Media Metaverse | by APPKEY

Teknologi Virtual Reality Ini Cara Kerja Virtual Reality Metaverse, Sudah Tahu?

Ini Cara Kerja Virtual Reality Metaverse, Sudah Tahu?

-

Bagaimana cara kerja virtual reality di metaverse? Yuk pelajari berbagai cara kerja virtual reality dan contoh aplikasinya di kehidupan sehari-hari di sini!

Virtual Reality (VR) adalah teknologi penting di balik dunia metaverse. Namun ternyata, saat ini pun sudah ada banyak praktek pemakaian VR di berbagai industri.

Untuk Anda yang masih penasaran bagaimana virtual reality bekerja di metaverse maupun keseharian nyata, mari langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Virtual Reality adalah: Contoh & Manfaat di Metaverse

Cara Kerja Virtual Reality dan Contoh Aplikasinya

cara-kerja-virtual-reality-2

Istilah virtual reality saat ini bukanlah hal yang asing lagi di telinga. Meski begitu, masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara kerja teknologi virtual reality yang sesungguhnya.

Konsep dasar kinerja virtual reality dimanapun sejatinya sama saja. Tidak ada perbedaan mencolok antara cara kerja virtual reality untuk keperluan medis, gaming online, rancangan arsitek, maupun metaverse.

Inti cara kerja virtual reality adalah visualisasi video. Hasil desain tiga dimensi dari komputer akan disambungkan ke media atau alat-alat proyeksi VR melalui saluran kabel HDMI.

Setelah itu, gambar diproyeksikan keluar memakai software VREAM dan lensa khusus untuk dinikmati pengguna. Adanya stimulus visual tiga dimensi akan mempengaruhi pikiran, sehingga akhirnya kita akan merasa sedang berada di dunia nyata yang baru.

Sejumlah alat virtual reality terbaru pun dilengkapi dengan tambahan efek sentuhan, suara, dan nuansa khas (ambience) yang bertujuan memperkuat persepsi otak pengguna. Otomatis, kita akan meyakini bahwa apa yang ada di sekitar adalah lingkungan asli.

Namun untuk bisa merasakan “sensasi utuh” dunia virtual, pengguna wajib mempunyai set perangkat VR. Setidaknya ada 3 jenis gadget VR yang harus dipakai yakni:

  • Headset, kacamata atau helm: perangkat VR yang dipasang di kepala dan mata pengguna agar bisa melihat panorama virtual reality.
  • Glove: sarung tangan untuk membantu pergerakan pengguna, sekaligus menyinkronisasi informasi gerakan dengan objek VR. Seluruh aktivitas kita di dunia VR akan menerima dampak umpan balik secara langsung, persis sebagaimana di kenyataan.
  • Walker: mempunyai fungsi seperti gloves. Bedanya, walker dikhususkan untuk memonitor pergerakan langkah kaki pengguna.

Kebanyakan orang khususnya pemula belajar menjelajahi dunia VR memakai kacamata atau headset virtual saja. Perangkat tersebut sudah cukup sebagai tahap awal adaptasi diri dengan lingkungan virtual reality.

Satu lagi yang perlu Anda pahami adalah 6 komponen wajib dalam sebuah kacamata, helm ataupun headset VR. Hal ini penting supaya Anda tidak salah membeli kacamata virtual reality murah tapi abal-abal.

Berikut adalah 6 elemen utama yang mendukung kinerja perangkat virtual reality (VR box, kacamata, helm atau headset):

  • Cover: penutup display yang dilengkapi berbagai alat pelacakan sensor, seperti gerakan (motion tracking), respon pikiran (head tracking), dan pengelihatan (eye tracking).
  • HD Display: bagian yang menampilkan proyeksi tiga dimensi ke mata pengguna, bisa diposisikan dalam berbagai ukuran sudut.
  • Lensa VR: lensa digunakan untuk membentuk sekaligus menyempurnakan tampilan gambar objek 3D dan fokus pengelihatan. Lensa VR terdiri atas lensa bikonveks (cekung dan cembung).
  • Spons: membantu menjaga kestabilitasan dan kenyamanan pemakaian alat VR agar user tidak cepat pusing.
  • Motherboard: “otak” komputer yang bekerja menjalankan perangkat VR, terdiri atas chip LED dan ARM processor.
  • Dial: digunakan untuk mengatur jarak pandang objek 3D virtual reality.

Artikel Terkait  Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

Contoh Nyata Cara Kerja Virtual Reality

Pengaplikasian nyata dari kinerja virtual reality dapat kita saksikan pada sejumlah contoh di bawah ini:

  • Latihan transportasi udara – para calon pilot tidak perlu belajar mengudara dengan menaiki pesawat sungguhan yang beresiko. Program VR akan memberikan mereka sensasi nyata ketika menerbangkan pesawat, termasuk suasana berbagai kondisi cuaca saat lepas landas.
  • Mendesain mobil modern – banyak rancangan mobil baru dibuat dan disempurnakan dengan bantuan alat-alat VR. Salah satu produsen mobil yang memanfaatkan cara kerja tersebut adalah Ford. Mereka memakai headset VR untuk mengevaluasi rancangan luar dan dalam mobil sebelum proses pengerjaan.
  • Maps GPS – Google juga memanfaatkan cara kerja VR untuk menyempurnakan teknologi GPS Earth mereka. Peta dunia virtual 3D dibuat semirip mungkin dengan lingkungan nyata agar mudah “dijelajahi” oleh masyarakat melalui smartphone masing-masing.

Cara Kerja Virtual Reality Metaverse : Tutorial Masuk ke META

Kita sudah melihat cara kerja virtual reality dan contoh aplikasinya di kehidupan nyata. Lalu bagaimana dengan virtual reality metaverse?

Ternyata, masuk ke dunia virtual metaverse tidak sesulit yang selama ini dibayangkan orang-orang. Ini karena konsep kinerja metaverse sangat mirip dengan dunia asli.

Pengguna bisa leluasa keluar-masuk metaverse semudah mengaktifkan perangkat VR mereka. Minimal Anda harus punya headset atau kacamata VR. Namun jika ingin merasakan sensasi yang lebih utuh, maka disarankan untuk melengkapi diri dengan gloves serta walker.

Kemudian, aktifkan gadget VR lalu hubungkan ke jaringan metaverse. Setelahnya Anda sudah bisa melakukan beragam jenis kegiatan di metaverse seperti:

  • Memainkan berbagai game online virtual reality.
  • Melakukan diskusi atau meeting online secara tiga dimensi (bisa berjabat tangan, mengobrol dalam satu meja, menulis di papan tulis, dan berkolaborasi secara real time)
  • Menonton pagelaran konser virtual dengan sensasi audio dan kemeriahan seperti asli.
  • Melakukan wisata perjalanan online, seperti mengunjungi tempat-tempat liburan yang ada di negara lain.
  • Menikmati pameran seni digital, dan melakukan transaksi jual beli aset NFT.

Inilah cara kerja alat VR untuk mengantarkan kita masuk ke dunia metaverse:

  1. Pengguna wajib mempunyai perangkat VR, laptop atau PC, akses internet dengan kecepatan tinggi, dan minimal sebuah NFT berupa avatar diri sendiri (avatar inilah yang dapat berinteraksi dan dilihat oleh pengguna lain).
  2. Aktifkan dan sambungkan semua peralatan ke internet.
  3. Akses platform metaverse melalui komputer atau laptop. Ada banyak media “pintu masuk” ke metaverse, seperti Decentraland dan The Sandbox. Cukup pilih salah satu lalu login.
  4. Hubungkan alat VR dengan laptop atau komputer PC Anda, lalu kenakan di kepala.
  5. Selesai! Kini Anda sudah “tiba” di dunia metaverse. Perangkat VR akan menampilkan pemandangan dunia virtual secara langsung ke hadapan Anda. Mulailah mencoba melakukan aktivitas seperti berjalan, melambaikan tangan, atau bermain game seperti biasa.

Demikianlah pembahasan cara kerja virtual reality dan contoh aplikasinya untuk metaverse dan kehidupan sehari-hari saat ini. Semoga informasi di atas bermanfaat menambah wawasan Anda, ya!

Ingin tahu lebih banyak info dan berita menarik terkait metaverse? Yuk ikuti terus update artikelnya di https://metakey.id/, gratis! Sampai bertemu lagi di ulasan seru lainnya, sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Mixed Reality adalah? Pengertian dan Peranan dalam Metaverse

Mixed reality adalah teknologi dunia maya “campuran” yang membentuk metaverse. Seperti apa contoh dan kegunaan mixed reality dalam META? Dunia...

Augmented Reality adalah : Contoh & Perbedaan dengan VR

Augmented reality adalah teknologi perpaduan dua dan tiga dimensi (2D-3D) yang tak kalah penting di metaverse. Apa itu augmented...

Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

Virtual reality adalah teknologi digital yang paling sering digunakan di metaverse. Sudah tahu apa pengertian virtual reality dan contohnya? Hal...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya