Membuat model 3d adalah membuat objek 3D yang dibuat dengan sumbu x, y, dan z masing-masing. Autodesk Maya adalah program pemodelan dan animasi 3D yang popular, pengguna dapat membuat objek 3D yang luar biasa seperti model karakter, model arsitektur dan objek 3D dasar juga.
Autodesk Maya mendukung sejumlah plugin dan fitur yang membantu pengguna membuat model dan objek 3d sederhana. Lebih lanjutnya, yuk simak artikel kali ini sampai akhir!
Bagaimana Cara Membuat objek 3D di Maya?
Di Autodesk Maya, para animator dan pemodel umumnya membuat model dasar atau mengimpor model 3d yang kompleks dalam program. Karena Autodesk Maya sebagian besar digunakan untuk animasi dan rendering yang halus, pengguna membuat objek 3D pada software seperti Autodesk Max, AutoCAD, atau Blender.
Tetapi beberapa pengguna juga menggunakan Autodesk Maya untuk pemodelan 3D dan Animasi. Untuk membuat model 3d di Maya, pengguna dapat menggunakan tiga fungsi atau alat dasar yang sama.
Bagaimana cara membuat objek 3D di Autodesk Maya menggunakan NURBS?
NURBS (Non-Uniform Rational Basis Splines) Pemodelan 3D didasarkan pada pembuatan objek halus dan digunakan untuk membuat permukaan melengkung dengan bantuan alat Bezier. Pemodelan polimer NURBS biasanya digunakan untuk membuat desain interior dan eksterior dan juga digunakan dalam Teknik Mesin untuk merancang model 3d mobil.
- Instal dan buka Autodesk Maya
- Klik Menu Bar dan Klik CREATE seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini
- Klik NURBS PRIMITIF
- Klik pada objek yang ingin Anda buat.
- Sekarang, misalnya, kami menginginkan sebuah bola, jadi klik di atasnya
- Seret mouse dan buat bola.
- Atau, Anda juga dapat mengklik Windows > UI Elements > Shelf dan klik NURBS Primitives dan pilih objek apa pun yang diperlukan
Bagaimana cara membuat model dengan Polygon Modeling?
Langkah paling dasar dan pertama dalam membuat objek 3D adalah dengan bantuan Polygon Modeling. Pemodelan Poligon didasarkan pada perhitungan matematis yang lebih sederhana dan mencakup tepi, simpul, dan wajah. Pengguna dapat membuat model sederhana menggunakan bentuk dengan fungsi pemodelan ini.
Ini adalah pilihan terbaik untuk pemodelan ketika harus memodifikasi atau mengedit objek. Satu-satunya kemunduran dari pemodelan semacam ini adalah ia bekerja hanya dengan tepi yang kasar atau keras. Untuk tepi yang lebih rata dan melengkung, pengguna harus menggunakan pemodelan NURBS.
- Instal dan buka Autodesk Maya
- Klik Menu Bar dan Klik CREATE seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini
- Klik pada POLYGON PRIMITIF
- Klik pada objek yang ingin Anda buat.
- Sekarang, misalnya, kami menginginkan sebuah silinder, jadi klik di atasnya
- Seret mouse dan buat silinder
- Pengguna juga dapat menggunakan alat yang berbeda dari OBJECTS PANEL untuk mengekstrusi, memiringkan atau menjembatani permukaan yang sesuai.
- Atau, Anda juga dapat mengklik Windows > UI Elements > Shelf dan klik POLYGON Primitives dan pilih objek apa pun sesuai kebutuhan.
Subdivision Surface
Objek-objek ini menggunakan primitif pemodelan NURBS dan Polygon. Objek-objek ini memiliki tepi, simpul, dan juga wajah tetapi mereka memiliki kurva sebagai NURBS di dalamnya. Objek-objek ini jauh lebih rumit dan sulit dibuat di Maya.
Dengan bantuan alat primitif ini, pengguna dapat membuat model dasar dan kompleks sesuai kebutuhan. Sebagai pertimbangan, Autodesk Maya adalah software yang mahal dan perhatian untuk dibeli hanya untuk membuat Model 3D. Jadi, desainer terkadang mengunduh model 3D dari situs web online dan mengimpornya ke software, lalu membuat proyek dan animasi dengan bantuan mereka.
Ada banyak sekali koleksi situs web yang tersedia di internet yang menawarkan model 3D gratis dan dapat diimpor dari berbagai kategori seperti karakter, interior, eksterior, dan juga model mobil.
Salah satu website yang menawarkan model 3D gratis adalah CG Trader. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh dan mengimpor model 3d di Autodesk Maya:
- Cari model 3D gratis dan pilih format model seperti yang ditunjukkan di bawah ini: –
- Simpan model di desktop
- Buka Autodesk Maya
- Pilih Impor dari menu file
- Pilih folder sumber dan impor model
- Model akan diimpor di Autodesk Maya
- Model dapat diedit, diskalakan, atau dipindahkan juga.
Bagaimana Cara Menganimasikan di software Maya?
Di sini kami akan menunjukkan kepada Anda contoh animasi sederhana untuk dengan mudah memahami fitur ini di software Maya. Setelah ini, Anda dapat membuat animasi yang kompleks juga dalam software ini. Sebelum memulai, mari kita lihat layar kerja untuk pemahaman yang lebih baik.
Pengantar Animasi Maya
Autodesk Maya dikenal sebagai Maya, yang terkenal dengan desain grafis komputer 3d dan banyak digunakan oleh para profesional pemodelan 3d untuk pekerjaan desain grafis mereka. Kita dapat menganimasikan objek apa pun dalam software ini dengan menggunakan beberapa alat dan parameter software ini.
Di bagian ini, kami akan memberi tahu Anda tentang animasi Maya dalam beberapa langkah sederhana dengan contoh dan memberi tahu Anda beberapa parameter penting animasi Maya sehingga Anda dapat menanganinya tanpa masalah. Jadi mari kita mulai belajar tentang topik ini dalam software Maya.
Langkah 1
Di bagian atas, ada bilah Menu untuk menyesuaikan software ini; bilah menu ini akan berubah sesuai dengan metode kerja Anda, di bawah ada baris Status yang berisi beberapa perintah pintasan; di bawah juga ada toolbar akses cepat yang biasa sebut shell bra (Anda dapat menambahkan alat di shell bar sesuai dengan kebutuhan Anda jika Anda menggunakannya lagi dan lagi dalam pekerjaan Anda), di sisi kiri ada yang disebut toolbar
Manipulasi yang memiliki pilihan alat, alat bergerak, dll., di tengah merupakan area pandang Perspektif dimana Anda dapat melihat pekerjaan Anda (Anda dapat membuka area pandang lain di layar ini secara bersamaan dengan menekan tombol Spasi pada keyboard), di sisi kanan ada beberapa tab seperti kotak Saluran yang menunjukkan kepada Anda parameter objek pilihan saat ini dari viewport dan memungkinkan Anda untuk membuat perubahan pada parameter objek itu. Anda akan memahami bagian lain setelah Anda mulai membuka dan mengerjakan software ini.
Langkah 2
Opsi bilah Menu akan berubah sesuai dengan perubahan metode kerja dari daftar diatas.
Langkah 3
Sekarang, mari kita mulai pekerjaan animasi di software ini. Untuk animasi, ambil perintah Plane dari toolbar akses cepat, yang berada di atas viewport.
Langkah 4
Sekarang, gambarkan ide Anda berdasarkan pada viewport Perspektif yang disuguhkan di software (di tengah). Anda dapat menggambarnya di viewport lain sesuai dengan kesesuaian Anda dengan menekan spasi untuk viewport lain. Anda dapat menyesuaikan ukuran objek dengan menggunakan perintah Skala dari software ini. Untuk perintah Skala-klik pada ikon Skala dari toolbar Manipulasi, atau Anda dapat menekan tombol R untuk titik pegangan perintah Skala pada objek Anda.
Langkah 5
Sekarang, ambil perintah Cube dari toolbar akses cepat software ini dengan mengkliknya dan menggambar sebuah kubus untuk permulaan.
Sumber : educba.com
Langkah 6
Sesuaikan sisi kubus ini dengan menggunakan perintah skala software ini.
Langkah 7
Untuk menyesuaikan ukuran melalui perintah skala-klik pada tombol pegangan sumbu apa pun dan seret ke arah yang sama. Anda akan memegang gagang sumbu Z dan menyeretnya ke arah Z untuk meningkatkan ukurannya ke arah yang Anda inginkan.
Langkah 8
Sekarang tekan Spacebar keyboard untuk keempat viewports dan sesuaikan kubus di tengah objek Anda dengan menggunakan perintah move tool. Untuk alat Pindah, klik ikon alat pindah dari bilah alat Manipulasi, atau Anda dapat menekan W dari keyboard. Sekarang pindahkan objek dengan menggunakan gagang panah dari sumbu ini.
Langkah 9
Sekarang lagi, tekan Spacebar untuk layar penuh dari viewport perspektif.
Langkah 10
Sekarang tekan tombol Ctrl + D, duplikasi salinan berbentuk kubus ini, dan seret ke arah penerusan.
Langkah 11
Sekarang pilih kedua kubus dan tekan lagi tombol Ctrl + D dari keyboard, lalu seret keduanya untuk membuat salinannya seperti ini.
Sumber : educba.com
Langkah 12
Buat rangkaian balok seperti ini dengan membuat salinan dari model balok tadi.
Langkah 13
Sekarang skalakan balok-balok ini karena skalanya dengan menggunakan perintah skala dari software ini.
Langkah 14
Sekarang, ambil perintah alat Sphere dari toolbar akses cepat dengan mengkliknya dan menggambar bola seperti ini. Anda dapat menyeret bola dari berbagai ukuran sesuai keinginan Anda.
Langkah 15
Sekarang tekan bilah spasi keyboard untuk empat viewports dan sesuaikan bola ini dengan cara ini sehingga dapat mengenai balok pertama.
Langkah 16
Sekarang sesuaikan pada ketinggian yang sama seperti ini.
Sumber : educba.com
Langkah 17
Sekarang pilih objek dengan mengkliknya dan pilih metode FX dari metode kerja dari daftar ini.
Langkah 18
Sekarang pergi ke menu Field/Solvers pada Menu bar dari metode FX. Daftar drop-down akan terbuka; klik opsi ‘Buat Badan Kaku Pasif’ dari daftar ini.
Langkah 19
Sekarang, pilih serangkaian kubus dan bola dengan menahan tombol shift keyboard.
Langkah 20
Sekarang pergi ke menu yang sama dari Menu bar metode FX dan klik opsi ‘Create Active Rigid Body’ dari daftar drop-down menu Field/Solvers.
Langkah 21
Sekarang, Anda ingin bola jatuh pada balok pertama sehingga saya akan mengklik opsi Gravitasi dari daftar drop-down menu Bidang/Pemecah di bilah Menu.
Langkah 22
Sekarang, kita membutuhkan keyframe yang tepat untuk memainkan animasi kita. Jadi saya akan mengambil 200 sebagai nilai keyframe. Anda dapat mengambilnya sesuai dengan Anda.
Langkah 23
Sekarang sesuaikan viewport dengan cara ini sehingga Anda dapat melihat animasi dengan benar. Saya akan menyesuaikannya seperti ini dengan menggunakan alat putar.
Langkah 24
Sekarang mainkan animasi dengan menekan tombol putar dari ujung kanan bawah area kerja.
Langkah 25
Setelah Anda bermain, animasi Anda akan terlihat seperti ini.
Sumber : educba.com
Dengan cara ini, Anda dapat membuat animasi sederhana di software Maya. Anda dapat membuat animasi yang lebih baik dalam software ini setelah Anda mulai berlatih di dalamnya.
Kesimpulan
Ringkasnya, membuat objek 3D di Autodesk Maya membutuhkan banyak usaha dan pengetahuan tentang software. Meskipun, pengguna dapat membuat bentuk dasar 3d dan primitif geometris menggunakan langkah-langkah yang disebutkan di atas.
Pemodelan karakter adalah pemodelan 3d yang paling kompleks. Selain itu, model 3D sebagian besar dibuat di Autodesk Max dan kemudian diekspor ke Autodesk Maya, karena Maya pada dasarnya lebih diminati untuk tujuan Animasi dan Rendering 3D.
Sekarang, setelah artikel ini, semoga Anda dapat memahami ‘apa itu Maya Animation’ dan ‘bagaimana Anda dapat menangani parameternya’ untuk membuat animasi yang bagus. Masih banyak lagi fitur animasi Maya yang bisa Anda pahami dengan mempelajari lebih lanjut fitur animasi dari software ini.
Sekian artikel kali ini, semoga Anda bisa memahami autodeskmaya dengan baik dan sesegera mungkin bisa membuat objek 3D dan menganimasikannya. Jangan lupa untuk subscribe web METAKEY karena akan memberikan Anda artikel yang bermanfaat setiap harinya. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.