Media Metaverse | by APPKEY

Metaverse Design Cara Texturing 3D Model dengan Paint 3D

Cara Texturing 3D Model dengan Paint 3D

-

Saat mendesain dalam Paint 3D, tekstur dapat menambahkan detail realistis ke model 3D. Pelajari cara menambahkan texturing 3D model di Paint 3D!

Dirilis oleh Microsoft pada tahun 2016, Paint 3D adalah salah satu platform terpopuler untuk keperluan desain grafis dasar, seperti membuat gambar atau adegan 3D. Paint 3D tersedia secara gratis dari Microsoft Store dan sudah diinstal sebelumnya pada perangkat Windows modern, menjadikannya platform yang nyaman untuk desain cepat.

Platform ini dilengkapi dengan berbagai kuas, bentuk 3D, efek, dan alat lain yang memungkinkan Anda membuat adegan 3D yang rumit. Terlepas dari rangkaian alat gratisnya yang mengesankan, program ini umumnya dianggap sebagai program tingkat pemula karena kurangnya fitur yang lebih canggih seperti animasi.

Meskipun demikian, Paint 3D memang memiliki beberapa kemampuan yang lebih canggih, dan salah satu yang paling populer adalah tekstur. Tekxturing 3D model diterapkan pada permukaan model 3D untuk mengubah tampilan model dan memantulkan cahaya, tetapi bukan bentuk atau strukturnya. Menambahkan texturing 3D model adalah cara yang bagus untuk mengubah tampilan model 3D Anda atau membuat objek terlihat lebih rumit daripada desain solid aslinya.

Dasar-dasar Texturing 3D Model dalam Paint 3D

texturing 3d model

Melakukan Texturing 3D Model bisa menjadi sangat rumit saat Anda masuk ke konsep seperti pemetaan tekstur , tetapi Paint 3D memperlakukan tekstur sebagai stiker yang hanya diterapkan pada permukaan model, sehingga prosesnya menjadi sangat mudah.

Meskipun Anda dapat menambahkan tekstur 3D dasar ke objek, ini berarti Anda tidak akan memiliki kemampuan untuk menyelaraskan tekstur dengan peta UV atau melakukan proses lain yang lebih kompleks. Pada artikel ini, kita akan membahas cara menambahkan tekstur ke model 3D di Paint 3D, properti tekstur yang dapat Anda sesuaikan, dan cara menggunakan tekstur khusus.

Stiker & Texturing 3D Model

texturing 3d model

Sumber: Jackson O’Connell via All3DP.com

Klik “Stiker” dan buka tab “Tekstur” untuk mulai menambahkan tekstur permukaan. Di Paint 3D, tekstur adalah gambar 2D dasar yang membungkus model 3D untuk mengubah penampilannya. Tekstur diperlakukan seperti stiker, yang masuk akal karena keduanya mengubah penampilan model tanpa mengubah bentuk atau strukturnya. Baik tekstur dan stiker tersedia di bagian “Stiker” pada alat Paint 3D.

Artikel Terkait  Apa itu Blender 3d dan Pro-Kontra menggunakannya
Artikel Terkait  Hal-hal 3D Rigging yang Harus Anda ketahui

Di tab “Tekstur” dari menu “Stiker”, Anda akan melihat delapan tekstur default Paint 3D: Kulit Kayu, Beton, Bulu, Kerikil, Hedge, Marmer, Pasir, dan Kayu. Anda juga dapat beralih ke ikon smiley-face untuk melihat stok stiker, termasuk beberapa stiker mata yang berbeda dan beberapa desain lucu lainnya.

Untuk menerapkan tekstur default ke model 3D, prosesnya sederhana dan Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Di Paint 3D, buat atau impor model 3D yang ingin Anda terapkan teksturnya.
  2. Klik tombol “Tampilan 3D” di bagian atas layar sehingga Anda dapat mengakses semua sisi model Anda.
  3. Klik menu “Stiker” dan buka tab “Tekstur”.
  4. Klik tekstur yang ingin Anda terapkan, lalu klik objek yang ingin diberi tekstur. Paint 3D hanya memungkinkan Anda memberi tekstur pada satu model pada satu waktu, jadi Anda harus mengulangi prosesnya untuk memberi tekstur pada beberapa model. Regangkan tekstur agar sesuai dengan model Anda atau tempatkan beberapa kali.
  5. Sesuaikan ukuran tekstur Anda agar sesuai dengan objek Anda. Perhatikan bahwa Anda akan kehilangan kualitas gambar tekstur semakin Anda memperluas dimensi tekstur, jadi lebih baik menempatkan tekstur beberapa kali (lihat langkah berikutnya) untuk menghemat kualitas gambar tekstur.
  6. Pilih ikon stempel di sisi kiri gambar tekstur untuk menerapkan satu contoh tekstur.
  7. Gunakan mouse Anda untuk menavigasi model 3D Anda dan gerakkan tekstur untuk menutupi objek Anda. Lanjutkan mengklik ikon stempel sampai Anda benar-benar menutupi model 3D Anda dengan tekstur.
  8. Jika Anda tidak sengaja mengeklik penempatan tekstur, jangan khawatir! Anda dapat melanjutkan dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan dengan memilih kembali teksturnya. Setelah selesai, klik ikon tanda centang di sisi kanan gambar tekstur untuk menyelesaikan tekstur model Anda.

Dan selesai, Anda telah berhasil menerapkan tekstur pada model 3D di Paint 3D!

Artikel Terkait  Software untuk Modelling Objek 3D Terbaik

Properti

texturing 3d model

Sumber: Jackson O’Connell via All3DP.com

Anda dapat menyesuaikan opacity Stiker dan penyelesaian tekstur sebelum menempatkannya. Meskipun menambahkan tekstur dasar ke model 3D sangat mudah, Anda dapat menyesuaikan tampilan model lebih lanjut menggunakan properti tekstur. Anda dapat menemukan pengaturan tekstur ini di menu tekstur sisi kanan yang muncul saat Anda menerapkan tekstur ke model 3D.

Artikel Terkait  Tutorial Rigging Blender yang Mudah dimengerti

Pengaturan tekstur pertama yang dapat Anda ubah adalah opsi paling atas berjudul “Opasitas stiker”. Pengaturan ini mengontrol seberapa buram tekstur Anda di sekitar model Anda. Dengan demikian, semakin rendah persentase ini, model Anda akan semakin transparan, membuat tekstur kurang terlihat pada objek dan menunjukkan lebih banyak warna permukaan di bawahnya.

Di bawah pengaturan opasitas stiker adalah opsi untuk tampilan permukaan tekstur Anda, yang selanjutnya memengaruhi penampilan dan mengontrol bagaimana cahaya dipantulkan dari model Anda. Ada empat opsi yang cukup jelas, termasuk Matte (default), Gloss, Dull metal, dan Polished metal. Jika Anda ingin model Anda terlihat mengkilap, cobalah Gloss, tetapi untuk nuansa yang lebih pedesaan, cobalah salah satu dari dua opsi terakhir.

Terakhir, tombol “Buat 3D” sebenarnya bukan properti tekstur, tetapi mengontrol bagaimana tekstur ditangani pada kanvas Paint 3D. Mengklik tombol ini untuk tekstur akan membuat tekstur yang Anda pilih menjadi permukaan dalam ruang 3D yang dapat berdiri sendiri, daripada harus menempel pada model 3D lain. Anda mungkin ingin menggunakan fitur ini jika Anda menginginkan tampilan permukaan tanpa tubuh daripada menerapkan tekstur pada objek.

Tekstur Kustom

texturing 3d model

Sumber: Jackson O’Connell via All3DP.com

Anda dapat mengubah gambar yang diimpor menjadi stiker dengan mengeklik “Buat stiker”. Sementara delapan tekstur default Paint 3D sangat bagus, sebagian besar pengguna ingin memilih pola atau gambar lain untuk tekstur mereka.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menambahkan file gambar untuk digunakan sebagai stiker, dan Anda dapat mengunduh tekstur untuk tujuan ini yang dapat ditambahkan ke Paint 3D menggunakan tombol “Tambah stiker”. Bahkan, tombol “Buat stiker” akan muncul untuk gambar 2D apa pun yang ditempelkan ke Paint 3D, bahkan tangkapan layar, jadi kemungkinannya tidak terbatas!

Setelah Anda melakukan ini, Anda dapat mengakses tekstur baru Anda di bagian “Stiker khusus” dari menu “Stiker” selama sesi Anda. Ingatlah bahwa jika Anda memulai desain baru, Anda harus menambahkan kembali stiker khusus apa pun. Tapi, Anda juga bisa menggunakan Paint 3D untuk membuat tekstur asli menggunakan alat “Magic select”.

Artikel Terkait  Software untuk Modelling Objek 3D Terbaik
Artikel Terkait  Apa itu Blender 3d dan Pro-Kontra menggunakannya

texturing 3d model

Sesuaikan dimensi agar alat dapat mendeteksi apa yang ingin Anda isolasi (Sumber: Jackson O’Connell via All3DP.com)

Alat pilih Ajaib dapat secara otomatis mengisolasi fitur tertentu dari gambar yang diimpor. Ini berarti, misalnya, Anda dapat mengambil foto taman Anda, lalu mengisolasi bagian rumput untuk diterapkan sebagai tekstur pada objek lain.

Di bawah, kami telah membahas bagaimana Anda dapat menggunakan alat pilih Ajaib untuk mengekstrak area dari gambar dan menggunakannya sebagai tekstur:

  1. Buka Paint 3D dan impor gambar yang teksturnya ingin Anda ambil.
  2. Klik pada alat “Magic select” yang terletak di kiri atas jendela.
  3. Sesuaikan area fokus di sekitar bagian gambar yang ingin Anda isolasi dan ekstrak, dan klik “Berikutnya”.

texturing 3d model

Tempatkan tekstur pada model Anda dan klik ikon tanda centang untuk menerapkannya (Sumber: Jackson O’Connell via All3DP.com)

  1. Gunakan kuas “Tambah” dan “Hapus” untuk menyesuaikan area yang diisolasi oleh Paint 3D, lalu klik “Selesai”.
  2. Pilih “Buat stiker”.
  3. Terapkan stiker ke model 3D menggunakan langkah-langkah yang diuraikan di atas.

Jangan lupa bahwa Anda juga dapat menyesuaikan properti tekstur untuk tekstur gambar khusus seperti yang dapat Anda lakukan dengan opsi default! Anda juga dapat menggunakan alat di bagian “Kuas” untuk menyempurnakan model bertekstur jika tekstur Anda tidak sempurna.

Sekian artikel tentang Texturing 3D Model dalam software Paint 3D, semoga bisa membantu Anda untuk memberikan tekstur kedalam objek 3D Anda. Terimakasih sudah membaca sampai akhir artikel kali ini, jangan lupa untuk selalu mengikuti update artikel METAKEY karena tiap harinya akan memberikan Anda ilmu baru yang bermanfaat. Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Inilah Daftar 10 Aplikasi Buat Avatar Metaverse di Android dan iOS

Aplikasi buat avatar? Apa saja itu? Tapi sebelum masuk ke pembahasan tersebut, apakah Anda masih ingat apa itu avatar...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Panduan Cara Buat Avatar di Metaverse, Praktis!

Semua orang kini menjadi aware dengan Metaverse. Untuk Anda yang belum tahu apa sih itu Metaverse? Metaverse adalah sebuah...

Tutorial Belajar Unity 3D untuk Pemula

Belajar Unity sangat penting untuk memiliki akses ke mesin yang memenuhi persyaratan minimum untuk belajar Unity. Pengetahuan prasyarat dasar...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya