Media Metaverse | by APPKEY

Metaverse Unity Tutorial Belajar Unity 3D untuk Pemula

Tutorial Belajar Unity 3D untuk Pemula

-

Belajar Unity sangat penting untuk memiliki akses ke mesin yang memenuhi persyaratan minimum untuk belajar Unity. Pengetahuan prasyarat dasar C# diperlukan untuk pemahaman penuh dari seri ini.

Unity adalah mesin game lintas platform yang awalnya dirilis oleh Unity Technologies, pada tahun 2005. Fokus Unity terletak pada pengembangan game 2D dan 3D serta konten interaktif. Unity sekarang mendukung lebih dari 20 platform target yang berbeda untuk digunakan, sementara platform yang paling populer adalah sistem PC, Android, dan iOS.

Unity menampilkan toolkit lengkap untuk merancang dan membangun game, termasuk antarmuka untuk grafik, audio, dan alat pembangunan level, yang membutuhkan penggunaan minimal program eksternal untuk mengerjakan proyek.

Dalam seri ini, kita akan menjadi

  • Mempelajari cara menggunakan berbagai dasar Unity
  • Memahami bagaimana semuanya bekerja di mesin
  • Memahami konsep dasar desain game
  • Membuat dan membangun contoh game yang sebenarnya
  • Mempelajari cara menyebarkan proyek Anda ke pasar

Baca juga : Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Tutorial Belajar Unity untuk Pemula

belajar unity

Untuk belajar unity dengan membuat konten, persyaratan utamanya adalah mengunduh engine Unity dan lingkungan pengembangan. Bersama dengan mesin inti, Anda juga dapat mengunduh modul opsional untuk disebarkan ke berbagai platform yang berbeda, serta alat untuk mengintegrasikan skrip Unity ke dalam Visual Studio.

Untuk menginstal Unity, buka ini . Sesampai di sana, klik

  • Pilih Unity + Unduh Anda.

Pada halaman berikutnya, klik tombol Coba Sekarang di bawah Pribadi. Ini adalah versi gratis dari Unity, yang berisi semua fitur inti. Saat kita memulai seri ini, lebih baik mempelajari cara menggunakan mesin sebelum mempertimbangkan pembelian ke Plus atau Pro.

Pada halaman berikutnya, gulir ke bawah dan klik untuk mengonfirmasi bahwa Anda atau perusahaan Anda tidak memperoleh pendapatan tahunan lebih dari 100.000 USD. Jika ya, Anda tidak diizinkan untuk mencoba Unity Free, meskipun Anda dapat mendaftar untuk uji coba gratis versi Pro selama 30 hari.

Selanjutnya, klik platform yang Anda inginkan untuk menginstal Unity. Dalam seri ini, kita akan berurusan dengan mesin versi Windows . Dimungkinkan juga untuk menginstal Unity di Ubuntu dan beberapa sistem Linux tambahan lihat di sini untuk informasi lebih lanjut Anda juga sangat disarankan untuk menginstal versi terbaru Visual Studio, yang menyediakan banyak alat yang berguna di atas IDE MonoDevelop standar yang disertakan dengan Unity.

Setelah penginstal diunduh, buka hingga Anda mencapai menu untuk memilih komponen apa yang ingin Anda instal dengan Unity.

 

belajar unity

Sumber : Unity

Di sini, pilih komponen yang Anda perlukan. Untuk seri ini, kami ingin menginstal komponen yang Anda lihat pada gambar. Pilihan ini mencakup mesin itu sendiri, dokumentasi untuk mesin, IDE; membangun alat untuk Android dan kumpulan aset yang dapat Anda tambahkan di proyek Anda nanti.

Klik berikutnya, ikuti instruksi dan opsi, dan biarkan Unity mengunduh dan menginstal sendiri di komputer Anda. Buka Unity, dan dalam pelajaran berikutnya kita akan membuat proyek pertama kita.

Belajar Unity membuat Proyek Pertama Anda

Unity sama-sama cocok untuk game 2D dan 3D. Semua game yang dibuat di Unity dimulai sebagai Proyek dari Layar Startup. Buka salinan Unity yang baru Anda instal; akan muncul layar seperti gambar dibawah ini

belajar unity

Sumber : Unity

Proyek Anda yang ada akan muncul di wilayah kabur seperti pada gambar di atas.

belajar unity

Di sudut kanan atas jendela, Anda akan melihat ikon Baru seperti yang ditunjukkan di atas. Setelah mengklik ikon, Anda akan menemukan layar Project Setup. Di sini, Anda dapat memberi nama proyek Anda, mengatur lokasi penyimpanannya, mengatur jenis proyek dan menambahkan aset yang ada.

Artikel Terkait  Tutorial Rigging Blender yang Mudah dimengerti

Untuk saat ini, mari kita beri nama proyek pertama kita “Hello World!” dan atur ke mode 2D.

belajar unity

Sumber : Unity

Klik Buat Proyek dan biarkan Unity menyiapkan file inti proyek Anda. Ini mungkin memakan waktu tergantung pada kecepatan komputer Anda, aset yang ditambahkan sebelumnya dan jenis Proyek.

Belajar Unity : Mengetahui Mesin

Setelah proyek baru Anda dibuat dan Unity terbuka, layar berikut akan muncul

belajar unity

Sumber : Unity

Mari kita lihat sekilas apa yang terlihat di jendela ini. Untuk saat ini, kami prihatin dengan empat wilayah utama

belajar unity

Sumber : Unity

Jendela ini adalah tempat kita akan membangun Adegan kita. Adegan adalah level di mana segala sesuatu dalam game Anda terjadi. Jika Anda mengklik tab Game kecil, Anda dapat melihat jendela Pratinjau tentang tampilan game tersebut bagi pemain. Untuk saat ini, itu harus menjadi latar belakang biru yang sederhana.

belajar unity

Sumber : Unity

Wilayah ini adalah Inspector. Itu kosong untuk saat ini, karena kami tidak memiliki objek di tempat kami. Kita akan melihat bagaimana Inspektur digunakan nanti.

belajar unity

Sumber : Unity

Jendela ini adalah Hierarki Scene. Di sinilah semua objek dalam adegan terbuka Anda saat ini terdaftar, bersama dengan hierarki induk-anak mereka. Kami akan menambahkan objek ke daftar ini segera.

belajar unity

Sumber : Unity

Terakhir, wilayah ini adalah jendela Aset Proyek. Semua aset dalam proyek Anda saat ini disimpan dan disimpan di sini. Semua aset yang diimpor secara eksternal seperti tekstur, font, dan file suara juga disimpan di sini sebelum digunakan dalam adegan.

Bagaimana Unity Bekerja?

Di Unity, semua gameplay berlangsung dalam adegan. Adegan adalah level di mana semua aspek game Anda seperti level game, layar judul, menu, dan adegan yang dipotong terjadi.

Secara default, Scene baru di Unity akan memiliki objek Camera di scene yang disebut Main Camera. Dimungkinkan untuk menambahkan beberapa kamera ke tempat kejadian, tetapi kami hanya akan membahas kamera utama untuk saat ini.
Kamera utama merender semua yang dilihat atau “ditangkap” di wilayah tertentu yang disebut area pandang. Segala sesuatu yang masuk ke wilayah ini menjadi terlihat oleh pemain.

Anda dapat melihat area pandang ini sebagai persegi panjang abu-abu dengan menempatkan mouse Anda di dalam tampilan pemandangan dan menggulir ke bawah untuk memperkecil tampilan pemandangan. (Anda juga dapat melakukannya dengan menahan Alt dan menyeret Klik kanan).

belajar unity

Sumber : Unity

Adegan itu sendiri terbuat dari objek, yang disebut GameObjects. GameObjects dapat berupa apa saja mulai dari model pemain hingga GUI di layar, dari tombol dan musuh hingga “manajer” yang tidak terlihat seperti sumber suara.

Game Objects memiliki satu set komponen yang melekat padanya, yang menggambarkan bagaimana mereka berperilaku di tempat kejadian, serta bagaimana mereka bereaksi terhadap orang lain di tempat kejadian.

Artikel Terkait  Ini Alasan untuk Memilih Unity 3D untuk Proyek Game Anda

Bahkan, kita bisa mengeksplorasi itu sekarang. Klik Kamera Utama di Hierarki Adegan dan lihat Inspektur. Itu tidak akan kosong sekarang; sebagai gantinya, ia akan memiliki serangkaian “modul” di dalamnya.

belajar unity

Sumber : Unity

Komponen terpenting untuk GameObject apa pun adalah komponen Transform -nya . Objek apa pun yang ada dalam sebuah adegan akan memiliki transformasi , yang menentukan posisi, rotasi, dan skalanya sehubungan dengan dunia game, atau induknya jika ada.

Komponen tambahan dapat dilampirkan ke objek dengan mengklik Tambah Komponen dan memilih komponen yang diinginkan. Dalam pelajaran berikutnya, kami juga akan melampirkan Skrip ke GameObjects sehingga kami dapat memberi mereka perilaku terprogram.

Mari kita perhatikan beberapa contoh komponen

  • Renderer Bertanggung jawab untuk merender dan membuat objek terlihat.
  • Collider Tentukan batas tumbukan fisik untuk objek.
  • Rigidbody Memberikan sifat fisika real-time objek seperti berat dan gravitasi.
  • Sumber Audio Memberikan properti objek untuk memutar dan menyimpan suara.
  • Audio Listener Komponen yang benar-benar “mendengar” audio dan mengeluarkannya ke speaker pemutar. Secara default, satu ada di kamera utama.
  • Animator Memberikan akses objek ke sistem animasi.
  • Cahaya Membuat objek berperilaku sebagai sumber cahaya, dengan berbagai efek yang berbeda.

belajar unity

Dalam bagan ini, kita dapat melihat bagaimana Unity menyusun dirinya sendiri melalui GameObjects menjadi beberapa adegan.

Dalam pelajaran berikutnya, kita akan membuat GameObject pertama kita dan menyelami skrip.

Sprite adalah objek 2D sederhana yang memiliki gambar grafis (disebut tekstur ) di atasnya. Unity menggunakan sprite secara default saat mesin dalam mode 2D. Jika dilihat dalam ruang 3D, sprite akan tampak setipis kertas, karena tidak memiliki lebar Z.

belajar unity

Sumber : Unity

Sprite selalu menghadap kamera pada sudut tegak lurus kecuali jika diputar dalam ruang 3D. Setiap kali Unity membuat sprite baru, ia menggunakan tekstur.

Tekstur ini kemudian diterapkan pada GameObject baru, dan komponen Sprite Renderer dilampirkan padanya. Ini membuat gameObject kami terlihat dengan tekstur kami, serta memberikan properti yang terkait dengan tampilannya di layar.

belajar unity

Sumber : Unity

Untuk membuat sprite di Unity, kita harus menyediakan engine dengan texture. Mari kita buat teksturnya terlebih dahulu. Dapatkan file gambar standar seperti PNG atau JPG yang ingin Anda gunakan, simpan, lalu seret gambar ke wilayah Aset Unity.

belajar unity

Sumber : Unity

Selanjutnya, seret gambar dari Aset ke dalam Hierarki Pemandangan. Anda akan melihat bahwa segera setelah Anda melepaskan tombol mouse, GameObject baru dengan nama tekstur Anda muncul dalam daftar. Anda juga akan melihat gambar sekarang di tengah layar di Scene View.

belajar unity

Sumber : Unity

Mari kita perhatikan poin-poin berikut saat membuat sprite

  • Dengan menyeret dari sumber eksternal ke Unity, kami menambahkan Asset .
  • Aset ini adalah gambar, sehingga menjadi tekstur.
  • Dengan menyeret tekstur ini ke dalam hierarki adegan, kita membuat GameObject baru dengan nama yang sama dengan tekstur kita, dengan Sprite Renderer terpasang.
  • Renderer sprite ini menggunakan tekstur itu untuk menggambar gambar dalam game.
    Kami sekarang telah membuat sprite di adegan kami.

Pada pelajaran berikutnya, kita akan melihat beberapa modifier untuk sprite yang kita miliki.

Artikel Terkait  9 Software 3D Modeling Terbaik untuk membuat Crypto Metaverse

Sprite yang baru saja kita impor juga dapat dimanipulasi dengan berbagai cara untuk mengubah tampilannya.

Jika Anda melihat sudut kiri atas antarmuka mesin, Anda akan menemukan bilah alat seperti yang ditunjukkan di bawah ini

belajar unity

Mari kita bahas fungsi tombol-tombol tersebut.

  • Alat Tangan digunakan untuk bergerak di sekitar tempat kejadian tanpa mempengaruhi objek apapun.
  • Selanjutnya, kita memiliki alat Pindahkan. Ini digunakan untuk memindahkan objek di dunia game.
  • Di tengah, kami memiliki alat Rotate , untuk memutar objek di sepanjang sumbu Z dunia game (atau objek induk).
  • Alat Scaling diposisikan ke atas. Alat ini memungkinkan Anda mengubah ukuran (skala) objek di sepanjang sumbu tertentu.
  • Akhirnya, kami memiliki alat Rect . Alat ini berperilaku seperti kombinasi alat Pindahkan dan Penskalaan , tetapi rentan terhadap hilangnya akurasi. Ini lebih berguna dalam mengatur elemen UI.

Alat-alat ini terbukti layak karena kompleksitas proyek meningkat.

Skrip Pertama Anda

Mengimpor gambar dan membiarkannya tetap diam di gim Anda tidak akan membawa Anda ke mana pun. Itu akan menjadi bingkai foto yang bagus, mungkin, tapi bukan permainan.

Scripting sangat penting untuk membuat game di Unity. Scripting adalah proses penulisan blok kode yang dilampirkan seperti komponen ke GameObjects di tempat kejadian. Scripting adalah salah satu alat paling kuat yang Anda inginkan, dan itu dapat membuat atau menghancurkan permainan yang bagus.

Pembuatan skrip di Unity dilakukan melalui implementasi JavaScript C# atau Unity, yang dikenal sebagai UnityScript (namun, dengan siklus 2018, UnityScript sekarang memulai fase penghentiannya, jadi disarankan untuk tidak menggunakannya). Untuk tujuan seri ini, kita akan menggunakan C#.

Untuk membuat skrip baru, klik kanan di Aset Anda dan buka Create → C# Script . Anda juga dapat menggunakan tab Aset di bilah atas mesin.

belajar unity

Sumber : Unity

Saat Anda membuat skrip baru, aset baru akan muncul. Untuk saat ini, biarkan namanya apa adanya, dan klik dua kali. IDE default Anda akan terbuka bersama dengan skrip.

Skrip kesatuan memungkinkan Anda memanfaatkan keseluruhan kelas MonoBehaviour, serta fitur inti C# seperti koleksi generik, ekspresi lambda, dan parsing XML, untuk beberapa nama.

Jika kita menyimpan skrip ini tanpa menyentuh metode lain, skrip ini harus dikompilasi di Unity. Selanjutnya, seret dan lepas skrip dari Aset ke GameObject.

Sekian artikel tutorial tentang belajar Unity kali ini, masih banyak lagi materi lebih dalam dan disarankan untuk melihat tutorial coding unity di youtube. Jangan lupa untuk selalu mengikuti update artikel kami hanya di website Metakey secara gratis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Inilah Daftar 10 Aplikasi Buat Avatar Metaverse di Android dan iOS

Aplikasi buat avatar? Apa saja itu? Tapi sebelum masuk ke pembahasan tersebut, apakah Anda masih ingat apa itu avatar...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Panduan Cara Buat Avatar di Metaverse, Praktis!

Semua orang kini menjadi aware dengan Metaverse. Untuk Anda yang belum tahu apa sih itu Metaverse? Metaverse adalah sebuah...

Tutorial Belajar Unity 3D untuk Pemula

Belajar Unity sangat penting untuk memiliki akses ke mesin yang memenuhi persyaratan minimum untuk belajar Unity. Pengetahuan prasyarat dasar...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya