Media Metaverse | by APPKEY

Metaverse Design Cara Modelling Objek 3d Blender yang Mudah dilakukan

Cara Modelling Objek 3d Blender yang Mudah dilakukan

-

Blender adalah perangkat lunak grafis komputer 3D populer yang digunakan oleh penggemar dan profesional. Untuk membuat objek 3D blender dengan open-source gratis ini memiliki program yang kaya fitur dan menawarkan banyak aplikasi di dalamnya (misalnya pemodelan 3D, animasi, VFX, antara lain).

Meskipun hanya satu dari sekian banyak aplikasinya, jumlah alat yang tersedia untuk pemodelan 3D saja menjadikannya salah satu fitur terbaik Blender.

Cara Modelling Objek 3D Blender

Menggabungkan geometri di Blender berguna untuk menggabungkan objek yang diedit secara terpisah (mata dan kepala, misalnya). Ini semudah memilih dua atau lebih objek saat berada dalam Mode Objek, mengklik kanan sambil mengarahkan kursor ke mana saja di Area Pandang 3D, dan memilih “Join” (atau “Ctrl + J”).

Mempersiapkan Objek 3D Blender

 

objek 3d blender

Gambar referensi dalam tampilan berbeda (Sumber: All3DP.com)

Sebaiknya Anda memiliki gambar referensi untuk dilihat saat Anda membuat objek 3D Blender. Dengan cara ini, Anda dapat fokus pada pemodelan alih-alih mencoba mencari tahu seperti apa karakter terakhirnya. Anda tidak harus memiliki setiap detail, tetapi ada baiknya untuk memiliki ide kasar yang dapat Anda gunakan untuk memblokir karakter.

Kita akan melihat dua metode yang dapat kita gunakan untuk mengatur gambar referensi kita. Anda dapat menggunakan metode pertama jika Anda memiliki gambar referensi yang disimpan ke komputer Anda tetapi tidak diimpor ke Blender. Anda dapat menggunakan metode kedua jika Anda ingin menggambar referensi Anda langsung di Blender.

Mengimpor Gambar

Untuk mengimpor gambar di Blender, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Hapus kubus default dengan menekan tombol ‘ X ‘, lalu pilih “Delete”.
  2. Tekan tombol ‘1’ pada papan angka untuk melihat tampilan depan.
  3. Pergi ke sisi kiri menu header dan pilih “Add”. Atau, Anda dapat menekan “Shift + A” untuk membuka menu Tambah.
  4. Arahkan kursor ke “image” dan klik “Reference”.
  5. Pilih gambar referensi yang sesuai dengan tampilan depan model Anda, lalu klik “Load reference image”.
  6. Sesuaikan gambar referensi sehingga sejajar dengan benar di tengah tampilan depan dengan menggunakan transformasi.
  7. Ulangi langkah 1 hingga 6 untuk tampilan lain yang Anda miliki referensi gambarnya. Ingatlah bahwa Anda dapat menekan ‘3’ dan ‘7’ pada papan angka masing-masing untuk tampilan ortografis kanan dan atas.

Membuat Gambar Referensi

Untuk membuat gambar referensi Anda di Blender, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Hapus kubus default dengan menekan tombol ‘X’, lalu pilih “Delete”.
  2. Pastikan Anda berada dalam Object Mode, lalu tambahkan objek pensil grease kosong dengan menekan “Shift + A”, arahkan kursor ke “Grease Pencil”, lalu pilih “Blank”.
  3. Klik tombol ‘+’ setelah opsi workspace di Topbar, pilih “2D Animation”, lalu “2D Full Canvas”.
  4. Buat area baru di sebelah kanan 3D Viewport menggunakan salah satu metode yang dijelaskan di bagian Area di atas.
  5. Buka editor Properties di area baru.
  6. Buka tab “Properti Pengubah” di sisi kiri editor.
  7. Klik menu tarik-turun “add modifier”, lalu pilih “mirror”.
  8. Pastikan ‘X’ dipilih untuk opsi “axis” untuk mencerminkan sumbu X.
  9. Pergi ke tampilan depan atau tampilan yang Anda inginkan untuk menggambar gambar referensi.
  10. Gunakan alat Gambar, atau alat lain apa pun di Bilah Alat, untuk menggambar tampilan depan gambar referensi Anda.
  11. Setelah selesai, alihkan ke tampilan ortografis lainnya dan buat sketsa untuk tampilan yang sesuai.
Artikel Terkait  Apa itu Cinema 4d dan apa Kegunaannya?
Artikel Terkait  Software untuk Modelling Objek 3D Terbaik

Membentuk Geometri

Konsep penting yang perlu diingat saat memodelkan karakter Anda adalah menjaga topologi mesh tetap bersih . Sederhananya, topologi adalah bagaimana simpul, garis, dan wajah mesh disatukan. Jaring bersih terlihat sederhana dan mudah ditinjau dalam Mode Edit.

Topologi yang baik menjaga cara cahaya berinteraksi dengan objek konsisten dan dapat diprediksi. Itu juga membuat objek berubah bentuk dengan baik selama animasi. Tip pemodelan bagus lainnya adalah merupakan ide bagus untuk memodelkan pose-T untuk karakter berlengan.

Pose ini memungkinkan Anda mengedit jala lebih mudah karena Anda dapat mengedit batang tubuh tanpa sengaja mengedit lengan dan sebaliknya. Ini adalah posisi default saat bekerja dengan pose.

Dengan mengingat tips ini, mari kita mulai membuat model karakter Anda:

  1. Beralih kembali ke ruang kerja Layout dengan mengklik tombol “Layout” di Topbar. Anda akan melihat gambar Pensil Gemuk Anda.
  2. Tambahkan kubus dengan menekan “Shift + A”, arahkan kursor ke “Mesh”, lalu pilih “Cube”.
  3. Dalam Mode Edit, bagi kubus dengan menekan ‘A’ untuk memilih semua simpul, klik kanan, lalu pilih “subdivide”.
  4. Pastikan mode sinar-X aktif.
  5. Hapus sisi kanan kubus.
  6. Tambahkan pengubah “mirror” di tab Properti Pengubah di editor Properti, dan pastikan “Clipping” dicentang.
  7. Kemudian tambahkan pengubah “Subdivision surface”.
  8. Masuk ke Object Mode, klik kanan, lalu pilih “Shade Smooth”.
  9. Kembali ke “Mode Edit”. Blokir bentuk karakter Anda menggunakan kombinasi Pengeditan Proporsional, transformasi, dan ekstrusi. Lihat bagian Transformasi dan bagian Alat Berguna Lainnya di atas untuk referensi. Saat melakukannya, pastikan tepi mesh mengikuti gambar referensi.
  10. Gunakan alat Knife untuk memotong bentuk anggota badan.
  11. Keluarkan wajah anggota badan dan atur simpul agar sesuai dengan gambar referensi.
  12. Buat potongan lingkaran untuk membuat tepi tungkai lebih halus dan lebih jelas.
  13. Pastikan Anda dalam Mode Edit.
  14. Klik kiri dan tahan ikon “Add Cube” pada Toolbar, lalu pilih “Add UV Sphere”.
  15. Tambahkan bentuk, lalu gunakan transformasi untuk memodifikasi bentuk agar selaras dengan desain Anda.
  16. Setelah selesai, gabungkan ke objek (yaitu karakter Anda) dengan menekan “Ctrl + J”.

Setelah bentuk baru menjadi bagian dari objek, pengubah yang Anda terapkan pada model karakter Anda juga akan memengaruhi bentuk baru. Anda harus melihat bahwa bentuknya dicerminkan di sisi lain.

Tambahkan sentuhan akhir pada model Anda sampai Anda puas dengan desain karakter Anda. Tidak apa-apa jika Anda menyadari bahwa Anda tidak ingin mengikuti referensi Anda.

Membuat Pakaian

 

Artikel Terkait  Apa Itu 3D Modeling dan Kaitannya dengan Metaverse?

objek 3d blender

Pakaian didasarkan pada mesh dasar (Sumber: All3DP.com)

Baiklah, mari kita beri pria telanjang ini beberapa pakaian:

  1. Pastikan Anda dalam Mode Edit.
  2. Pilih bagian karakter yang ingin Anda tutupi dengan pakaian (misalnya batang tubuh), duplikat seleksi, lalu pisahkan seleksi ini dari objek dengan menekan ‘P’.
  3. Pergi ke Object Mode, lalu pilih objek baru.
  4. Di Outliner, ganti nama objek “clothing”.
  5. Tambahkan pengubah “Shrinkwrap” di tab Modifier Properties dari editor Properties, dan pilih objek basis karakter sebagai “Target”.
  6. Juga, tambahkan pengubah “Solidify” untuk memberikan kedalaman seleksi.
  7. Di panel Solidify, ubah “Offset” menjadi “1.0” dan “Thickness” menjadi setidaknya “0.03 m”.
  8. Tutup panel Solidify dengan mengklik ikon panah di sudut kiri atas panel, lalu pastikan urutan pengubah di tab Modifier Properties adalah sebagai berikut: “Mirror > Subdivision Surface > Shrinkwrap > Solidify”.
  9. Edit pakaian untuk memberi mereka karakter (misalnya manset, kerutan), dan pastikan pakaian tidak tumpang tindih dengan karakter dasar.
Artikel Terkait  Apa Itu 3D Modeling dan Kaitannya dengan Metaverse?

Menciptakan Rambut

 

objek 3d blender

Sistem Partikel memudahkan menambahkan rambut atau bulu ke model Anda (Sumber: All3DP.com)

Karena karakter kita memiliki rambut, kita dapat menggunakan Sistem Partikel untuk membuat rambut dengan cepat. Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Pastikan bahwa karakter dasar adalah objek aktif.
  2. Pastikan Anda dalam Mode Edit.
  3. Buka tab Object Data Properties pada editor Properties, dan buat grup vertex dengan mengklik tombol ‘+’ di sisi kanan panel “Vertex Groups”, pilih grup vertex yang Anda inginkan untuk rambut muncul, dan mengklik tombol “assign”.
  4. Ubah nama grup vertex menjadi nama yang lebih deskriptif dengan mengklik dua kali pada “Grup” dan mengetik “Rambut”.
  5. Buka tab Particle Properties (ditunjukkan dengan titik besar dengan tiga garis dan simpul mencuat) dan tambahkan “particle system” dengan mengklik tombol ‘+’ di sisi kanan panel.
  6. Pilih “Hair” bukan “Emitter” seperti pada gambar di atas.
  7. Di bawah panel Emission, perluas Source, lalu centang “use Modifier Stack” untuk melihat rambut dicerminkan.
  8. Luaskan panel “Children”, lalu pilih “Simple” untuk membuat rambut terlihat lebih penuh.
  9. Perluas “Grup Vertex”, lalu ubah nilai “Density” ke grup vertex yang Anda buat di langkah 1 (yaitu grup vertex “Rambut”).
  10. Alihkan visibilitas objek Pensil Gemuk di Outliner untuk melihat bagaimana rambut terlihat di gambar referensi kami.
  11. Jika perlu, pilih mode “Edit Partikel” dari header 3D Viewport untuk mengubah tampilan partikel rambut.

Membuat Tekstur Model Anda

 

objek 3d blender

Beri warna pada karaktermu agar menonjol (Sumber: All3DP.com)

Kami akan melukis tekstur di ruang kerja Texture Paint. Untuk memulai, Anda bisan ikuti step-step berikut:

  1. Pilih objek yang ingin Anda lukis. Di Outliner, Anda dapat menyembunyikan objek yang tidak sedang Anda kerjakan.
  2. Buka tab Material Properties pada editor Properties.
  3. Buat materi baru untuk objek jika tidak ada dengan mengklik tombol “New”.
  4. Luaskan panel “Surface”, lalu ubah warna dasar material dengan mengklik titik kuning di samping “Base Color”, lalu pilih “Image Texture”.
  5. Buat tekstur gambar baru dan beri nama deskriptif (misalnya nama karakter). Konfirmasikan bahwa Anda menyimpannya ke komputer Anda. Pastikan Anda mengedit tekstur ini di area Image Editor.
  6. Dalam Edit Mode, pilih seluruh mesh, tekan tombol ‘U’, lalu pilih “Smart UV Project” untuk membuka objek.
  7. Di ruang kerja Texture Paint, Anda dapat melukis pada tekstur gambar di area Editor Gambar atau melukis langsung pada objek itu sendiri di area pandang 3D jika Anda berada dalam mode Cat Tekstur.
Artikel Terkait  Apa itu Blender 3d dan Pro-Kontra menggunakannya
Artikel Terkait  Apa itu Cinema 4d dan apa Kegunaannya?

Kiat Melukis

Toggle Paint Mask digariskan dengan warna kuning (Sumber: All3DP.com)

Lukisan tekstur di Blender menjadi lebih mudah semakin Anda melakukannya. Namun, kami memahami bahwa Blender bisa menjadi luar biasa bagi pemula. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat pekerjaan Anda lebih gampang.

Anda mungkin ingin mengaktifkan Paint Mask untuk mencegah pengecatan pada area yang tidak boleh dicat. Untuk mengaktifkannya, klik tombol “Paint Mask” tepat di sebelah menu dropdown mode pada header 3D Viewport seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Dalam Mode Edit, pilih area yang ingin Anda lukis, lalu kembali ke mode Cat Tekstur dan lanjutkan melukis.

Pengubah Cermin untuk objek akan mencerminkan cat tekstur. Atau, aktifkan opsi Mirror di bawah panel Symmetry di Sidebar. Setelah Anda mengecat objek sesuka hati, pastikan untuk menyimpan tekstur gambar:

  1. Pergi ke area Image Editor dari ruang kerja Texture Paint.
  2. Klik tombol “image” di sisi kanan menu tarik-turun mode.
  3. Memilih “save”.

Atau, Anda dapat mengarahkan kursor ke gambar tekstur dan tekan “Alt + S”. Untuk objek lain yang ingin Anda cat tekstur, cukup ulangi langkah 1 hingga 7 di atas.

Mewarnai Rambut

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa Anda tidak dapat mengecat tekstur rambut Sistem Partikel. Sebagai alternatifnya, Anda harus melakukan hal dibawah ini:

  1. Buat material baru untuk rambut di tab Material Properties pada editor Properties.
  2. Buka tab Particle Properties, lalu perluas panel “Render”.
  3. Pilih materi yang baru dibuat dari menu tarik-turun “Material”.

Sekarang setelah Anda menambahkan warna ke karakter Anda, saatnya untuk memasang dan berpose karakter Anda.

Merender atau Mencetak Objek 3D Blender Anda

 

objek 3d blender

Hasil objek 3D Blender (Sumber: All3DP.com)

Langkah terakhir adalah merender karakter Anda. Ini cukup mudah. Klik menu “Render” di Topbar, lalu pilih “Render Image”. Atau, Anda cukup menekan tombol F12. Karena Blender dapat mengekspor ke format STL dan OBJ , Anda juga dapat dengan mudah mencetak karakter Anda secara 3D. Cukup ekspor modelnya, dan buka dengan perangkat lunak pengiris pilihan Anda . Sebelum Anda keluar dari Blender, pastikan untuk menyimpan pekerjaan Anda!

Sekian artikel tentang membuat objek 3D Blender kali ini, semoga membantu mempermudah Langkah Anda untuk memahami Blender lebih lanjut. Jangan lupa untuk subscribe website METAKEY karena masih banyak artikel menarik dan bermanfaat lainnya. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Mixed Reality adalah? Pengertian dan Peranan dalam Metaverse

Mixed reality adalah teknologi dunia maya “campuran” yang membentuk metaverse. Seperti apa contoh dan kegunaan mixed reality dalam META? Dunia...

Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

Virtual reality adalah teknologi digital yang paling sering digunakan di metaverse. Sudah tahu apa pengertian virtual reality dan contohnya? Hal...

Augmented Reality adalah : Contoh & Perbedaan dengan VR

Augmented reality adalah teknologi perpaduan dua dan tiga dimensi (2D-3D) yang tak kalah penting di metaverse. Apa itu augmented...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya