Media Metaverse | by APPKEY

Metaverse Design Rigging adalah Hal mudah Jika Anda Mengikuti Langkah ini

Rigging adalah Hal mudah Jika Anda Mengikuti Langkah ini

-

Seperti yang didefinisikan oleh Brian Green, direktur teknis rigging Pixar, “rigging adalah proses menambahkan kontrol ke model digital.” Dalam panduan singkat ini, kami berbicara tentang semua yang harus Anda ketahui tentang proses pemasangan, mulai dari melakukannya hingga perangkat lunak terbaik dan pekerjaan seniman pemasangan 3D.

Rigging adalah Dasar Animasi 3D

Rigging juga dikenal sebagai animasi kerangka, teknik untuk menentukan rentang tindakan dan gerakan karakter model 3D. Seniman tali-temali menerapkan teknik ini dengan menggunakan rangkaian tulang yang saling berhubungan.

Poin terpenting yang harus Anda pertimbangkan adalah bahwa tali-temali bukanlah fitur unik hanya untuk model manusia; Anda dapat memasang objek apa pun dengan tindakan. Contoh paling menakjubkan adalah galaksi, gedung, atau bahkan lampu Pixar, yang merupakan salah satu model 3D pertama dari objek yang dicurangi.

Kunci Rigging adalah 4 Hal Berikut

Untuk menyederhanakan deskripsi proses rigging adalah alur kerja produksi animasinya, kami membaginya menjadi empat komposisi utama:

1. Yang pertama disebut skinning atau mesh

Ini dimulai dengan membangun serangkaian tulang yang mewakili kerangka model (geometri poligonal). Dimulai dengan membuat dan mengatur tulang dan sendi yang direpresentasikan sebagai angker model. Kemudian, kulit menyatu dengan tulang.

rigging adalah

Sumber : Gamasutra

2. Yang kedua adalah membuat controller

Untuk mengontrol efek dari setiap bagian gerakan model dan membantu animator memahami fungsi pengontrol, mereka mewakili bentuk geometris yang berbeda. Beberapa bentuk ini didefinisikan:

  • Diamond berfungsi untuk rotasi dan translasi model. Kami menggunakannya untuk bagian tengah, tangan, dan kaki model.
  • Cube berfungsi untuk menerjemahkan kontrol.
  • Sphere berfungsi untuk rotasi. Ini digunakan sebagian besar waktu untuk leher, panggul, dan dada.
  • Trapesium berfungsi untuk persendian. Ini digunakan sebagian besar waktu untuk lutut dan siku.

Sekarang, Kita telah menyelesaikan proses mendesain kerangka. Setelah itu, rigger karakter harus menambahkan pola gerakan dan gestur wajah ke model. Hubungan antar tulang dalam setiap gerakan bersifat hierarkis, seperti hubungan orang tua-anak.

Jika Anda ingin menggerakkan bahu karakter model 3D, tulang tangan dan lengannya juga ikut bergerak. Koneksi ini menyederhanakan rigging karena rigger karakter tidak perlu mendefinisikan tindakan untuk setiap bagian kecil dari model.

Artikel Terkait  Apa itu Blender 3d dan Pro-Kontra menggunakannya

3. Yang ketiga adalah sambungan yang berbeda dengan sambungan pada langkah pertama

Sendi menentukan batasan model dalam gerakan, dan poin lain yang penting dalam langkah ini adalah pengecatan beban. Interaksi setiap bagian dari model 3D tergantung pada skala bobot. Ini berarti bahwa seberapa besar pengaruh berat suatu bagian pada tulang dalam gerakan sangat penting dalam pengaturan fisiologis yang realistis dan alami dari model.

Sebagian besar program perangkat lunak memiliki mode auto-weight-painting seperti Blender. Mereka dirancang berdasarkan teori ini bahwa sebagian besar karakter mengikuti pola kerangka terbatas yang sama. Meskipun, untuk pemasangan yang sempurna, perlu untuk menyesuaikan berat setiap tulang.

4. Yang keempat adalah Kinematika Maju dan Terbalik

Seperti disebutkan di atas, hubungan antara tulang bersifat hierarkis. Ini berarti bahwa tindakan di bagian atas model juga memengaruhi bagian bawah, yang dikenal sebagai kinematika penerusan. Di sisi lain, jika bagian bawah dianimasikan secara independen dari bagian atas, itu disebut kinematika terbalik. Proses animasi bisa lebih lugas oleh IK.

rigging adalah

Sumber : PendidikanCBA

Apa yang dilakukan rigger karakter?

Seorang rigger karakter mendesain kerangka kerangka model 3D computer-generated (CG), dan mereka menentukan batasan gerakan mereka untuk langkah selanjutnya dari pipeline animasi, yaitu menganimasikan. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang desain karakter, lihat dua panduan sempurna tentang teori warna tentang desain karakter dan bahasa bentuk ini.

Riggers mengerjakan karakter yang dirancang oleh pemodel. Setelah desain kerangka dan jaringan gerakan, animator menguji rig. Setelah perbaikan suntingan peningkatan animator, bagian rigging akan selesai.

Memilih palet warna karakter terbaik

Sebagian besar artikel dan panduan hanya memberi Anda beberapa palet warna dan meminta Anda untuk menggunakannya sesuka Anda. Di sisi lain, Anda berpikir harus bagaimana memilih warna terbaik dan kemudian berpikir untuk menggunakan template warna.

Teori warna dapat membuat atau menghancurkan desain karakter

Banyak agen pemasaran mengandalkan kekuatan animasi untuk mengomunikasikan kisah merek. Tapi bayangkan ini:

“apa yang terjadi jika Anda tidak mengikuti prinsip universal teori warna dalam mendesain karakter?”

Menurut berbagai survei pemasaran, pilihan warna yang tepat merupakan 60 persen dari kesuksesan atau kegagalan produk atau layanan. Akibatnya, warna yang tepat dalam animasi apa pun akan secara langsung memengaruhi pendapatan dan perolehan prospek klien Anda.

Seperti yang dikatakan psikolog:

“Pikiran bawah sadar kita ahli membuat makna dari berbagai warna. Jika warna membangkitkan rasa tidak suka, kita tidak akan suka menengoknya.”

Demikian juga, karakter akan terlihat salah tempat dan tidak terbayangkan jika Anda tidak mempertimbangkan psikologi teori warna selama proses desain. Kemudian, praktikkan semuanya dan pilihlah desain karakter sukses untuk Anda.

Skema warna mengkomunikasikan insentif merek
Pertimbangkan kata-kata “Cinta” dan “Suka”. Mana yang menurut Anda lebih membangkitkan perasaan dan drama? Jika Anda akan menggunakan salah satunya dalam kampanye iklan Anda, mana yang Anda pilih?

Jawabannya mungkin terdengar terlalu jelas, tetapi mari kita lihat lebih dalam.

Faber Birren, seorang ahli teori warna terkenal, menulis dalam bukunya Color Theory tentang hubungan antara warna dan pengambilan keputusan pada manusia. Sama seperti kata “cinta” dan “suka” menimbulkan emosi yang berbeda, warna seperti merah dan hitam membuat orang merasakan hal-hal tertentu.

Sekarang pertimbangkan prinsip yang sama dalam desain karakter: Jika warna karakter merek Anda tidak memiliki kekuatan untuk menginspirasi tindakan, sepertinya Anda belum pernah membuatnya. Oleh karena itu, sebagai merek, Anda ingin mendorong hubungan emosional yang aman dengan pelanggan Anda dan membujuk mereka untuk membeli atau menggunakan produk Anda.

Memilih skema warna karakter

Mari kita melangkah selangkah demi selangkah dan melihat proses apa yang harus kita lalui saat memilih skema warna karakter Anda. Pilih skema warna yang kuat sebagai dasar untuk karakter Anda.

Warna dasar, seperti namanya, adalah bahan pembangun karakter yang baik. Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah memilih warna dalam gamut warna yang sama dengan warna dasar Anda. Beberapa warna dasar terbaik untuk animasi 3D adalah:

  • Warna nada alami: Kami menyebutnya warna tanah karena didasarkan pada elemen alami lingkungan kita. Pada dasarnya, setiap warna yang mengandung beberapa warna coklat (warna tanah atau tanah), hijau (warna daun dan pepohonan), biru, warna langit, dan merah matahari dianggap warna warna bumi.
  • Warna nada permata: warna rona yang kaya dan sangat jenuh dari permata terkenal seperti biru safir, merah delima, ungu kecubung, kuning citrine, dan hijau zamrud dikenal sebagai warna nada permata.
  • Nada pastel: Mereka dianggap sebagai Pastel karena warnanya yang pucat. Mereka memiliki nilai tinggi dan saturasi rendah dan merupakan kebalikan dari warna nada permata karena kepadatan warnanya yang lebih rendah. Jenis warna ini lazim dalam desain animasi 2D.
  • Nada hangat atau dingin: Warna nada dasar dibagi menjadi tiga kategori; hangat, sejuk, dan netral. Nada hangat cenderung condong ke arah nada peachy, kuning, atau emas; warna dingin, di sisi lain, menandakan sedikit merah muda, merah atau biru; sedangkan warna netral merupakan campuran dari warna-warna tersebut.

Memilih masing-masing nada warna ini sebagai dasar untuk karakter Anda memiliki hasil yang berbeda. Itu semua tergantung pada nilai, cerita, dan pesan yang coba disampaikan oleh merek Anda. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana psikologi warna dapat memengaruhi animasi, artikel psikologi desain karakter kami telah menjelaskan topik ini.

Apakah Anda seorang pembelajar visual dan ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana teori warna memengaruhi psikologi karakter? Kami sarankan untuk memeriksa posting website Toptal yang hebat; mereka telah mengumpulkan infografis tentang teori warna untuk memahami konsep penting psikologi warna.

Tips terbaik dalam menggunakan teori warna dalam desain karakter

Tidaklah cukup untuk menciptakan karakter dengan warna-warna cerah dan menarik; apa yang lebih penting adalah bagaimana Anda menggabungkan warna yang berbeda dengan cara yang membuat dampak abadi pada klien Anda. Di sini, kami akan memberikan empat tips tentang cara memaksimalkan keberhasilan kampanye pemasaran Anda melalui kekuatan teori warna:

1. Pilih warna aksen yang melengkapi warna foundation

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih warna aksen yang menonjolkan warna foundation Anda. Warna aksen biasanya membuat warna primer lebih terlihat. Warna ini banyak digunakan untuk membuat aksesoris seperti gelang kaki, ikat pinggang, tas, dan gelang dalam desain karakter.

2. Pilih warna logam yang sesuai.

Warna logam dikenal sebagai warna yang menyerupai logam yang dipoles. Anotasi visual biasanya terkait dengan logam, terutama kilau logamnya.

Emas, perak, perunggu, besi adalah beberapa warna logam yang paling sering digunakan dalam animasi karakter. Anda juga dapat menambahkan kohesi pada kostum karakter Anda dan kemudian mencocokkan aksen logam warna permata Anda.

3. Pilih palet warna berdasarkan roda warna

Jika Anda melihat film-film Hollywood blockbuster, biasanya ada kombinasi warna teal dan oranye di latar belakang yang membuat suasana film begitu Amerika! Itu karena biru teal adalah kebalikan dari oranye pada roda warna, dan oranye hangat yang tepat dikombinasikan dengan teal menambah semangat pada ruang.

Saat memilih palet, gunakan roda warna untuk memilih warna yang cocok. Mengacu pada roda warna akan secara signifikan meningkatkan penampilan karakter dan dengan demikian membuatnya lebih menarik bagi mata manusia.

4. Pilih warna hitam dengan bijak.

Warna yang paling sering digunakan dalam desain karakter adalah hitam. Meskipun tampaknya meyakinkan untuk memilih warna hitam sebagai warna dasar Anda untuk karakter, biasanya tidak secara efektif menyampaikan cerita merek atau pesan kampanye pemasaran.

Selain itu, ini klise dan tidak membuat Anda menonjol dari pasar kompetitif iklan animasi. Lebih baik menggunakan hitam sebagai warna aksen atau warna untuk menghubungkan beberapa warna lain bersama-sama.

Jika Anda ingin menggunakan hitam sebagai warna primer, pertimbangkan untuk menggunakan palet nada gelap yang mencakup abu-abu, biru tua, dan merah tua. Ini akan memberi Anda definisi yang jauh lebih baik dan membuat tampilan yang lengkap.

Bagaimana cara menjadi rigger karakter?

Setiap desainer karakter yang bersemangat dapat bekerja di studio animasi 3D, tetapi Anda dapat menyebut diri Anda sebagai pembuat karakter profesional dengan menguasai keterampilan berikut:

  • Anatomi dan menggambar
  • Fisika dan gerakan
  • Merancang, menguji, dan memelihara penyiapan karakter
  • Mengartikulasikan karakter dalam lingkungan, tata letak, dan latar belakang
  • Pipa Animasi
  • Kerja tim
  • Bahasa pemrograman, terutama Python, untuk mengotomatisasi proses rigging di setiap langkah yang memungkinkan
  • Program perangkat lunak animasi 3D
  • Memecahkan masalah dan menjadi kreatif

Berapa gaji character rigger?

Gaji rata-rata untuk rigger karakter adalah $78.396 selama setahun di Amerika. Untuk artis senior di bidang ini, bayarannya adalah $ 127,000, dan gaji terendah untuk artis junior adalah $ 48,000.

Apa Program Perangkat Lunak Rigging 3D terbaik?

Ada banyak program perangkat lunak untuk pemasangan 3D, dan masing-masing memiliki beberapa opsi dan fitur unik. Seniman rigging 3D lebih suka bekerja dengan banyak program, dan kombinasi paling populer di antaranya di Photoshop, ZBrush, dan Maya menciptakan hasil yang fantastis.

Semua program perangkat lunak berikut memiliki fungsionalitas animasi Kerangka seperti Maya, Blender, 3Ds Max, Modo, ZBrush, Cinema 4D, dan Houdini. Sebagian besar pengembang game dan studio animasi adalah pilihan pertama Maya dan 3D Studio Max karena merupakan standar industri untuk pemodelan 3D.

Beberapa perangkat lunak rigging, seperti Moka Studio, memiliki teknologi menangkap gerakan waktu nyata yang dapat menghasilkan pengembangan yang lebih cepat dan keluaran yang jauh lebih realistis. Mixamo adalah pilihan yang sangat baik untuk memasuki dunia pemodelan dan pemasangan 3D. Ini memiliki proses pemasangan dan pengecatan beban otomatis.

Terimakasih sudah membaca sampai akhir artikel! Jangan lupa untuk rajin memantau update artikel kami hanya di website Metakey secara gratis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Augmented Reality adalah : Contoh & Perbedaan dengan VR

Augmented reality adalah teknologi perpaduan dua dan tiga dimensi (2D-3D) yang tak kalah penting di metaverse. Apa itu augmented...

Mixed Reality adalah? Pengertian dan Peranan dalam Metaverse

Mixed reality adalah teknologi dunia maya “campuran” yang membentuk metaverse. Seperti apa contoh dan kegunaan mixed reality dalam META? Dunia...

Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

Virtual reality adalah teknologi digital yang paling sering digunakan di metaverse. Sudah tahu apa pengertian virtual reality dan contohnya? Hal...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya