Media Metaverse | by APPKEY

Metaverse Web 3.0 Web 3.0 adalah? Contoh & Bedanya dari Web Saat...

Web 3.0 adalah? Contoh & Bedanya dari Web Saat Ini

-

Web 3.0 adalah teknologi internet generasi ketiga yang dinanti-nanti banyak orang. Pasalnya, website ini disinyalir memiliki kecanggihan IT melampaui website biasa. Seperti apa?

Akhir-akhir ini, istilah web 3.0 adalah hal yang sering dibicarakan di samping metaverse. Banyak yang meyakini kehadiran web 3.0 dan metaverse akan saling mendukung perkembangan satu sama lain.

Apa itu web 3.0 dan contohnya? Bagaimana pula perbedaan teknologi yang dimiliki situs ini dibandingkan website yang sekarang kita gunakan?
Tanpa berbasa-basi lagi, yuk langsung kita simak ulasan lengkap terkait web 3.0 berikut ini!

Pengertian Web 3.0 Adalah

web-3.0-adalah-.

Web 3.0 adalah inovasi situs internet terbaru yang akan segera kita peroleh. Web 3.0 juga dikenal dengan sebutan lain yakni web3.

Pembicaraan terkait web 3.0 semakin sering terdengar di masyarakat. Para pakar IT menjelaskan web 3.0 adalah jenis internet terbaru dengan kepintaran melebihi search engine saat ini.

Sistem web3 diyakini dapat memahami sekaligus menafsirkan maksud penelusuran Anda secara akurat. Pun tak hanya dalam bentuk teks saja, web 3.0 juga bisa memahami input berupa suara, foto, video dan sebagainya.

Lebih jauh lagi, web 3.0 juga dibekali kecerdasan khusus untuk benar-benar memilah konten penelusuran sesuai dengan kesukaan Anda. Ia mampu memproses seluruh informasi di dunia maya dalam hitungan detik memakai beragam teknologi canggih.

Beberapa teknologi pendukung kinerja web 3.0 yakni DLT (buku besar terdesentralisasi yang digunakan oleh blockchain crypto), big data, dan sistem machine learning.

Teknologi Web 3.0

Teknologi utama yang bekerja di balik sistem web 3.0 adalah website semantik. Apa itu?
Web semantik adalah konsep di mana website bisa memahami isi konten selayaknya manusia. Jadi, situs tidak hanya sekadar memindai kata kunci yang terselip di konten saja, tetapi turut memahami pembahasan secara keseluruhan.

Alhasil, pengguna (manusia) dapat lebih mudah “berkomunikasi” dengan sistem komputer untuk menemukan informasi tertentu – baik yang sengaja kita telusuri maupun tidak (berupa saran-saran “penelusuran terkait”).

Berbekalkan kecanggihannya inilah, web 3.0 turut dikenal sebagai website modern generasi ketiga, menggantikan teknologi situs saat ini (generasi kedua; web 2.0). Bahkan ada juga ahli IT yang merujuk web 3.0 sebagai web semantik.

Beberapa teknologi yang mendukung kinerja web 3.0 antara lain:

  • Machine learning.
  • Konsep website semantik.
  • Penelusuran konten dalam bahasa pengguna.
  • Big data.
  • Micro format.
  • Kecerdasan buatan (AI).
  • Protokol terdesentralisasi – sejenis dengan teknologi blockchain, crypto dan metaverse.

Inilah alasan banyak orang meyakini kehadiran web 3.0 akan saling support dengan perkembangan blockchain, crypto dan juga metaverse.

Artikel Terkait  Fungsi Blockchain Data dalam Dunia Metaverse

Perkembangan Web 3.0 : Perbandingan dengan Web 2.0 dan 1.0

Meskipun web 3.0 sedang dalam proses penggarapan untuk aplikasi secara global, ternyata konsep web3 telah diperkenalkan pada jauh-jauh hari.

Web3 pertama kali digagas sekitar tahun 2001 dalam artikel karya Tim Berners-Lee, penemu WWW (World Wide Web). Dalam tulisan tersebut ia menyatakan bahwa web 3.0 adalah sebuah mesin pembaca seluruh halaman situs yang ada di dunia.

Dengan kata lain, Berners-Lee telah mencanangkan sebuah model mesin yang sangat cerdas sehingga bisa memahami kebutuhan pengguna (manusia) di masa depan.

Mewujudkan website yang pintar tentu bukan perkara mudah. Maka dari itulah, perkembangan website nyatanya cukup bertahap mulai dari web 1.0, web 2.0 (yang kita gunakan saat ini), dan web 3.0.

Teknologi Web 1.0 (1989 – 2005)

Teknologi website pertama bernama web 1.0 yang digunakan dari tahun 1989 sampai 2005 silam.

Web 1.0 dikenal dengan nama web statis. Ini karena kemampuannya yang hanya sebatas menampilkan informasi ke pengguna apa adanya.

Web statis masih belum bisa menerima feedback ataupun melakukan interaksi dengan pengguna. Informasi yang ditampilkan website 1.0 juga masih sangat terbatas dan sering sekali keliru (tidak akurat).

Satu lagi kelemahan web pertama ini adalah tidak dilengkapi sistem algoritma. Otomatis, tidak ada filter yang menyaring konten sesuai kebutuhan pemakai.

Para pembuat konten di web 1.0 juga tidak sebanyak saat ini. Hanya beberapa orang terpilih saja yang bisa mengunggah karya ke internet dan sebagian besar info masih diambil dari direktori pusat.

Teknologi Web 2.0 (2005 – Saat Ini)

Selanjutnya, web berkembang menjadi versi 2.0. Inilah teknologi web yang kita gunakan sampai hari ini.

Web 2.0 dikembangkan sebagai pengganti web 1.0 yang statis. Dengan web 2.0, kita bisa mengerjakan lebih banyak tugas secara dinamis dan interaktif.

Situs web2 sudah dilengkapi dengan pemrograman CSS3, Javascript, HTML5 dan sebagainya. Komponen-komponen tersebutlah yang memungkinkan kita menikmati media streaming seperti YouTube, menjalankan sosial media, webinar, dan lain-lain.

Selain itu, web 2.0 juga sudah dilengkapi algoritma dan LSI (penelusuran semantik keyword). Dua komponen ini sangat bermanfaat membantu pengguna menemukan informasi yang akurat hingga 80-90%.

Kecanggihan teknologi web 2.0 turut membuka jalan bagi banyak orang untuk menciptakan karya menarik di internet. Siapapun kini bisa mengunggah, membagi, dan mendownload konten favorit dari internet.

Artikel Terkait  12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Teknologi Web 3.0 (Akan Hadir)

Perkembangan website tidak akan terhenti pada web 2.0. Terbukti, saat ini para pakar IT telah mulai menyiapkan kebutuhan untuk implementasi web 3.0.

Web 3.0 disebut-sebut akan lebih canggih ketimbang versi 2.0 dari berbagai sisi. Salah satunya terkait penyimpanan dan sinkronisasi data.

Pada web3, semua data akan tersimpan pada repositori pusat khusus dan tersebar secara desentral. Sistem seperti blockchain akan digunakan untuk mempercepat dan mengefisiensikan proses distribusi data.

Di samping itu, kecerdasan buatan (AI) dan pemahaman semantik yang lebih canggih dan natural akan turut diselipkan.

Sistem AI diharapkan mampu melahirkan proses penelusuran info yang akurat mendekati 100%, serta berinteraksi dengan gadget-gadget pintar selain smartphone (smart TV, smart watch, smart fridge, dan seterusnya).

Web 3.0 Contoh

Web 3.0 adalah situs modern terbaru yang bisa diandalkan untuk berbagai keperluan. Walau belum bisa digunakan secara umum, ternyata sudah ada platform-platform yang memakai web 3.0!

Web 3.0 sudah mempunyai sejumlah standar operasional terkait pemakaiannya, yakni OWL (Ontology Web Language) dan RDF (Resource Description Framework). Komponen standar ini masih bisa berubah atau bertambah lagi menyesuaikan kebutuhan implementasi web 3.0 di masa depan.

Akibat keterbatasan sumber daya atau perangkat pendukung ini, maka masih belum banyak contoh web 3.0 yang bisa ditemukan. Beberapa perusahaan yang sudah menggunakan web semantik seutuhnya antara lain Yahoo’s Food Site, Jena (sebuah Development Platform), dan Spivack’s Radar Networks.

Demikianlah pembahasan lengkap seputar definisi web 3.0 dan contohnya. Selain untuk memajukan penggunaan internet secara keseluruhan, web 3.0 adalah komponen penting dalam perkembangan metaverse.

Hal ini tercermin dari penggunaan sistem blockchain baik pada web3 maupun metaverse. Namun kita masih harus bersabar melihat seperti apa persisnya peranan web 3.0 di masa depan kelak.

Tidak mau ketinggalan update menarik seputar dunia metaverse? Ikuti terus METAKEY karena ada banyak info-info seru terkait metaverse gratis khusus untuk Anda. Baca sekarang di METAKEY!, ya. Sampai bertemu lagi!

Baca juga


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Mixed Reality adalah? Pengertian dan Peranan dalam Metaverse

Mixed reality adalah teknologi dunia maya “campuran” yang membentuk metaverse. Seperti apa contoh dan kegunaan mixed reality dalam META? Dunia...

Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

Virtual reality adalah teknologi digital yang paling sering digunakan di metaverse. Sudah tahu apa pengertian virtual reality dan contohnya? Hal...

Augmented Reality adalah : Contoh & Perbedaan dengan VR

Augmented reality adalah teknologi perpaduan dua dan tiga dimensi (2D-3D) yang tak kalah penting di metaverse. Apa itu augmented...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya