Media Metaverse | by APPKEY

Metaverse Security Fungsi Blockchain Data dalam Dunia Metaverse

Fungsi Blockchain Data dalam Dunia Metaverse

-

Blockchain data mempunyai sejumlah fungsi penting di metaverse, salah satunya adalah untuk membangun sistem keamanan META. Apa itu blockchain dan cara kerjanya di metaverse?

Selain bermanfaat dalam crypto, sistem blockchain juga berfungsi dalam pengembangan metaverse, lho. Tanpa adanya teknologi ini, maka metaverse mustahil untuk bekerja dengan optimal.

Yuk langsung cari tahu apa itu blockchain, fungsi, serta manfaatnya dalam metaverse di ulasan berikut ini!

Apa Itu Blockchain Data?

blockchain data

Blockchain data adalah teknologi sistem penyimpanan data digital yang bekerja secara desentral. Maksudnya adalah, seluruh data yang tersimpan di blockchain akan tersebar merata alih-alih terpusat di suatu titik.

Di samping itu, sistem blockchain bekerja dengan sistem kriptografi. Metode tersebut memungkinkan seluruh penggunanya mengatur sendiri distribusi data, tanpa campur tangan pihak ketiga.

Sejarah Penemuan Blockchain Data

Terdapat beberapa versi sejarah penemuan teknologi blockchain. Ada yang menyatakan bahwa konsep pertama blockchain muncul pertama kali pada tahun 1992.

Namun, informasi yang lebih banyak dipercaya adalah blockchain diciptakan pada tahun 2008 oleh Satoshi Nakamoto. Blockchain dirancang sebagai sebuah buku besar transaksi digital yang dapat merekam serta menyimpan berbagai data dengan aman.

Ia juga hadir sebagai solusi untuk mengatasi pembayaran berlebih (double spending) yang sering terjadi pada transaksi digital akibat kehadiran pihak ketiga. Dengan blockchain, pengguna bebas melakukan pembayaran online tanpa perlu membayar biaya administrasi tambahan.

Sampai saat ini masih belum diketahui apakah Nakamoto tersebut merupakan individu atau kelompok. Pasalnya, nama tersebut adalah nama rekaan (cyber), bukan nama asli.

Cara Kerja Blockchain Data di Metaverse

Sistem blockchain di metaverse tidak jauh berbeda dengan cara kerja blockchain crypto biasa. Berikut gambaran sederhana kinerja blockchain pada dunia metaverse:

Sesuai namanya, blockchain terdiri atas dua komponen yakni ‘block’ (grup; kelompok) dan ‘chain’ (rantai). Kurang lebih, blockchain berupa rantai panjang yang dibuat dengan komputer, dan terdiri atas kelompok-kelompok data yang saling terhubung.

Rangkaian mata rantai blok ini juga dilengkapi dengan algoritma tersendiri, sehingga bisa mengatur, menjalankan, menyimpan, hingga memverifikasi data secara otomatis.

Seluruh data yang dimasukkan ke blockchain akan melewati proses verifikasi terlebih dahulu. Setelahnya, sistem akan “membaca” dan “mengeksekusi” perintah dari user. Begitu selesai, Anda dapat mengecek hasilnya melalui perangkat yang terhubung ke sistem blockchain.

4 Fungsi Utama Blockchain Data di Metaverse

Apa sajakah fungsi dan peranan blockchain di metaverse? Jawabannya ada banyak sekali.
Berikut adalah fungsi-fungsi utama dari blockchain data dalam dunia metaverse:

Artikel Terkait  Tutorial Belajar Unity 3D untuk Pemula

1. Menjadi Infrastruktur Dasar Transaksi Metaverse

Penggunaan blockchain memungkinkan masyarakat bertransaksi di metaverse dengan lebih aman dan gampang. Namun transaksi tersebut tentunya hanya bisa dilakukan dalam bentuk cryptocurrency saja, seperti memperjualbelikan NFT (Non Fungible Token).

Blockchain mampunyai fitur ‘identity management’ yang akan membantu memverifikasi dan mengawasi seluruh transaksi metaverse. Dengan begini, kecurangan transaksi dapat terhindar.

2. Merupakan Fitur Keamanan Metaverse

Metaverse kaya akan data-data penting dan aset NFT berharga. Maka dari itu, penyimpanannya wajib dilakukan seketat mungkin agar sulit dibobol hacker.

Beruntungnya, blockchain adalah teknologi pencatatan data yang permanen sekaligus transparan. Penggunaannya sudah terbukti ampuh memaksimalkan pengamanan aset kripto mahal, sebab sistem catatan terdesentralisasi sangat sulit untuk diretas.

Maka dari itu blockchain akan sangat berguna untuk memaksimalkan keamanan aset-aset metaverse.

3. Menjadi Ruang Penyimpanan Aset Metaverse

Inilah fungsi dasar dari sistem blockchain di metaverse, yakni sebagai ruang penyimpanan berbagai data pengguna.

Semua avatar, NFT, karya virtual tiga dimensi, dan objek-objek penting yang didistribusikan di metaverse akan tersimpan rapi dalam rantai blockchain. Ruang penyimpanan virtual ini jauh lebih aman, sebab kecil kemungkinannya untuk rusak apalagi hilang.

4. Menghubungkan Pengguna dengan Metaverse

Terakhir, blockchain juga akan menjadi fitur penghubung pengguna dengan aset metaverse mereka. Anda akan lebih mudah mengecek jumlah aset melalui wallet khusus yang terhubung ke blockchain metaverse.

Misalkan Anda membeli sebuah NFT di metaverse. Anda dapat membayar aset tersebut dengan crypto lewat dompet blockchain. Lalu setelahnya, penjual juga akan mengirim seluruh identitas dan hak aset ke wallet Anda.

5 Manfaat Blockchain Data di Metaverse

Sedangkan manfaat pemakaian jaringan blockchain di dunia metaverse adalah sebagai berikut:

1. Membuka Model Bisnis Online Baru

Kehadiran blockchain mempermudah alur transaksi di metaverse. Perlu diingat bahwa metaverse adalah internet web 3.0 yang hampir seluruh pengalaman penggunaannya berbasis tiga dimensi.

Maka dari itu, cara transaksi di metaverse akan sangat berbeda dibandingkan sistem ecommerce saat ini – mulai dari jenis mata uang, item yang dijual, sampai alur pembayaran. Sistem blockchain lah yang dirasa paling tepat mendukung perkembangan bisnis di metaverse kelak.

2. Memaksimalkan Penggunaan Cryptocurrency

Saat ini cryptocurrency sudah banyak dijadikan aset investasi oleh masyarakat. Namun pemakaiannya masih terbatas untuk hal lainnya, seperti jual beli produk online.

Kehadiran metaverse dengan sistem blockchain tentu akan memperluas penggunaan cryptocurrency sebagai alat pembayaran digital. Orang-orang dapat menggunakannya untuk membayar produk-produk jualan di metaverse ataupun NFT.

Artikel Terkait  Cara Rigging Karakter dan Design yang Mudah dilakukan

3. Mengoptimalkan Enterprise System

Bisnis online di metaverse mempunyai nilai enterprise system yang lebih baik. Hal tersebut juga dikarenakan oleh pemakaian teknologi blockchain pada META.

Lewat kemampuan pelacakan, manajemen dan rekapan datanya yang baik, blockchain membantu pembangunan lingkungan bisnis yang lebih memuaskan.

Setidaknya ada 3 aspek enterprise system yang dapat dioptimalkan dengan bantuan blockchain, yakni :

  • CRM (Customer Relationship Management)
  • SCM (Supply Chain Management)
  • ERP (Enterprise Resource Planning)

4. Mewujudkan Dunia Kedua yang Aman

Metaverse adalah dunia digital yang jauh lebih aman dan nyaman ketimbang sistem web 2.0 saat ini. Semua itu terwujud berkat pemakaian blockchain.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, blockchain dapat dipakai untuk menyimpan seluruh aset digital metaverse Anda – seperti icon, avatar, skin, aksesoris digital, dekorasi virtual, aset game, NFT, LAND, dan lain-lain.

Semuanya dapat dikelola, disimpan dan digunakan lebih mudah melalui blockchain. Anda tidak perlu khawatir kehilangan aset, sebab faktanya, kode-kode blockchain amat rumit dan sulit ditembus pihak luar.

5. Membantu Sinkronisasi Antar Dunia Maya

Sampai saat ini masih belum diketahui ada berapa banyak tipe dunia maya yang bisa diciptakan. Namun teknologi blockchain metaverse sudah selangkah lebih maju dengan memiliki fitur sinkronisasi antar dunia maya.

Fitur tersebut bisa Anda temukan pada wallet crypto blockchain. Menu sinkronisasi wallet akan menghubungkan data Anda pada setiap jenis dunia virtual – web 2.0, 3.0, atau metaverse – dalam sekali klik.

Jadi, Anda bisa memiliki sebanyak mungkin aset pada dunia maya yang berbeda tanpa perlu pusing mencari cara terbaik pengelolaannya.

Demikianlah pembahasan terkait apa itu blockchain data dalam metaverse, beserta fungsi dan manfaatnya.

Tentunya akan ada lebih banyak lagi inovasi peranan blockchain di metaverse yang dapat Anda simak di METAKEY. Yuk ikuti terus update menarik seputar metaverse bersama kami! Sampai bertemu lagi!

Baca juga


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Mixed Reality adalah? Pengertian dan Peranan dalam Metaverse

Mixed reality adalah teknologi dunia maya “campuran” yang membentuk metaverse. Seperti apa contoh dan kegunaan mixed reality dalam META? Dunia...

Augmented Reality adalah : Contoh & Perbedaan dengan VR

Augmented reality adalah teknologi perpaduan dua dan tiga dimensi (2D-3D) yang tak kalah penting di metaverse. Apa itu augmented...

Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

Virtual reality adalah teknologi digital yang paling sering digunakan di metaverse. Sudah tahu apa pengertian virtual reality dan contohnya? Hal...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya