anda mencoba memvisualisasikan adegan sebelumnya. Mereka juga telah digunakan untuk membingkai sebuah adegan, tetapi apa yang Anda lakukan ketika tidak ada bingkai?

contoh storyboard

Storyboard digunakan dalam konsep awal untuk Cardboard Crash, sebelum memahami bahwa tidak ada bingkai di VR.

Untuk VR, kita masih dapat membuat storyboard sebuah adegan, tetapi alih-alih objek didefinisikan relatif terhadap bingkai, kita mendefinisikannya relatif terhadap penonton. Pendekatan ini harus datang secara alami kepada praktisi desain yang berpusat pada pengguna, tetapi mungkin terasa asing bagi mereka yang terbiasa mengarahkan perhatian audiens.

Alih-alih mengontrol apa yang dilihat penonton di VR, kami bekerja dengan area probabilistik perhatian pengguna berdasarkan data ergonomis.

Diagram berikut menggunakan data dari video yang harus dilihat Mike Alger tentang Metode Pravisualisasi Desain interface VR, yang merujuk pada presentasi informatif Alex Chu tentang Desain VR: Transisi dari Paradigma Desain 2D ke 3D.

contoh storyboard

 

Bidang pandang berdasarkan rentang rotasi kepala yang nyaman.

Bidang pandang di VR head-mounted-display (HMD) sekitar 94 derajat. Dengan asumsi Anda berada dalam posisi duduk, Anda dapat dengan nyaman memutar kepala Anda 30 derajat ke samping, hingga maksimum 55 derajat. Angka-angka ini meningkat jika Anda berdiri atau di kursi putar dengan HMD nirkabel, tetapi mari kita asumsikan skenario yang paling terbatas.

Selanjutnya kita melihat jarak. Manusia telah berevolusi untuk lebih memperhatikan objek yang lebih dekat, tetapi jarak seperti apa yang kita hadapi?

contoh storyboard

Jarak pandang berdasarkan kenyamanan dan kekuatan persepsi kedalaman stereoskopik.

Jarak pandang minimum yang nyaman di HMD, sebelum pengguna mulai juling, adalah 0,5 meter (Oculus sekarang merekomendasikan jarak minimum 0,75 meter). Di luar 10 meter, persepsi kedalaman stereoskopik 3D berkurang dengan cepat hingga hampir tidak terlihat di atas 20 meter.

Jadi ini memberi kami titik manis antara 0,5 meter hingga 10,0 meter di mana kami dapat menempatkan konten penting.Jadi ini memberi kami titik manis antara 0,5 meter hingga 10,0 meter di mana kami dapat menempatkan konten penting.

Menggabungkan bidang pandang dan data jarak menghasilkan sesuatu seperti ini:

contoh storyboard

Area minat yang mungkin bagi pengguna yang memakai layar virtual reality yang dipasang di kepala audiens Anda.

Bersihkan semuanya dengan menghapus beberapa garis, sesuaikan untuk skala yang lebih realistis relatif terhadap pengguna, dan proyeksikan ke dalam 3D untuk memungkinkan anotasi vertikal.

contoh storyboard

Tata letak storyboard untuk virtual reality dengan konten yang digambar dengan buruk.

contoh storyboard

Storyboard VR ini memungkinkan kita untuk memposisikan objek relatif terhadap penonton dalam ruang 3D, sambil tetap dapat menyampaikan urutan, gerakan, dan interaksi.

POV yang tidak sempurna

Area perhatian pengguna yang mungkin paling baik diterapkan saat Anda memulai adegan baru dan dapat memprediksi/mengontrol sudut pandang awal audiens. Ini lebih mudah dicapai dengan VR interaktif (mesin waktu nyata) di mana Anda dapat mengatur ulang POV pengguna di awal setiap adegan.

Untuk video 360 derajat, di mana arah penonton menghadap di akhir adegan, adalah tempat pertama yang mereka lihat di awal adegan berikutnya; kami akan merekomendasikan untuk membaca artikel Jessica Brillhart In the Blink of a Mind — Perhatian tentang cara mengedit agar sesuai dengan perhatian.

Template Papan Cerita VR

Sampai kita semua memakai HMD dan memiliki cara cepat untuk membuat sketsa dan berbagi dalam 3D, kita harus bekerja dengan 2D mode lama yang bagus. Saya telah membuat template yang dapat Anda gunakan dengan bebas untuk membuat storyboard ide VR Anda.

Unduh PDF template VR Storyboard yang dapat dicetak melalui DropBox atau ambil gambar di bawah ini.

contoh storyboard

Template Papan Cerita VR

Penutup

Untuk membuat storyboard dalam VR Metaverse harus memperhatikan dari aspek audiens, tak hanya mengandalkan keindahan visualisai, tetapi harus memperhatikan kenyamanan visual yang akan disampaikan. Misalnya dengan konsep 360 derajat, audiens bisa melihat dunia dalam 1 pandangan, menghubungkan dunia virtual hanya melalui alat yang digunakan.

Contoh storyboard dalam pembuatan VR Metaverse adalah sesuatu yang bersifat kompleks, jika contoh storyboard dalam dunia industry hanya menyuguhkan keindahan visual, contoh storyboard dalam VR metaverse harus bisa memberikan kenyamanan untuk audiensnya. Jadi selamat mencoba membuat storyboard VR milik Anda!

Sekian artikel kali ini dan terimakasih sudah membaca sampai akhir, jangan lupa untuk menyalakan notifikasi update artikel di Metakey. Karena tiap harinya akan update artikel menarik dan bermanfaat lainnya, sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Mixed Reality adalah? Pengertian dan Peranan dalam Metaverse

Mixed reality adalah teknologi dunia maya “campuran” yang membentuk metaverse. Seperti apa contoh dan kegunaan mixed reality dalam META? Dunia...

Augmented Reality adalah : Contoh & Perbedaan dengan VR

Augmented reality adalah teknologi perpaduan dua dan tiga dimensi (2D-3D) yang tak kalah penting di metaverse. Apa itu augmented...

Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

Virtual reality adalah teknologi digital yang paling sering digunakan di metaverse. Sudah tahu apa pengertian virtual reality dan contohnya? Hal...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya