Maxon Cinema 4D adalah perangkat lunak animasi 3D yang lengkap dan memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan intuitif memasukkan elemen baru. Terintegrasi dengan game grafis, film, dan arsitektur.
Pengguna MAXON Cinema 4D adalah StartUp, UKM, Perusahaan dengan dukungan yang tersedia bisa melalui surel dan telepon. Pembayar Maxon Cinema 4D adalah hal yang terjangkau bagi kalangan pemula karena lebih murah saat diambil tahunan. Untuk lebih lanjutnya bisa disimak dalam artikel yang akan kami bahas dibawah ini!
Maxon Cinema 4D adalah Software ramah untuk pemula
Maxon cinema 4D merupakan software yang sangat ramah untuk pemula yang baru belajar dalam dunia desain grafis, fiturnya yang lengkap dan tergolong terjangkau untuk digunakan untuk keperluan komersial. Dimulai dengan dukungan Bahasa mulai dari Bahasa Cina, Bahasa inggris, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Rusia, Spanyol.
Cinema 4D memberdayakan seniman untuk berkreasi dalam 3D dan lebih mudah dipelajari daripada banyak paket lainnya. Pemodelan dan beberapa jenis simulasi dinamis telah mengalami peningkatan yang signifikan, tetapi area lain masih tertinggal, termasuk opsi harga.
Dengan membayar Per/Tahun, Mulai dari $719.00, kita akan membahas Pro dan Kontra dari software ini.
PRO dari Maxon Cinema 4D adalah sebagai berikut :
- Sangat baik untuk grafis gerak
- Pembuatan dan iterasi cepat
- Banyak fitur kualitas hidup dalam rilis terbaru
- ZRemeshing, simulasi, dan alat grafik adegan baru meningkatkan kekuatan dan keserbagunaan
- Antarmuka tab yang bagus
KONTRA dari Maxon Cinema 4D adalah sebagai berikut :
- Tidak ada versi lisensi indie yang membuatnya relatif mahal dibandingkan kompetisi
- Pengenalan node adegan menghasilkan campuran sistem yang membingungkan
- Tidak ada alat simulasi fluida asli; partikel tua dan alat rambut
Lebih lanjut seputar Maxon Cinema 4D
Cinema 4D adalah paket perangkat lunak pemodelan 3D yang menyenangkan dan ramah seniman yang unggul dalam iterasi cepat khususnya untuk grafis gerak. Dua rilis tahun ini, S26 dan 2023, memberikan peningkatan signifikan di sejumlah area utama, yang tampaknya menjadi bagian dari pengerjaan ulang perangkat lunak berskala lebih besar secara keseluruhan.
Cinema 4D menggunakan upayanya dengan bijak yang menambahkan lebih banyak proseduralisme, iterasi lebih cepat, dan remeshing dinamis. Sementara area Cinema 4D tertentu seperti BodyPaint dan Thinking Particles terasa stagnan, perangkat lunaknya secara keseluruhan tidak, dan Cinema 4D masih merangkul kegembiraan dalam berkreasi.
Jika bukan karena harga yang relatif tinggi, itu akan menjadi perangkat lunak pemodelan 3D yang kami rekomendasikan untuk kebanyakan pemula. Seperti berdiri, kami paling merekomendasikannya untuk siapa saja yang bekerja dalam grafik bergerak secara khusus.
Berapa biaya yang dibutuhkan untuk Cinema 4D
Anda dapat melisensikan Cinema 4D dengan beberapa cara. Sendiri, Cinema 4D berharga $94 per bulan atau $719 per tahun. Jika Anda lebih suka lisensi terus-menerus daripada berlangganan, Anda dapat membeli Cinema 4D R25 (dua versi lama) seharga $3.495 pada saat penulisan. Namun, kami tidak menyarankan itu, karena Anda tidak mendapatkan pembaruan, yang dirilis Maxon setidaknya dua kali setahun.
Bundel Maxon One ($149 per bulan atau $1.199 per tahun) adalah nilai terbaik untuk lisensi Cinema 4D. Ini mencakup versi lengkap ZBrush dan Redshift, sejumlah plug-in yang kuat untuk Adobe After Effects, dan berbagai perangkat lunak pengeditan video. Ulasan ini berfokus pada Cinema 4D secara khusus, tetapi ZBrush dan Redshift masing-masing adalah alat yang sangat baik untuk memahat dan merender. Memang, ZBrush tetap menjadi standar de facto untuk pemahatan digital. Versi CPU Redshift disertakan dengan Cinema 4D itu sendiri, tetapi lebih dari itu nanti.
Siswa dan guru dapat mengakses Maxon One selama enam bulan hanya dengan $9,99, dengan verifikasi status pendidikan. Dan untuk tujuan evaluasi, Maxon memberikan uji coba gratis selama 14 hari (setengah dari yang saya harapkan) dari semua produk Maxon One.
Harga perangkat lunak tidak masuk akal, tetapi saya ingin melihat tingkat langganan “indie” dengan harga lebih murah untuk penghobi dan pekerja lepas yang pendapatan tahunannya di bawah ambang batas. Produk pemodelan 3D lainnya menawarkannya. Langganan Indie Houdini adalah $269 per tahun. 3ds Max dan Maya mengenakan biaya $290 per tahun untuk lisensi Indie mereka. Modo berharga $ 689 per tahun. Dan Blender sepenuhnya gratis untuk siapa saja. Perhatikan bahwa sebagian besar produk pesaing ini, kecuali Blender, juga memiliki beragam pilihan harga.
Memulai Dengan Cinema 4D
Seperti kebanyakan perangkat lunak 3D profesional, Cinema 4D tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux, itu dapat berjalan di sebagian besar CPU dan GPU yang dibuat dalam dekade terakhir dikombinasikan dengan setidaknya 8GB RAM. Namun, seperti kebanyakan perangkat lunak 3D profesional, semakin besar angka pada perangkat keras Anda, Cinema 4D akan semakin menyenangkan.
Produk-produk generasi terbaru yang canggih dan canggih tidak akan sia-sia dalam mendukung alat kreasi digital Anda. Instalasi dan pembaruan perangkat lunak datang melalui Aplikasi Maxon, yang merupakan aplikasi dasar untuk mengelola lisensi dan perangkat lunak dari perusahaan.
Alangkah baiknya jika aplikasi ini juga berfungsi sebagai peluncur, tetapi tampaknya tidak. Juga, jika Anda ingin menginstal beberapa versi Cinema 4D, Anda harus mengunduh dan menginstalnya secara manual secara terpisah dari Aplikasi Maxon, yang mengalahkan tujuan hub perangkat lunak, menurut pendapat saya. Houdini Launcher dan Unity Hub adalah contoh alat yang lebih baik untuk mengelola dan meluncurkan beberapa versi perangkat lunak.
Antarmuka Cinema 4D rumit tetapi tidak berlebihan untuk perangkat lunak pembuatan konten digital. Alat pemilihan dan pengubah ada di sebelah kiri; menu dan pengaturan viewport berjalan di bagian atas; kontrol animasi dan garis waktu ada di bagian bawah; dan pembuatan, pengorganisasian, dan manipulasi objek terjadi di pengelola objek dan panel pengelola atribut di sebelah kanan.
Selain viewport (tempat Anda melihat model dan animasi), dua panel terakhir ini adalah tempat sebagian besar pekerjaan Anda selesai. Sebagai catatan terakhir pada antarmuka, opsi untuk membuka banyak proyek di tab adalah cara terbaik untuk mengelola ruang kerja Anda. Sebagian besar aplikasi memaksa Anda untuk meluncurkan dan menyulap beberapa jendela atau hanya membatasi Anda untuk membuka satu proyek sekaligus.
Cinema 4D Scene Node, Kapsul, dan Tag
Sebelum mendalami fitur-fitur baru, ada baiknya menguraikan metode utama untuk bekerja dengan objek di Cinema 4D. Secara umum, ini adalah salah satu paket 3D yang lebih mudah dipelajari. Namun aspek Cinema 4D yang paling tidak intuitif dan kompleks adalah berbagai cara Anda dapat memanipulasi dan memodifikasi objek.
Objek seperti model, karakter, kamera, dan lampu ada dalam daftar hierarki yang ditampilkan di pengelola objek, objek geometri dapat langsung dimanipulasi di area pandang dengan berbagai alat pemodelan.
Objek juga dapat memiliki tag yang ditetapkan untuk menambahkan properti tertentu, seperti material, pemecah kinematika terbalik, atau keadaan tumbukan benda tegar. Untuk mengubah bentuk model atau menghasilkan struktur yang lebih kompleks, Anda membuat objek deformer dan objek generator, yang juga duduk di hirarki objek.
Deformer dapat disarangkan di bawah objek geometri, yang pada gilirannya dapat disarangkan di bawah generator. Dan generator dan deformasi itu sendiri dapat memiliki tag untuk properti tambahan. Meskipun sistem ini sangat kuat dan mendorong eksperimen, urutan operasi dan pengaturan yang tepat bisa jadi sulit diketahui.
(Kredit: PCMag/Maxon)
Jika itu tidak cukup rumit, Cinema 4D baru-baru ini menambahkan node adegan, yang merupakan objek dan operasi yang dirangkai dalam editor node terpisah dan kemudian ditampilkan ke dalam adegan. Objek yang dihasilkan melalui editor node adegan tidak muncul di pengelola objek, meskipun node adegan dapat dienkapsulasi sebagai kapsul dan ditambahkan sebagai objek biasa.
Saat Anda membuat objek dengan cara normal, mereka hidup dalam hierarki pengelola objek dan Anda dapat menyeretnya ke editor node untuk mengeditnya dan mungkin kunci untuk dunia paralel ini terungkap. Objek normal ini memiliki label Objek Klasik di editor adegan, dan dokumentasi merujuk pada alur kerja Cinema 4D “klasik”, berbeda dengan yang bekerja pada “inti baru”.
Masih harus dilihat apakah Maxon akan menghapus pengelola objek dan tag “klasik”, tetapi jelas bahwa perusahaan mengantisipasi bahwa node adegan akan menjadi bagian penting dari masa depan Cinema 4D. Bagaimanapun, saat ini terasa seperti Cinema 4D berada di tahap tengah yang canggung dari restrukturisasi mendasar, yang menarik sekaligus membingungkan untuk dikerjakan.
Menggabungkan penyiapan simpul dan hierarki objek bersama-sama memang sangat kuat dan sangat fleksibel, tetapi lebih sulit untuk dipelajari. Itu berbeda dengan reputasi masa lalu Cinema 4D. Mungkin disarankan bagi pemula untuk tetap berpegang pada alur kerja objek “klasik”, deformer, generator, dan tag hingga masa depan mengkristal.
Apa yang baru dari S26 di 2023?
Alat pemodelan baru di S26 dan 2023 terlihat fantastis, setelah beberapa dekade perangkat lunak pemodelan poligonal, sulit untuk membayangkan bahwa fitur-fitur baru yang besar diperlukan, tetapi banyak tambahan S26 berada di kelas “Saya telah melihatnya, dan sekarang saya tidak dapat hidup tanpanya.”
Secara khusus, ada beberapa alat yang menghilangkan pekerjaan manual yang membosankan untuk membuat bentuk yang halus dan melengkung atau yang datar dan rata. Fit Circle mengubah komponen yang dipilih menjadi lingkaran (dengan banyak pengaturan berguna). Tepi Halus menciptakan lingkaran tepi yang lebih halus dan itu bagus.
Sistem Simetri
Rilis 2023 menghadirkan sistem simetri lengkap yang seharusnya sudah ada, tetapi simetri topologi khususnya sangat mengesankan. Bukan itu saja: Bridge, Equal Spacing, Poke Polygons, Set Flow, Straighten Edges, dan Vector Import semuanya dikirimkan bersama S26. Tim perangkat lunak pemodelan menjatuhkannya dari taman dengan hal ini.
ZRemesher
Pengembang lain layak mendapat penghargaan untuk fitur baru, meskipun itu bukan bagian dari tim Maxon. Maxime Rouca mengembangkan alat bernama ZRemesher untuk Pixologic ZBrush. Awal tahun ini, Maxon mengakuisisi Pixologic dan tampaknya, pada pandangan pertama, kita sudah melihat awal teknologi ZBrush bermigrasi di seluruh jajaran perangkat lunak.
ZRemesher adalah alat untuk membuat geometri poligonal yang disederhanakan dari jaring yang padat dan kacau. Ini memungkinkan Anda menghasilkan model yang bersih dan ringan dan karena Cinema 4D condong ke proseduralisme (lebih lanjut tentang itu nanti), Anda juga dapat menyesuaikan remeshing dengan cepat dan melihat pembaruan saat Anda men-tweak pengaturan.
Ini adalah pertama kalinya saya melihat remeshing yang baik dilakukan secara prosedural. Namun, ternyata teknologi yang sama ini tersedia untuk perangkat lunak lain dalam bentuk plug-in Exoside QuadRemesher Maxime ($ 109,90 untuk opsi komersial abadi).
Saya membayangkan ada diskusi lisensi yang menarik antara Maxon, Pixologic, dan Exoside. Bagaimanapun, ZRemesher di Cinema 4D memiliki potensi yang sangat besar, dan sangat memuaskan melihatnya beraksi. Ada juga peningkatan pada plug-in GoZ yang memungkinkan pertukaran cepat data model antara Cinema 4D dan ZBrush.
GPU dan CPU
Perender GPU Redshift 3D diakuisisi oleh Maxon pada tahun 2019, dan Redshift dan Cinema 4D terasa sangat cocok. Keduanya ramah seniman dan memungkinkan iterasi cepat dari visual imajinatif sambil mengorbankan beberapa teknologi yang lebih berat yang ada di balik efek visual ultra-fotorealistik dan akurat secara fisik.
Di S26, Redshift (dalam mode CPU) tersedia untuk semua pengguna Cinema 4D, pergeseran merah telah menikmati banyak pembaruan selama setahun terakhir, tetapi penambahan baru-baru ini mencakup simulasi pergerakan cahaya yang lebih baik melalui zat tembus cahaya (seperti kulit atau sushi) dan volume (seperti kabut dan awan), dan sekarang mendukung beberapa penanda material berlapis pada objek.
Penutup
Dengan basis pengguna Blender terus berkembang, terutama di kalangan pemula, membuat Cinema 4D kurang menjadi pilihan de facto. Keduanya menempa tanah prosedural, meskipun sistem ini tidak sefleksibel, sekuat, atau selengkap milik Houdini, pemenang Pilihan Editor kami untuk menciptakan efek khusus.
Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan lupa untuk subscribe web Metakey karena tiap harinya akan memberikan informasi menarik lainnya, terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.