Media Metaverse | by APPKEY

Metaverse Design Tutorial Rigging Blender yang Mudah dimengerti

Tutorial Rigging Blender yang Mudah dimengerti

-

Rigging biasanya digunakan dalam animasi, tetapi juga penting untuk simulasi di Blender. Simak artikel kali ini untuk mengetahui tutorial rigging Blender untuk melengkapi pengalaman pemodelan Anda.

Mengapa Harus Mengetahui Tutorial Rigging Blender terlebih dahulu?

Rigging diperlukan untuk animasi dan simulasi fisika di Blender, tetapi biasanya dilakukan untuk dapat menganimasikan sebuah model, bahkan model yang lebih kompleks seperti tubuh manusia. Rigging memberikan artikulasi model yang solid pada titik-titik tertentu dengan cara tertentu, biasanya untuk mensimulasikan semacam kerangka biologis.

Sebelum mulai memasang model, Anda harus memikirkan bagian mana yang harus bergerak dengan cara apa. Sebagai contoh, jika kita memiliki laptop, satu-satunya hal yang harus bisa bergerak, dalam hal ini berputar, adalah layar saat laptop dibuka atau ditutup.

Untuk tubuh manusia, pengetahuan menengah tentang anatomi manusia membantu jika Anda mencoba membuat model yang realistis. Jika tidak, proses rigging yang sebenarnya relatif mudah. Di bagian berikut, kami akan memandu Anda tentang cara memasang model Anda sendiri.

Jika Anda tidak memiliki model untuk dicoba, ambil model yang Anda suka dari daftar situs model Blender terbaik.

Baca juga : Rigging adalah Hal mudah Jika Anda Mengikuti Langkah ini

Tutorial Rigging Blender : Membuat Armature

 

tutorial rigging blender

Model manusia dengan rig. (Sumber: Blender Stack Exchange)

Dengan model manusia Anda siap, buka Blender. Perhatikan bahwa kita akan menggunakan Blender 2.8 untuk panduan ini, meskipun langkah-langkahnya tidak akan banyak berbeda untuk versi Blender sebelumnya.

Pertama, kita perlu membuat angker:

  1. Pilih modelnya, lalu masuk ke Object Mode.
  2. Tekan “Ctrl + Numpad 3” untuk masuk ke tampilan samping.
  3. Pilih Tampilan Wireframe.
  4. Tekan “Shift + A” untuk menambahkan angker. Selamat, Anda sekarang memiliki tulang inti untuk model Anda!

Armature pada dasarnya adalah kumpulan tulang. Ini adalah “dasar” untuk semua rigging Anda pada model ini.

Tutorial Rigging Blender : Menempatkan dan Menambahkan Tulang

 

tutorial rigging blender

Model manusia yang dicurangi lebih lengkap. (Sumber: answer.unity.com)

Dengan tulang pertama yang dibuat, saatnya untuk menempatkannya di tengah model kita.

  1. Masuk ke Edit Mode dan pilih tulangnya, lalu pindahkan ke tengah. Untuk tubuh manusia, pusat ini harus di panggul.
  2. Anda dapat menggerakkan tulang dengan dua cara berbeda. Jika Anda memilih alasnya, seluruh tulang akan bergerak. Jika tidak, memilih ujung hanya memindahkan bagian itu.

Untuk langkah selanjutnya, kita perlu membuat lebih banyak tulang:

  1. Pilih ujung tulang dan tekan “Shift + E”. Setelah melakukannya, tulang baru akan dikeluarkan dari ujungnya dan Anda akan dapat menempatkannya berdekatan dengan tulang pertama yang Anda buat.
  2. Terus lakukan ini untuk semua tulang dalam kerangka model. Untuk tubuh manusia, Anda akan ingin naik ke tulang rusuk sampai Anda mencapai leher.

Tutorial Rigging Blender : Parenting dan Unparenting Bones

 

tutorial rigging blender

Sebuah tangan dengan tulang bernama dan rig. (Sumber: Pinterest)

Meskipun kita bisa memiliki seluruh rig yang terbuat dari tulang yang terhubung, terkadang ini melelahkan, tidak perlu, dan tidak praktis. Solusi untuk ini disebut parenting. Parenting memungkinkan Anda membuat tulang yang terisolasi dan memasukkannya ke rig utama, secara efektif tetapi tidak secara fisik menjadikannya bagian dari rig utama.

Ini bisa sangat berguna untuk model di mana tulang biasanya tidak terhubung satu sama lain, jadi Anda tidak perlu membuat tulang yang tidak perlu di antaranya untuk menghubungkannya.

Mengasuh tulang sangat sederhana:

  1. Pilih tulang yang ingin Anda jadikan sebagai induk.
  2. Klik ikon tulang di menu kanan Blender. Di bawah bagian Relasi, Anda akan melihat kotak yang bertuliskan “Induk”.
  3. Klik pada ruang kosong di dalam kotak dan pilih tulang yang Anda inginkan untuk menjadi “anak”-nya.

Membatalkan pengasuhan bahkan lebih mudah: Cukup buka kotak yang sama dan hapus tulang induk saat ini jika ada.

Tutorial Rigging Blender : Mencerminkan Tulang

Tampilan gambar rangka model kelinci dengan setengah rig. (Sumber: Blender Stack Exchange)

Bagi Anda yang bekerja dengan model yang sangat kompleks tetapi simetris, ada cara cepat untuk membuat tulang menjadi simetris tanpa harus membuatnya dari awal:

  1. Pergi ke Object Mode dan pilih kerangka Anda.
  2. Masuk ke Edit Mode dan pilih tulang yang ingin Anda cerminkan.
  3. Klik kanan dan pilih “Simetris”.

Tutorial Rigging Blender : Menamai Tulang

 

tutorial rigging blender

Sebuah rig dengan tulang bernama. (Sumber: docs.blender.org)

Untuk memberi nama atau mengganti nama tulang, Anda cukup mengkliknya dan menyesuaikan nama di menu tulang, yang terletak di sebelah kanan, secara default. Beri nama setiap tulang sesuai dengan tempatnya dalam model Anda. Untuk tulang yang dicerminkan, Anda perlu menambahkan “.L” atau “.R” ke nama untuk memberi tahu Blender sisi mana (kiri atau kanan) tulang itu berada.

Jika Anda baru memulai dengan Blender, Anda akan menemukan  tutorial Blender 2.8 ini bermanfaat.

Cara Membuat Tulang untuk Rigging di Blender: Panduan Langkah-demi-Langkah

Sebelum Anda dapat mulai memasang dan menganimasikan model Anda, Anda perlu mempelajari cara menambahkan tulang. Baik Anda membutuhkan adegan realistis atau karakter animasi untuk game indie, Blender adalah solusi lengkap untuk mendesain aset semacam itu.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari proses penambahan tulang ke model Anda, dimulai dengan melihat lebih dekat pada konsep angker. Kemudian, kita akan melalui langkah-langkah mendasar seperti cara menambahkan, membingkai, mengekstrusi, dan mengkategorikan tulang, serta melihat beberapa tip terakhir.

Armature dan Tulang di Blender

Armature adalah jenis objek di Blender, lebih khusus lagi, itu adalah struktur seperti kerangka yang terdiri dari tulang-tulang yang terhubung. Sederhananya, Anda dapat menggunakan tulang di angker untuk mengubah bentuk benda lain. Ini mulai digunakan saat Anda ingin membuat kontrol seperti boneka untuk animasi karakter Anda.

Armature terbuat dari tulang yang bertindak sebagai elemen unit, seperti tulang pada kerangka manusia. Ada kepala dan ekor, yang merupakan awal dan akhir dari tulang, dan mereka dapat dipindahkan dan diskalakan sesuai kebutuhan saat tubuh menghubungkannya. Karena mereka bertindak seperti objek lain di Blender, ini berarti mereka juga dapat diputar.

Ini adalah salah satu langkah dasar pertama untuk memasang model Anda serta kemudian berpose dan menghidupkan. Sekarang setelah kita menyelesaikannya, mari kita mempelajari bekerja dengan Blender tulang.

Artikel Terkait  6 Cara Membuat NFT Art, Tanpa Ribet!

Langkah 1: Tambahkan

Pertama, kita perlu menambahkan tulang. Untuk menambahkan tulang, ikuti langkah-langkah di berikut:

  1. Masuk ke mode Object dengan menekan tombol T ab .
  2. Tekan Shift + A untuk membuka menu Tambah . Perlu dicatat bahwa ada berbagai pintasan yang berguna di Blender, untuk melihat pintasan ini, lihat artikel kami tentang Pintasan Keyboard Blender 3.0.
  3. Arahkan ke dan klik pada opsi Armature , ini akan menambahkan satu tulang ke tempat kejadian.

Langkah 2: Frame

Sekarang setelah Anda menambahkan tulang, saatnya untuk membingkainya. Untuk melakukannya, pastikan Anda berada dalam mode Edit dengan menggunakan tombol Tab . Dalam contoh ini, kami telah menggunakan lengan karakter yang dimodelkan di Blender.

Untuk membingkai tulang Anda, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Pilih seluruh tulang dengan menekan tombol A.
  2. Putar dengan tombol R.
  3. Terakhir, ambil dan gerakkan dengan menekan tombol G saat menggunakan mouse untuk menggerakkan dan menyelaraskannya dengan model.

Langkah 3: Ekstrusi

Untuk langkah selanjutnya, saatnya untuk mengekstrusi tulang. Kami akan menggunakan satu tulang sebagai contoh. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pastikan untuk tidak mengubah mode dan biarkan dalam mode Edit .
  2. Klik pada tulang Anda, dan kemudian, untuk mengusir, cukup tekan E . Anda akan melihat bahwa tulang baru telah dibuat yang sekarang terhubung ke tulang pertama. Tulang ini dapat diskalakan dan disejajarkan dengan tepat; dalam contoh ini, kami telah menyelaraskannya ke lengan atas model karakter kami.
  3. Sekarang, keluarkan tulang itu untuk membuat beberapa jari; ini dapat disejajarkan dengan jari-jari karakter.
  4. Setelah menyelaraskan tulang dengan model, tetap dalam mode Edit, dan keluarkan setiap tulang satu per satu.
  5. Skala tulang dengan kunci S.

Setelah Anda menambahkan semua tulang yang dibutuhkan untuk lengan, saatnya untuk mengkategorikannya.

Langkah 4: Kategorikan

Selama proses pemasangan, hal-hal mungkin menjadi rumit karena lebih banyak tulang yang terlibat. Untuk mengurangi masalah ini, kita perlu mengkategorikan tulang, dimulai dengan mengganti nama mereka.

Untuk mengkategorikan tulang Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik pada tulang yang ingin Anda ganti namanya.
  2. Arahkan ke garis luar. Ini adalah bagian yang menunjukkan semua objek yang ada dalam pemandangan sebagai daftar di kanan atas area pandang 3D (ditunjukkan pada gambar di atas).
  3. Sekarang, klik dua kali pada tulang yang disorot dan ganti namanya.
  4. Tulang yang berbeda dapat dikategorikan dengan menempatkan mereka dalam koleksi. Klik kanan pada tulang di garis luar dan pilih Koleksi Baru dari menu. Koleksi baru akan dibuat, dan tulang yang dipilih akan ditambahkan ke dalamnya. Untuk menambahkan lebih banyak tulang, cukup pindahkan ke dalam koleksi.
  5. Masuk ke mode Object dengan menekan tombol Tab.
  6. Tekan A untuk memilih semuanya (baik model maupun angker).
  7. Induk objek dengan menekan Ctrl + P.
  8. Sekarang, pilih With Automatic Weights di bawah menu Set Parent To.

Selamat, Anda telah berhasil menambahkan tulang ke model Anda di Blender!

Tips-tips Membuat Tulang di Rigging Blender

Proses menambahkan tulang bisa jadi rumit, jadi kami telah mengumpulkan beberapa tips untuk Anda.

Mengunci

Untuk mencegah perubahan yang tidak diinginkan saat mengerjakan tulang lain, Anda mungkin ingin “mengunci” tulang. Saat dalam mode Edit, cukup tekan Shift + W dan pilih Lock. Untuk menonaktifkannya, perluas Context Collection Boolean Set (ini akan muncul setelah Anda mengunci tulang), lalu klik Disable.

Menduplikasi

Sama seperti Anda dapat menduplikasi objek, Anda dapat melakukan hal yang sama untuk tulang. Ini sangat berguna jika model Anda memiliki lebih dari satu bagian yang sama, seperti lengan atau kakinya. Alih-alih melakukan semua itu bekerja dua kali, Anda dapat menduplikasinya saat dalam mode Edit. Tekan Shift + D, dan sekarang, tulang yang dipilih akan diduplikasi. Anda kemudian dapat memindahkan dan menyelaraskannya dengan model Anda.

Mirroring

Saat Anda menjadi model, Anda tahu bahwa tidak perlu melakukan pekerjaan dua kali lipat saat Anda dapat menggunakan pengubah cermin. Demikian juga, Anda dapat membuat tulang untuk satu sisi model Anda, lalu memilih untuk mencerminkannya untuk melengkapi sisi lainnya.

Saat dalam mode Edit, pilih semua tulang yang ingin Anda cerminkan. Kemudian klik kanan, pilih Armature Context Menu, arahkan kursor ke Mirror, dan pilih sumbu di mana tulang akan dicerminkan.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah melalui langkah-langkah mendasar tentang tutorial rigging blender. Kami kemudian menunjukkan kepada Anda cara mempersiapkannya untuk pemasangan dengan mengelompokkannya di garis luar.

Apa yang kamu tunggu? Muat Blender, ikuti panduan ini, dan siapkan model Anda untuk dihidupkan! Dan terimakasih sudah membaca sampai akhir artikel ya! Jangan lupa untuk mengikuti update artikel kami hanya di website Metakey secara gratis. Sampai jumpa di next artikel!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Mixed Reality adalah? Pengertian dan Peranan dalam Metaverse

Mixed reality adalah teknologi dunia maya “campuran” yang membentuk metaverse. Seperti apa contoh dan kegunaan mixed reality dalam META? Dunia...

Augmented Reality adalah : Contoh & Perbedaan dengan VR

Augmented reality adalah teknologi perpaduan dua dan tiga dimensi (2D-3D) yang tak kalah penting di metaverse. Apa itu augmented...

Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

Virtual reality adalah teknologi digital yang paling sering digunakan di metaverse. Sudah tahu apa pengertian virtual reality dan contohnya? Hal...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya