Media Metaverse | by APPKEY

Teknologi Augmented Reality Augmented Reality adalah : Contoh & Perbedaan dengan VR

Augmented Reality adalah : Contoh & Perbedaan dengan VR

-

Augmented reality adalah teknologi perpaduan dua dan tiga dimensi (2D-3D) yang tak kalah penting di metaverse. Apa itu augmented reality dan contoh nyatanya?

Selain virtual reality, istilah augmented reality juga sering diperbincangkan. Masih banyak orang yang keliru membedakan pengertian maupun contoh dari VR dan AR.

Di samping itu, teknologi augmented reality sejatinya sudah sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari.

Jadi, apa yang dimaksud dengan AR? Apa peranan augmented reality dalam dunia metaverse? Yuk langsung simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut ini.

Pengertian Augmented Reality Adalah

augmented-reality-adalah-2

Augmented reality adalah teknologi desain yang mampu memproyeksikan objek virtual 2D dan 3D ke lingkungan asli (nyata).

Dalam bahasa yang lebih sederhana, augmented reality adalah bentuk desain virtual yang bisa “timbul” ke permukaan.

Desain augmented reality (AR) bisa dibuat memakai komputer. Namun diperlukan perangkat khusus seperti kacamata augmented reality atau webcam untuk bisa melihat hasil desain dengan jelas.

Cara Kerja Augmented Reality Adalah

Bagaimana teknologi augmented reality bekerja menampilkan objek desain komputer ke lingkungan asli? Inilah penjelasan lengkap seputar cara kerja AR:

Augmented reality bekerja menggunakan beberapa komponen penting antara lain: sensor, SLAM (Simultaneous Localization And Mapping), serta alat pengukur kedalaman sebuah objek.

Item-item tersebutlah yang akan mengumpulkan sekaligus memperhitungkan data ketika kita merancang sebuah objek.

Namun untuk bisa melihat hasil karya augmented reality, diperlukan sejumlah perangkat output pendukung seperti kacamata khusus (AR goggle), smartphone, kamera, webcam, dan lain-lain.

Perangkat output sendiri merupakan alat untuk menampilkan informasi dalam berbagai bentuk (animasi, foto, modeling 3D, hologram, video, dan lain-lain). Hanya dengan cara inilah kita bisa melihat hasil desain AR.

Akan tetapi perlu diingat bahwa objek AR tidak muncul dalam lingkungan virtual selayaknya VR. Desain-desain AR bisa dilihat di lingkungan asli di bawah naungan cahaya alami maupun buatan (lampu).

3 Komponen Utama Augmented Reality Adalah

Terdapat 3 komponen utama yang mendukung cara kerja augmented reality. Adapun ketiga elemen tersebut adalah:

  • Kamera dan alat sensor : dipakai untuk mengumpulkan seluruh informasi awal dari pengguna, memeriksanya, dan memproses lebih lanjut.
  • Proyeksi : alat yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dari sensor, lalu memproyeksikannya ke permukaan. Contoh alat proyeksi adalah headset AR dan proyektor.
  • Refleksi : sejumlah perangkat augmented reality kini dilengkapi alat refleksi berupa cermin sisi ganda. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengaturan gambar objek saat ditampilkan.

4 Tipe Gadget yang Mendukung Augmented Reality

Selain komponen utama, ada 4 tipe gadget yang mendukung pemakaian augmented reality. Anda bisa memanfaatkan alat-alat ini untuk menikmati karya AR.

  • Smartphone dan tablet (mobile devices) : sangat cocok untuk menikmati konten AR yang dikemas dalam bentuk mobile app, seperti broadcasting film, game online, dan GPS.
  • Kacamata AR : mempermudah mengakses konten dari gadget tanpa perlu menyentuh, hingga merakit objek AR sendiri. Contoh: Google Glass, Meta 2 Glasses, dan Laster See Thru.
  • VRD (Virtual Retinal Displays) : menampilkan gambar dengan kontras dan resolusi tinggi dengan sinar laser ke mata. Alat VRD saat ini masih berada dalam tahap uji coba.
  • Special AR devices : perangkat khusus untuk mendapat pengalaman yang utuh dari kombinasi AR/VR. Contoh: HUD (head up display).

4 Tipe Augmented Reality Adalah

Kebanyakan orang mengira bahwa hanya ada satu jenis desain augmented reality. Padahal, sejatinya ada 4 tipe AR berdasarkan cara pembuatan dan penerapannya.

Adapun seluruh jenis teknologi augmented reality mencakup:

1. Augmented Reality Superimposition Based

Tipe teknologi AR pertama adalah augmented reality superimposition based.

Superimposition based bekerja menggunakan sistem object recognition. Dengan cara ini, teknologi AR superimposition bisa mengganti betuk asli objek dengan versi virtualnya, baik pada bagian tertentu, sebagian, ataupun seluruhnya.

2. Augmented Reality Marker Based

Augmented reality marker based merupakan jenis AR yang paling umum dikenal. Bahkan, sudah banyak smartphone, website, dan aplikasi kekinian yang mengimplementasikan jenis AR satu ini.

Tipe AR ini juga dikenal dengan nama image recognition. Hal ini disebabkan oleh sistem kerjanya, yaitu dengan metode scan untuk mengenali sebuah objek visual.

Sistem AR dipasang ke kamera gadget dan diaktifkan. Setelahnya, barulah Anda bisa memakai AR marker based untuk menscan objek dan memperoleh data.

Contoh teknologi augmented reality marker based paling dekat dengan keseharian kita adalah sistem scan kode QR. Namun pengembangan AR marker based terbaru kini bisa menampilkan animasi digital usai menscan kode tertentu.

3. Augmented Reality Markerless

Augmented reality markerless juga sudah sangat sering kita gunakan sehari-hari tanpa disadari. Teknologi ini sangat membantu khususnya untuk aktivitas pelacakan posisi.

Otomatis, sistem markerless AR menjadi komponen utama dari aplikasi GPS (maps), kompas digital, pelacak gadget, fitness (walk and run tracking), aplikasi kurir ojek online, serta aplikasi-aplikasi pengukur kecepatan.

Hampir semua smartphone dan smartwatch kekinian sudah dilengkapi teknologi augmented reality markerless ini.

Artikel Terkait  Cara Membuat Augmented Reality Tanpa Skill Programming

4. Augmented Reality Projection Based

Tipe teknologi augmented reality yang terakhir adalah projection based. Visualisasi teknologi ini banyak dijumpai pada film bergenre sci-fi, seperti Marvel dan Star Wars.

AR projection based bekerja dengan cara menampilkan hologram tiga dimensi ke permukaan benda nyata. Bahkan beberapa proyeksi hologram AR ini bisa mendeteksi interaksi dan memberi umpan balik pada pengguna.

5 Contoh Augmented Reality Adalah

Ingin tahu lebih banyak contoh nyata pemakaian AR dalam kehidupan sehari-hari? Beberapa contoh augmented reality adalah:

1. Metaverse

Augmented reality merupakan salah satu teknologi penting di dunia metaverse. Kehadirannya mendukung perkembangan metaverse bersama-sama dengan virtual reality.

AR dapat digunakan untuk membangun objek-objek virtual di lingkungan metaverse. Teknologi ini juga bermanfaat untuk membuat NFT metaverse bernilai tinggi.

2. Sosial Media

AR juga banyak digunakan di sosial media dalam bentuk filter. Beraneka jenis filter unik Instagram, Snapchat dan TikTok dibuat memakai perpaduan teknologi augmented reality dan artificial intelligence (AI).

3. Game Online

Tak mau ketinggalan, dunia game online turut mengadopsi sistem augmented reality guna meningkatkan keseruan permainan.

Contoh permainan dengan augmented reality yakni Harry Potter: Wizards Unite. Game ini sempat menjadi trending topic usai dirilis dan dinilai mirip dengan Pokemon Go.

Dalam permainan tersebut, teknologi AR digunakan untuk menampilkan musuh serta mantra sihir untuk melawannya. Alhasil pemain dapat merasakan sensasi seru menjadi penyihir sungguhan di dunia Harry Potter.

Masih banyak lagi contoh game online yang melibatkan teknologi AR, seperti Batman Bat-Tech, Jurassic World Alive, Kings of Pool, dan sebagainya.

4. Visual Broadcasting

Siaran televisi (broadcasting) seperti berita dan ramalan cuaca sering menampilkan video-video pendukung narasi. Nah, tampilan visual tersebut ternyata juga dibuat menggunakan teknologi augmented reality!

Di samping itu, film-film bergenre sci-fi dan fantasy juga sering membuat objek-objek pendukung cerita dengan sistem augmented reality.

5. Latihan Medis

Augmented reality turut dimanfaatkan dalam sejumlah latihan medis. AR sangat membantu para tenaga kesehatan berlatih melakukan prosedur operasi.

Bahkan, teknologi AR sudah mulai digunakan oleh mahasiswa kesehatan Case Western Reserve University untuk mempelajari susunan anatomi manusia.

Perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality Adalah

Ketika membicarakan augmented reality, Anda mungkin akan turut serta mendengar istilah ‘virtual reality’. Apakah keduanya adalah hal yang sama?

Jawabannya adalah tidak. Walaupun sering disamakan dan sepintas tampak mirip, AR dan VR sejatinya dua hal yang berbeda – khususnya untuk metaverse.

AR dan VR sama-sama mempunyai peranan penting di metaverse. Keduanya menyediakan cara membuat desain virtual secara tiga dimensi yang nyata.

Namun jika diamati lebih seksama, AR dan VR mempunyai fungsi yang saling melengkapi di metaverse.

Virtual reality (VR) digunakan untuk mendesain lingkungan virtual di metaverse. Anda bisa menciptakan berbagai panorama indah menggunakan VR, lengkap dengan bangunan serta pemetaannya secara rinci.

VR juga digunakan untuk “menghidupkan” suasana lingkungan virtual. Pengguna bisa masuk ke dunia VR dan merasa seakan-akan sungguhan berada di sana berkat tampilan visual, suara, dan sensasi indera lainnya yang dihadirkan oleh virtual world.

Sedangkan augmented reality lebih condong digunakan untuk mendesain objek-objek yang ada di dalam virtual world. Item AR bisa diproyeksikan langsung ke dunia nyata ataupun ke lingkungan maya metaverse sesuai keinginan.

Dimanapun Anda menampilkan objek AR, semuanya bisa dilihat secara tiga dimensi, diatur, maupun diajak berinteraksi seperti benda sungguhan.

Dengan kata lain, augmented reality akan menjadi “pelengkap” dari virtual reality di metaverse. Kombinasi keduanya menciptakan dunia META yang unik dan interaktif bagi pengguna.

Demikianlah pembahasan lengkap terkait augmented reality (AR), mulai dari pengertian, komponen, contoh dan perbedaannya dengan virtual reality (VR). Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan Anda, ya!

Ingin tahu lebih banyak terkait serba-serbi unik metaverse? Ikuti terus update informasinya hanya di METAKEY! Baca gratis artikelnya sekarang juga di sini.

Sampai bertemu lagi!

Baca juga


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Mixed Reality adalah? Pengertian dan Peranan dalam Metaverse

Mixed reality adalah teknologi dunia maya “campuran” yang membentuk metaverse. Seperti apa contoh dan kegunaan mixed reality dalam META? Dunia...

Augmented Reality adalah : Contoh & Perbedaan dengan VR

Augmented reality adalah teknologi perpaduan dua dan tiga dimensi (2D-3D) yang tak kalah penting di metaverse. Apa itu augmented...

Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

Virtual reality adalah teknologi digital yang paling sering digunakan di metaverse. Sudah tahu apa pengertian virtual reality dan contohnya? Hal...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya