Media Metaverse | by APPKEY

Metaverse Security Hubungan antara Blockchain Teknologi dengan Metaverse

Hubungan antara Blockchain Teknologi dengan Metaverse

-

Blockchain teknologi dan Metaverse akan menjadi budaya baru dan realitas arus utama kita. Ini bukan masalah jika, hanya ketika kita akan hidup di dunia paralel (virtual dan fisik), tenggelam dalam dua dunia yang terpisah namun terhubung melalui pemanfaatan teknologi blockchain.

Istilah “Metaverse” diciptakan oleh Neal Stephenson dalam buku fiksi ilmiahnya tahun 1992, Snow Crash . Dalam buku itu ia menyajikan semacam realitas virtual di mana setiap interaksi dapat berdampak langsung pada dunia fisik. Terdengar mustahil? Tidak terlalu.

Untuk lebih lengkapnya tentang apa hubungan antara blockchain teknologi dengan metaverse, yuk simak!

Baca juga : Fungsi Blockchain Data dalam Dunia Metaverse

Blockchain Teknologi membantu Perkembangan dalam Metaverse

Jangan takut untuk berani bermimpi. Setiap skenario sci-fi dari tahun 70-an dan 80-an telah menjadi kenyataan. Pikirkan tentang telekonferensi menggunakan Zoom atau Microsoft Teams, hal tersebut dianggap fiksi ilmiah dalam “Kembali ke Masa Depan”.

Berkomunikasi melalui gelang adalah futuristik di “Star Trek” dan “Dick Tracy” tetapi kita dapat melakukannya sekarang dengan Apple Watch. Segala sesuatu yang pernah kita bayangkan telah menjadi bagian dari realitas dan budaya kita sehari-hari, dan metaverse tidak terkecuali, Blockchain Teknologi akan menjadi penghubungnya.

Mereka tidak hanya mengakui evolusi budaya berikutnya tetapi juga memahami kekuatan teknologi blockchain dalam konteks metaverse, dan melakukan investasi di metaverse, melalui penciptaan token non-fungible (NFT) dan pasar aset digital lainnya.

Jika metaverse ingin menjadi lebih dari sekadar game 3D, dan meniru realitas fisik kita dan seterusnya, maka penggunaan teknologi blockchain sangat penting.

Blockchain Teknologi akan memungkinkan semua transaksi dan tindakan di ruang virtual ini memiliki dampak nyata, dengan cara yang sama seperti dalam realitas fisik kita. Dengan penggunaan teknologi ini, kami tidak hanya dapat membuat dan mengotentikasi aset virtual tetapi yang terpenting, memungkinkan transfer kepemilikan dan transaksi mereka. Berikut beberapa contohnya:

Sport Wear

Jajaran NFT Adidas, diluncurkan pada Desember 2021, disebut  Into the Metaverse , dan itu tidak hanya mengungkapkan niat Adidas untuk memasuki ruang tersebut, tetapi juga pemahamannya tentang perlunya penggunaan NFT di metaverse. Setiap pakaian virtual untuk mendandani avatar di metaverse telah diberi token dan diautentikasi melalui NFT.

Nike juga telah membuat terobosan. Pada bulan Desember 2019, ia dianugerahi paten untuk menandai kepemilikan sepatu kets eksklusif, yang disebut “Cryptokicks”. Saat dibeli, sepatu kets itu menjadi terhubung dengan pemilik unik, semua direkam melalui teknologi blockchain.

Selain itu, pemilik sepatu kets akan dapat “menggabungkan atau membiakkan sepatu digital dengan sepatu digital lain untuk menciptakan ‘keturunan sepatu’ dan membuat keturunannya menjadi sepasang sepatu baru yang nyata.”

Nike juga  mengajukan merek dagang  ke kantor paten AS untuk menjual sepatu kets bermerek di ruang virtual, dan pada pertengahan Desember 2021, mereka telah mengakuisisi RTFKT Studios, sebuah perusahaan koleksi digital, yang memungkinkan Nike menjual sepatu kets virtual untuk melengkapi avatar orang di dunia may.

Investasi Nike dalam NFT dan teknologi blockchain berfungsi sebagai bukti bahwa teknologi blockchain merupakan komponen penting bagi keberadaan dan skalabilitas metaverse. Mereka menyadari bahwa mereka tidak akan dapat menawarkan dan menjual sepatu kets virtual atau produk virtual lainnya di metaverse tanpa menggunakan teknologi blockchain.

Perumahan

blockchain-teknologi-1

Di Decentraland, platform realitas virtual 3D terdesentralisasi, ada 90.601 bidang tanah virtual, di mana setiap bidang adalah NFT. Metaverse Group, anak perusahaan Tokens.com, mengakuisisi pada Desember 2021 sebidang tanah virtual seharga $2,43 juta. Meniru dunia fisik, parsel ini terletak di jantung distrik Fashion Decentraland.

Metaverse Group berencana untuk mengembangkan kawasan untuk peragaan busana dan perdagangan, dan untuk menjalin kemitraan dengan merek-merek fashion yang ada ingin memperluas penawaran e-niaga mereka di dalam metaverse.

Lembaga keuangan

Lembaga keuangan terkemuka juga melakukan investasi di real estat virtual. Pada bulan Februari, JPMorgan membuka “Onyx lounge” di Decentraland. Selain itu, perusahaan merilis makalah yang menjelaskan bagaimana sebuah bank di dunia maya dapat beroperasi seperti halnya di dunia nyata, dan bagaimana JPMorgan berencana untuk menyediakan semua layanannya saat ini di metaverse.

Pada bulan Maret, HSBC bermitra dengan Sandbox, platform real estat virtual, untuk membeli sebidang tanah virtual yang akan berpusat pada olahraga, e-olahraga, dan permainan.

Layanan Pembayaran Keuangan

Penyedia layanan pembayaran keuangan juga bertaruh pada metaverse. Pada bulan April, Mastercard mengajukan 15 merek dagang yang terkait dengan NFT, dunia virtual, dan banyak lagi. Pada bulan Maret, American Express mengajukan merek dagang serupa untuk “perangkat lunak komputer yang dapat diunduh untuk memfasilitasi transfer kartu pembayaran virtual ke dompet seluler elektronik,” di antara area lainnya.

Visa telah menjadi yang pertama bertaruh pada metaverse dan telah pindah ke ekosistem selama beberapa waktu, menambahkan staf crypto ke tim dan membeli koleksi CryptoPunk NFT musim panas lalu. Tindakan ini mendukung laporan Visa tentang “Metaverse sebagai titik infeksi strategis”, yang diterbitkan pada November 2021.

Penggunaan NFT

NFT merupakan komponen penting dalam metaverse? Karena semuanya berbasis transaksi. Untuk memfasilitasi setiap transaksi dan transfer kepemilikan, otentikasi adalah kuncinya. Perpindahan kepemilikan tidak akan terjadi tanpa adanya pengesahan siapa yang melakukan pemindahan, dan apa yang dialihkan.

Ini adalah kekuatan NFT yang sebenarnya, menyediakan otentikasi dan memfasilitasi transfer kepemilikan. NFT dapat mengautentikasi aset fisik, seperti sebotol scotch malt tunggal senilai $200.000, atau parsel virtual di Decentraland. Metaverse bukan hanya tentang menciptakan ruang virtual, ini tentang menyatukan orang-orang di ruang virtual, memperluas komunitas yang ada atau membuat komunitas baru.

NFT dapat memfasilitasi penciptaan komunitas ini (secara lokal dan global) dan mempererat hubungan dan interaksi mereka dengan merek mereka dan di antara mereka sendiri. Merek seperti Dave dan Buster, Adidas dan Burberry  menyadari hal ini dan membuat program koleksi NFT untuk memperluas basis pelanggan mereka dan terlibat dalam pengalaman untuk meningkatkan loyalitas merek.

Program-program ini sedang dalam tahap percobaan; baik perusahaan maupun pihak ketiga tidak memberikan data apa pun. Masih terlalu dini untuk mengetahui program loyalitas atau penghargaan mana yang mungkin berhasil, dan beberapa mungkin gagal. Tetapi merek mengakui kekuatan NFT dan berinvestasi dalam upaya eksperimental ini.

Artikel Terkait  Cara kerja Blockchain Security dalam Metaverse

Transaksi dan Transfer Aset di Metaverse

Premis utama dari metaverse adalah untuk meniru dunia fisik kita dan seterusnya. Bagaimana kita memastikan bahwa transaksi di metaverse benar-benar nyata, dan bukan transaksi fantasi seperti di game online? Bagaimana JPMorgan menyediakan layanannya saat ini di Lounge virtualnya di Decentraland? Sementara NFT menyediakan otentikasi, aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi), yang akan otomatis, produk dan layanan yang dijalankan sendiri di mana pengguna berinteraksi langsung dengan aplikasi, memanfaatkan teknologi blockchain, akan memungkinkan transaksi virtual ini dan menghubungkan virtual dengan ruang fisik.

Aplikasi DeFi akan memungkinkan transfer dana dari dompet yang dibuat di dunia fisik ke ruang virtual mana pun, dan antara ruang virtual yang berbeda. Tapi DeFi melampaui pembayaran. Dengan aplikasi DeFi, Anda akan dapat mengambil hipotek atas paket Anda yang dibeli di Decentraland atau menggunakan paket virtual ini sebagai jaminan untuk bisnis Anda di dunia nyata atau di ruang virtual paralel.

Anda akan dapat meminjam untuk membayar pakaian virtual Dolce & Gabbana, atau sewakan garmen virtual ini kepada anggota komunitas lainnya. DeFi akan memungkinkan semua jenis transaksi di dunia virtual yang menghubungkan antara ruang virtual dan dunia fisik. Hampir 30 tahun setelah kata “‘metaverse” diciptakan, kami mampu membuat fiksi ilmiah menjadi kenyataan, dengan teknologi blockchain sebagai penghubungnya.

Penggunaan Blockchain Teknologi di 2 Perusahaan Besar

Di masa depan di mana metaverse bukanlah satu platform yang ditentukan oleh satu organisasi, tetapi pada kenyataannya, berbagai platform menawarkan pengalaman metaverse yang berbeda, blockchain melayani tujuan yang jelas dan menarik.

Brian Jackson, Research Director di Info-Tech Research Group, memandang metaverse sebagai konvergensi teknologi yang memungkinkan aktivitas sosial dan ekonomi di dunia digital terhubung dengan dunia fisik. Beberapa melihat blockchain sebagai inti dari visi metaverse, tetapi untuk raksasa teknologi yang menghasilkan hype untuk metaverse, tidak ada komitmen yang jelas untuk memasukkannya.

Satu bulan setelah Mark Zuckerberg mengumumkan dia mengganti nama Facebook menjadi Meta, hype metaverse menaikkan nilai dua dunia virtual lain yang tidak ada hubungannya dengan Facebook.  Cryptocurrency MANA Decentraland dan cryptocurrency SAND Sandox melonjak ke level tertinggi sepanjang masa pada November 2021.

Kapitalisasi pasar Decentraland naik dari sekitar $2 miliar sebelum tampilan avatar tanpa kaki Zuckerberg ke puncak $9,2 miliar. Animoca Brands Sandbox melihat nilainya naik 600% pada bulan yang sama. Ketertarikan investor pada proyek dunia maya ini jelas dimotivasi oleh poros Zuckerberg untuk fokus pada metaverse.

Microsoft juga menambahkan kehebohan dengan menggunakan acara Ignite untuk memamerkan teknologi metaverse-nya. Tetapi apakah blockchain merupakan bagian penting dari lanskap metaverse masa depan? Jawabannya berubah berdasarkan siapa yang Anda tanyakan.

Keuntungan Penggunaan Blockchain Teknologi

Di masa depan di mana metaverse bukan satu platform yang ditentukan oleh satu organisasi tetapi pada kenyataannya, berbagai platform menawarkan pengalaman metaverse yang berbeda, blockchain melayani tujuan yang jelas dan menarik. Ini memberikan janji portabilitas di seluruh platform dan memungkinkan pengguna untuk membawa avatar dan harta digital berharga mereka saat mereka berkelok-kelok melalui metaverse.

Cryptocurrency dapat memberikan uang asli ke metaverse, memfasilitasi transaksi cepat antar pengguna tanpa perantara.  Platform metaverse diharuskan menawarkan portabilitas sampai tingkat tertentu oleh Peraturan Perlindungan Data Umum Eropa (GDPR).

Jika platform ingin melayani pelanggan yang tinggal di Uni Eropa, mereka harus mengizinkan pengguna untuk mengambil semua data pribadi mereka di platform atau meminta agar data tersebut ditransfer langsung ke platform lain. Blockchain dapat berfungsi sebagai perantara antar platform, melacak kepemilikan aset digital unik yang terkait dengan identitas. Itu sudah memainkan peran ini di pasar non-fungible token (NFT) hari ini.

Misalnya, pemain Axie Infinity dapat membeli NFT di Axie Marketplace, meningkatkan nilainya dengan melatihnya di dalam game, lalu menjualnya di OpenSea. Blockchain apa yang akan menyediakan buku besar trans-metaverse ini? Bagaimana semua pemain platform akan menyetujui standar? Kita belum tahu.

Baik Meta maupun Microsoft tidak terlibat dalam grup, sementara Zuckerberg dan CEO Microsoft Satya Nadella dalam catatan mengatakan mereka berkomitmen untuk menciptakan metaverse yang dapat dioperasikan, tidak ada rincian tentang bagaimana hal itu akan dicapai. Tidak ada yang berbicara tentang blockchain dalam hal mendukung interoperabilitas itu.

Meta dan Microsoft Dabble di Blockchain

Menurut laporan Financial Times baru-baru ini, Meta sedang menjajaki pembuatan mata uang virtual, yang secara internal dikenal sebagai “Zuck bucks,” yang tidak akan didasarkan pada blockchain. Sebaliknya, itu akan menjadi token yang dikendalikan oleh perusahaan, seperti mata uang virtual yang terlihat pada platform seperti Roblox dan Second Life.

Di Microsoft, blockchain muncul sebagai fokus di beberapa lini bisnis yang berbeda. Sejak November, salah satu pendiri blockchain Microsoft York Rhodes telah secara aktif merekrut tim pengembang.

Rhodes mencari kandidat “terobsesi dengan Turing, objek terprogram langka yang dapat Anda miliki & transfer & tautkan ke dunia nyata melalui kontrak sosial.” Itu menyiratkan bahwa Microsoft tertarik pada blockchain sebagai solusi untuk portabilitas. Tetapi solusi itu mungkin lebih spesifik untuk solusi rantai pasokan cloud Microsoft daripada metaverse.

Microsoft mengatakan mereka sedang mengeksplorasi NFT dan cryptocurrency di divisi game Xbox-nya tetapi tidak memiliki apa pun untuk dibagikan. Kepala game Phil Spencer mengatakan NFT sedang dalam fase eksperimental dalam game saat ini dan beberapa proyek terasa eksploitatif.

Microsoft dan Meta mungkin secara konseptual berkomitmen untuk metaverse yang dapat dioperasikan, tetapi berdasarkan aktivitas mereka, itu bukan prioritas mereka. Mereka tidak berpartisipasi dalam upaya apa pun dengan kelompok eksternal untuk berkolaborasi dalam interoperabilitas.

Penggunaan Blockchain teknologi saat ini sudah banyak, hingga perusahaan raksasa Meta dan Microsoft juga mengimplementasikan teknologi tersebut walau tidak sepenuhnya digunakan dalam produk mereka. Sekian artikel kali ini, jika Anda menyukainya jangan lupa untuk menyalakan notifikasi artikel kami hanya di METAKEY secara gratis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Mixed Reality adalah? Pengertian dan Peranan dalam Metaverse

Mixed reality adalah teknologi dunia maya “campuran” yang membentuk metaverse. Seperti apa contoh dan kegunaan mixed reality dalam META? Dunia...

Augmented Reality adalah : Contoh & Perbedaan dengan VR

Augmented reality adalah teknologi perpaduan dua dan tiga dimensi (2D-3D) yang tak kalah penting di metaverse. Apa itu augmented...

Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

Virtual reality adalah teknologi digital yang paling sering digunakan di metaverse. Sudah tahu apa pengertian virtual reality dan contohnya? Hal...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya