Media Metaverse | by APPKEY

Metaverse Game Tutorial Unreal Engine 4 untuk Pemula

Tutorial Unreal Engine 4 untuk Pemula

-

Unreal Engine 4 adalah kumpulan alat game developer yang mampu menghasilkan segalanya, mulai dari game seluler 2D hingga konsol AAA. Ini adalah software di balik judul-judul game keren seperti ARK: Survival Evolved, Tekken 7 dan Kingdom Hearts III.

Developing proyek di Unreal Engine 4 sangat sederhana untuk pemula. Dengan penggunaan sistem Blueprints Visual Scripting, Anda dapat membuat seluruh game atau metaverse tanpa menulis satu baris kode apa-pun! Dikombinasikan dengan interface yang mudah digunakan, Anda dapat dengan cepat menjalankan dan menjalankan prototipe.

Tutorial Unreal Engine 4 ini difokuskan untuk membantuAnda para pemula dalam memulai penggunaan software ini. Berikut adalah poin-poin penting yang akan dibahas dalam artikel tutorial kali ini:

  • Memasang mesin
  • Mengimpor aset
  • Membuat material
  • Menggunakan Blue Print untuk membuat objek dengan fungsionalitas dasar

Yuk simak untuk lanjut ke tutorialnya!

Memasang Unreal Engine 4

Unreal Engine 4 menggunakan Epic Games Launcher untuk instalasi, jadi sebelumnya buka situs web Unreal Engine dan klik tombol Get Unreal di sudut kanan atas. Anda harus membuat akun sebelum dapat mengunduh launcher. Setelah Anda membuat akun, unduh launcher untuk sistem operasi Anda.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal launcher, buka. Jendela berikut akan muncul halaman regristrasi. Masukkan email dan kata sandi yang Anda gunakan untuk mengunduh launcher dan klik Masuk. Setelah masuk, jendela ini akan muncul:

unreal engine 1

Sumber : unrealengine.com

Di pojok kiri atas, klik Pasang Mesin. Launcher akan membawa Anda ke layar tempat Anda dapat memilih komponen mana yang akan dipasang.

Membuat Proyek Unreal Engine 4

Klik salah satu tombol Luncurkan untuk membuka Browser Proyek. Setelah terbuka, klik tab Proyek Baru.

unreal engine 2

Sumber : unrealengine.com

Klik tab Blue print. Di sini, Anda dapat menggunakan salah satu template. Namun, karena Anda memulai dari awal, pilih template Kosong. Gunakan itu untuk membuat folder dan mengatur file Anda, lalu cari file Anda dengan menggunakan bilah pencarian atau dengan menggunakan filter yang ada dalam layer Anda.

  1. Mode: Panel ini memungkinkan Anda memilih antara alat seperti Alat Lansekap dan Alat Dedaunan. Alat Tempat adalah alat default, ini memungkinkan Anda untuk menempatkan berbagai jenis object ke level Anda seperti lampu dan kamera.
  2. World Outliner: Menampilkan semua object di level saat ini. Anda dapat mengatur daftar dengan meletakkan item terkait ke dalam folder. Juga memiliki kemampuan untuk mencari dan menyaring berdasarkan jenis.
  3. Detail: Object apa pun yang Anda pilih akan ditampilkan propertinya di sini. Gunakan panel ini untuk mengedit pengaturan object. Perumaterial yang dibuat hanya akan memengaruhi instance object tersebut. Misalnya, jika Anda memiliki dua bola dan mengubah ukurannya, Anda hanya akan memengaruhi object yang dipilih.
  4. Toolbar: Berisi berbagai fungsi yang berbeda, yang paling sering akan Anda gunakan adalah “Play”.
  5. Viewport: Ini adalah tampilan level Anda. Anda dapat melihat-lihat dengan menahan klik kanan dan menggerakkan mouse Anda. Untuk memindahkan, tahan klik kanan dan gunakan tombol “WASD” di keyboard.

Mengimpor Aset

Apa gunanya memiliki meja putar tanpa apa pun untuk ditampilkan? Download model pisang ini . Di dalamnya ada dua hal yaitu: Banana_Model.fbx dan Banana_Texture.jpg. Sebelum Unreal engine dapat menggunakan file apa pun, Anda perlu mengimpornya terlebih dahulu.

  • Arahkan ke Browser Konten dan klik Impor menggunakan file browser
  • Cari folder tempat Banana_Model.fbx dan Banana_Texture.jpg berada
  • Seret-pilih kedua file dan klik Buka.

Unreal engine akan memberi Anda beberapa opsi impor untuk file .fbx. Pastikan Material Impor tidak dicentang karena Anda akan membuat materialsendiri. Anda dapat membiarkan pengaturan lainnya. Setelah klik Impor, kedua file sekarang akan muncul di Browser Konten Anda.

unreal engine 3

Sumber : unrealengine.com

Saat Anda mengimpor file, itu sebenarnya tidak disimpan ke dalam proyek Anda sampai Anda melakukannya secara eksplisit. Anda dapat menyimpan file dengan mengklik kanan file dan memilih Simpan. Pastikan Anda sering klik “save”!

Perhatikan bahwa di Unreal, model disebut meshes. Jadi sekarang setelah Anda memiliki mesh untuk pisang Anda, saatnya untuk menempatkannya ke dalam level.

Menambahkan Mesh Ke Level

Levelnya terlihat cukup kosong saat ini, jadi mari kita tingkatkan. Untuk menambahkan mesh ke dalam level, klik kiri dan seret Banana model dari Content Browser ke Viewport. Lalu lepaskan klik kiri akan menempatkan mesh.

Object dalam level dapat dipindahkan, diputar, dan diskalakan. Pintasan keyboard untuk ini adalah W, E dan R. Selamat berekspresi!

Artikel Terkait  12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Tentang Material

Jika Anda melihat lebih dekat pada pisang, Anda akan melihat bahwa itu tidak kuning sama sekali! Bahkan, hampir terlihat abu-abu. Untuk memberi warna dan detail pada pisang, Anda perlu membuat material.

Apa itu Material?

Material menentukan bagaimana permukaan sesuatu terlihat. Pada tingkat dasar, material mendefinisikan empat hal:

  • Warna Dasar: Warna atau tekstur permukaan digunakan untuk menambah detail dan variasi warna untuk proyek Anda.
  • Metalik: Bagaimana “seperti logam” suatu permukaan. Umumnya, logam murni akan memiliki nilai Logam maksimum sedangkan kain akan memiliki nilai nol.
  • Specular: Mengontrol kilap permukaan non-logam. Misalnya, keramik akan memiliki nilai Specular yang tinggi tetapi tanah liat tidak.
  • Contras: Permukaan dengan contras maksimum tidak akan memiliki kilau, hal ini digunakan untuk permukaan seperti batu dan kayu.

Di bawah ini adalah contoh dari tiga material yang berbeda. Setiap material memiliki nilai yang tinggi untuk atributnya masing-masing, atribut lainnya disetel ke “nol”.

unreal engine 4
Sumber : raywenderlich.com

Membuat Material

Untuk membuat materi, buka Browser Konten Anda dan klik tombol hijau Tambah Baru. Sebuah menu akan muncul dengan daftar aset yang dapat Anda buat, Klik Material. Lalu beri nama material “Banana Material” lalu double klik  file tersebut untuk membukanya di editor material.

Editor Material

Editor material terdiri dari empat panel utama:

unreal engine 5

Sumber : raywenderlich.com

  1. Grafik: Panel ini akan berisi semua simpul Anda dan simpul Hasil. Geser dengan menahan klik kanan dan gerakkan mouse Anda. Zoom dengan menggulir roda mouse Anda.
  2. Detail: Setiap node yang Anda pilih akan memiliki properti yang ditampilkan di sini. Jika node tidak dipilih, panel akan menampilkan properti material sebagai gantinya.
  3. Viewport: Berisi mesh pratinjau yang akan menampilkan materialAnda. Putar kamera dengan menahan klik kiri dan gerakkan mouse Anda. Zoom dengan menggulir roda mouse Anda.
  4. Palette: Daftar semua node yang tersedia untuk materialAnda.

Apa itu Node?

Sebelum Anda mulai membuat materialAnda, Anda perlu tahu tentang object yang digunakan untuk membuatnya. Node membentuk sebagian besar material. Banyak jenis node yang tersedia dan menawarkan fungsionalitas yang berbeda.

Node dapat memiliki input dan output, diwakili oleh lingkaran dengan panah. Berikut adalah contoh menggunakan simpul Multiply dan Constant3Vector untuk menambahkan warna kuning ke tekstur.

Material memiliki simpul khusus yang disebut simpul Hasil, yang telah dibuat untuk Anda dalam hal ini sebagai “Banana_Material”. Apa pun yang Anda masukkan ke simpul ini akan menentukan bagaimana material akhir akan Nampak terlihat.

Menambahkan Tekstur

Untuk menambahkan warna dan detail pada model, Anda memerlukan tekstur. Tekstur hanyalah gambar 2D, mereka diproyeksikan ke model 3D untuk memberikan warna dan detail supaya lebih terlihat nyata.

Untuk tekstur pisang, Anda akan menggunakan Banana_Texture.jpg . Node TextureSample akan memungkinkan Anda untuk menggunakan node tekstur dalam material yang Anda gunakan.

Arahkan ke panel Palette dan cari TextureSample. Tambahkan simpul dengan menahan klik kiri dan seret ke dalam grafik. Untuk memilih tekstur, pastikan Anda telah memilih node TextureSample. Navigasikan ke panel Detail Anda dan klik tarik-turun yang terletak di sebelah kanan Tekstur.

Menu yang muncul akan mencantumkan semua tekstur dalam proyek Anda. Pilih Banana_Texture.

unreal engine 6

Sumber : raywenderlich.com

Untuk melihat tekstur pada mesh pratinjau, Anda perlu menghubungkannya ke node result. Tahan klik kiri pada pin output putih dari node TextureSample. Seret ke pin input Warna Dasar dari simpul Hasil.

Kembali ke Viewport untuk melihat tekstur pada mesh pratinjau lalu putar di sekitar (dengan menahan tombol kiri mouse dan seret) untuk melihat detail lainnya. Klik Terapkan di Bilah Alat untuk memperbarui materialAnda, dan tutup editor Material.

Menggunakan Material

Untuk menggunakan material Anda dengan pisang, Anda perlu menetapkannya. Editor berikut akan muncul:

unreal engine 7

Sumber : unrealengine.com

Buka panel Detail dan temukan bagian Material. Klik drop-down yang terletak di sebelah kanan Element 0 dan pilih “Banana_Material”.

Tutup editor mesh lalu kembali ke editor utama dan lihat Viewport, maka Anda akan melihat bahwa pisang Anda sekarang memiliki tekstur yang cantik. Selamat, Anda sekarang memiliki semua yang diperlukan untuk menjadi desainer level!

Jika pencahayaan terlalu gelap, Anda dapat mengubahnya dengan membuka World Outliner dan mengklik Light Source. Di panel Detail, temukan pengaturan Intensitas dan atur ke nilai yang lebih tinggi.

Tentang Blue Print

Meskipun pisang terlihat luar biasa, itu akan terlihat lebih baik berputar di atas meja putar. Membuatnya mudah menggunakan Blue print.

Dalam pengertian yang paling sederhana, Blue print mewakili ‘sesuatu’ dan Blue print memungkinkan Anda membuat perilaku khusus untuk object Anda. Object Anda bisa berupa sesuatu yang fisik (seperti meja putar) atau sesuatu yang abstrak seperti sistem kesehatan.

Ingin membuat mobil bergerak? Membuat Blue print. Bagaimana dengan babi terbang? Gunakan Blue print. Bagaimana dengan anak kucing yang meledak karena benturan? Blue print.

Sama seperti material, Blueprint menggunakan sistem berbasis node. Ini berarti yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat simpul dan menautkannya; tidak perlu pengkodean! Jika Anda lebih suka menulis kode, Anda dapat menggunakan C++ sebagai gantinya.

Meskipun Blueprint mudah digunakan, mereka tidak secepat kode C++. Jadi, jika Anda perlu menggunakan sesuatu yang berat secara komputasi seperti algoritma yang kompleks, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan C++.

Bahkan jika Anda lebih suka menggunakan C++, ada kalanya menggunakan Blue print adalah ide yang bagus. Berikut adalah beberapa manfaat dari Blueprint: Secara umum, pengembangan menggunakan Blueprints lebih cepat daripada C++.

Dengan organisir yang mudah, Anda dapat memisahkan node Anda ke dalam area yang berbeda seperti fungsi dan grafik. Jika Anda bekerja dengan non-programmer, memodifikasi Blue print itu mudah karena sifatnya yang visual dan intuitif.

Pendekatan yang baik adalah membuat object Anda menggunakan Blue print. Saat Anda membutuhkan kinerja ekstra, konversikan ke C++.

Membuat Blue print

Buka Browser Konten dan klik Tambah Baru. Dari daftar, pilih Kelas Blue print. Sebuah jendela akan muncul meminta Anda untuk memilih kelas induk.

Blue print Anda akan mewarisi semua variabel, fungsi, dan komponen dari kelas induk yang Anda pilih. Luangkan waktu sejenak untuk membaca apa yang dilakukan setiap kelas.

Karena Anda dapat menempatkan dan menelurkan kelas Pion dan Karakter, mereka juga merupakan Aktor. Karena turntable hanya akan bertahan di satu tempat, kelas Aktor adalah yang paling tepat.

unreal engine 8
Sumber : unrealengine.com

Terakhir, klik dua kali pada Banana_Blueprint untuk membukanya, lalu klik Open Full Blueprint Editor.

Editor Blue print

Pertama, pastikan Anda telah memilih tab Event Graph di editor Blueprint. Editor Blueprint memiliki empat panel utama:

unreal engine 9

Sumber : raywenderlich.com

  1. Komponen: Berisi daftar komponen saat ini.
  2. Blue print Saya: Bagian ini terutama digunakan untuk mengelola grafik, fungsi, dan variabel Anda.
  3. Details: Ini akan menampilkan properti dari item yang dipilih saat ini.
  4. Grafik: Di sinilah keajaiban terjadi, karena semua simpul dan logika Anda masuk ke sini. Lalu geser dengan menahan klik kanan dan gerakkan mouse Anda dan Anda bisa Zoom dengan menggulir roda mouse Anda!
  5. Viewport: Setiap komponen yang memiliki elemen visual akan muncul di sini. Anda dapat bergerak dan melihat-lihat menggunakan kontrol yang sama seperti Viewport di editor utama.

Yup itu semua sekilas tentang tutorial Unreal Engine 4 yang mudah difahami bahkan untuk pemula. Jika Anda menyukai artikel kali ini, jangan lupa untuk selalu mengikuti Metakey karena akan selalu memberikan informasi yang Anda cari-cari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Inilah Daftar 10 Aplikasi Buat Avatar Metaverse di Android dan iOS

Aplikasi buat avatar? Apa saja itu? Tapi sebelum masuk ke pembahasan tersebut, apakah Anda masih ingat apa itu avatar...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Panduan Cara Buat Avatar di Metaverse, Praktis!

Semua orang kini menjadi aware dengan Metaverse. Untuk Anda yang belum tahu apa sih itu Metaverse? Metaverse adalah sebuah...

Tutorial Belajar Unity 3D untuk Pemula

Belajar Unity sangat penting untuk memiliki akses ke mesin yang memenuhi persyaratan minimum untuk belajar Unity. Pengetahuan prasyarat dasar...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya