Media Metaverse | by APPKEY

Teknologi Virtual Reality Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

-

Virtual reality adalah teknologi digital yang paling sering digunakan di metaverse. Sudah tahu apa pengertian virtual reality dan contohnya?

Hal pertama yang mungkin muncul di benak banyak orang ketika membicarakan virtual reality adalah film science fiction. Namun ternyata, kecanggihan VR sekarang bisa dirasakan secara nyata melalui metaverse, lho!

Apa pengertian virtual reality dan contohnya? Daripada penasaran, yuk langsung simak penjelasan lengkap seputar virtual reality metaverse di bawah ini!

Pengertian Virtual Reality Adalah

virtual reality adalah

Apa itu virtual reality (VR)? Virtual reality adalah lingkungan tiga dimensi yang dibuat menggunakan komputer.

Ada juga yang mendefinisikan virtual reality sebagai dunia maya yang dibentuk secara tiga dimensi. Virtual reality tampak seperti pemandangan di sekitar kita lengkap dengan berbagai objek nyata di dalamnya. Oleh sebab itu, pengguna VR dapat dengan mudah “tenggelam” ke dalam lingkungan buatan yang ia lihat.

Dunia virtual reality masih belum bisa dinikmati dengan mata telanjang. Diperlukan perangkat khusus berupa headset, helm dan goggle (kacamata) untuk menikmati lingkungan virtual tersebut.

Setelah menggunakan peralatan VR, pengguna bisa langsung “masuk” ke dalam dunia virtual reality. Di sini Anda bebas melakukan apa saja semaunya, seperti bermain game atau berolahraga online.

Sejauh ini, virtual reality sudah digunakan untuk mengembangkan game online dan e-sport. Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa teknologi VR juga memiliki peran penting dalam pengembangan metaverse (virtual reality metaverse).

Sejarah Virtual Reality

Walaupun teknologi VR baru ramai dikembangkan saat ini, rupanya konsep dunia virtual tiga dimensi ini sudah ada sejak tahun 1977 silam.

Konsep awal teknologi virtual reality bernama Peta Bioskop Aspen. Proyek tersebut diciptakan di MIT, dan berupa simulasi kasar proyeksi Kota Aspen di Colorado. Model kota secara tiga dimensi disusun sedemikian rupa menggunakan ratusan foto pemandangan.

Kemudian di tahun 1980 barulah nama konsep tersebut diganti menjadi virtual reality. Istilah ini dipopulerkan oleh Jaron Lanier, pendiri VPL Riset di tahun 1985. Lanier juga turut memperkenalkan pemakaian kacamata khusus (goggle) untuk menikmati kecanggihan VR.

Namun menurut sejumlah sumber, ide murni terkait VR sejatinya dikembangkan sekitar tahun 1800 seiring dengan kemunculan ilmu fotografi, proyeksi gambar dengan cermin kembar dan stereoskop.

Cara Kerja Virtual Reality

Bagaimana virtual reality bekerja? Jawabannya ternyata cukup sederhana.

Cara kerja virtual reality adalah dengan “menghapus” batas-batas realitas yang ada di sekitar pengguna. Kemudian, user diberikan sebuah lingkungan baru lengkap dan objek-objek rekaan di dalamnya.

Ketika masuk ke dunia VR, kita akan melihat berbagai gambar panorama buatan komputer yang dinamis. Seluruh komponen VR turut bekerja aktif merangsang indera dan pikiran kita agar merasa bahwa dunia maya tersebut nyata adanya.

Selanjutnya, kita bisa langsung mulai bermain, bekerja atau beraktivitas dengan objek-objek virtual yang ada. Semua objek VR pun bisa berubah, bergerak dan memberi umpan balik interaksi mengikuti tindakan Anda.

Artikel Terkait  15 Game Virtual Reality Terbaik Metaverse, Ini Cara Mainnya!

Kelebihan dan Kekurangan Cara Kerja VR

Cara kerja virtual reality memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Ada baiknya untuk mengetahui sisi plus dan minus dari teknologi ini sebelum mencobanya.
Berikut adalah manfaat VR bagi kehidupan nyata:

  • Mempermudah perancangan proyek objek-objek besar seperti gedung, denah, hingga tata letak kota.
  • Membantu latihan dan proses simulasi aktivitas yang sulit sekaligus beresiko, seperti menerbangkan pesawat.
  • Menjadi salah satu bentuk hiburan baru.
  • Menghapus segala sekat hambatan komunikasi di dunia maya.
  • Mengembangkan dunia virtual yang nyata di metaverse.

Sementara kelemahan utama yang masih ditemukan dari virtual reality yakni dapat membingungkan batas realitas dan dunia virtual khususnya bagi pengguna baru yang belum terbiasa.

4 Elemen Dasar Virtual Reality

Teknologi utama pendukung sistem virtual reality adalah HMD (head mounted display).
HMD adalah sebuah monitor komputer yang digunakan di kepala. Umumnya HMD berbentuk seperti kacamata atau helm.

Namun agar bisa bekerja dengan sempurna, terdapat lebih banyak elemen dasar penyusun sistem virtual reality selain HMD.
Inilah 4 komponen penting yang wajib ada dalam sistem virtual reality:

Immersion

Komponen pertama virtual reality adalah immersion. Bagian ini yang berperan memberi efek “nyata” bagi pengguna saat berada di dunia VR.

Ketika immersion diaktifkan, maka Anda bisa melihat objek, menapaki permukaan dunia virtual, bahkan mendengar berbagai suara saat menjelajahi virtual reality.
Terdapat tiga jenis komponen immersion yang digunakan dalam sistem VR, yakni:

  • Mentally Immersed: memberi kesan dan pengaruh khusus dalam benak pengguna sehingga mereka bisa “larut” dalam keseruan dunia VR.
  • Metal Immersion: mengubah perasaan pengguna dari yang awalnya berada di dunia nyata, kini masuk ke dunia virtual baru.
  • Physical Immersion: menyesuaikan indera tubuh pengguna dengan kondisi dunia virtual demi meningkatkan kenyamanan user di VR.

Virtual World

Virtual world adalah komponen VR yang berupa lingkungan fantasi atau simulasi. Di sini Anda bisa membuat avatar diri dan memakainya untuk menjelajahi dunia VR.

Namun sensasi penjelajahan virtual world tentu berbeda karena dilakukan secara tiga dimensi. Jadi Anda harus melakukan tindakan untuk menggerakkan avatar virtual reality.

Umumnya terdapat dua cara untuk membuat avatar virtual world, yakni dengan script atau screenplay. Pengguna juga dapat memilih sendiri tipe virtual world yang ingin dimainkan.
Beberapa jenis virtual world yang ada saat ini mencakup:

  • Entry level mobile VR: dunia virtual yang sangat sederhana, bisa dijangkau dengan smartphone dan kacamata VR simpel seperti Google Cardboard.
  • Mobile headset VR: dunia virtual yang juga masih sederhana, namun sudah dilengkapi tracking sensor, penyesuaian fokus, dan built-in control untuk mempermudah navigasi avatar.
  • High level VR: untuk mengakses virtual world ini dibutuhkan teknologi komputer atau minimal set konsol game lengkap seperti playstation. Jenis VR ini sangat umum digunakan dalam permainan online.
  • Virtual mobile theater: virtual world yang dikhususkan untuk karya seni (film). Pengguna seolah-olah bisa turut “masuk” ke dalam dunia sinema yang disaksikan.
  • Augmented reality headset: virtual world yang memasukkan objek grafis tiga dimensi ke lingkungan kehidupan nyata. Contoh aplikasi virtual world ini adalah game Pokemon Go. Objek 3D (Pokemon) tersebar aktif di dunia nyata dan bisa diajak berinteraksi memakai smartphone.

Interactivity

Komponen interactivity memungkinkan kita untuk berkomunikasi dua arah dengan dunia virtual reality.

Berkat elemen ini, seluruh objek VR jadi bisa merespon seluruh tindakan Anda, begitupula sebaliknya.

Misalnya Anda memainkan e-sport golf di VR. Objek bola golf virtual bisa terlempar jauh usai dipukul dengan stick, ataupun masuk ke lubang goal.

Sensory Feedback

Elemen dasar penting yang terakhir di virtual reality yakni sensory feedback.

Sensory feedback digunakan untuk menyalurkan sensasi dari virtual world ke seluruh indera user (mata, telinga, kulit, dan lain-lain). Jadi Anda bisa melihat, mendengar, bahkan merasakan tekstur objek tiga dimensi yang ada di VR.

Artikel Terkait  15 Aplikasi Augmented Reality Khas Metaverse di Sekitar Kita

3 Fitur Utama Virtual Reality

Dunia virtual bisa hadir dalam berbagai bentuk. Akan tetapi, seluruh virtual world tersebut tetap memiliki fitur dasar yang serupa, yakni:

Scan Objek Tiga Dimensi

VR mampu menscan dan menghadirkan objek tiga dimensi seukuran aslinya di hadapan pengguna. Alhasil, pengguna dapat melihat beragam objek virtual secara nyata dari berbagai sisi (depan-belakang, atas-bawah, kiri-kanan).

Menggerakkan Objek 360 Derajat

Semua objek 3D yang dibuat dengan teknologi VR bisa digerakkan dengan mulus sebesar 360 derajat. Pengguna bisa menikmati objek VR secara realistis dan tepat sesuai keinginan masing-masing.

Interaksi Dua Arah Real Time

Seluruh lingkungan maya VR dapat memberi respon secara real time dan interaktif (dua arah). Artinya, tindakan pengguna terhadap objek virtual world akan langsung mendapat respon detik itu juga.
Respon virtual world juga dibuat sehalus mungkin untuk memaksimalkan sensasi nyata pada user.

Virtual Reality Contoh

Apa sajakah contoh-contoh dari penerapan virtual reality? Sudah ada beberapa contoh produk IT yang memakai virtual reality, yakni:

Kamera Cardboard

Kamera cardboard adalah kamera berteknologi VR yang bisa memotret gambar dengan sudut 360 derajat utuh. Otomatis, Anda bisa melihat seluruh sisi produk yang dijepret dengan baik.

Versi terbaru kamera ini pun juga bisa digunakan untuk video panorama dari seluruh sisi lengkap dengan suaranya. Banyak orang tertarik mengabadikan pemandangan favorit mereka dengan kamera ini untuk mendapatkan sensasi sedang berada di tempat tersebut.

Cardboard

Jika tadi ada kamera cardboard, maka kali ini ada “cardboard” yang merupakan alat virtual reality pertama keluaran Google.

Cardboard bisa digunakan untuk menjelajah berbagai tempat menarik di seluruh dunia secara tiga dimensi di Google Earth. Cara pakainya juga tidak sulit, bisa langsung dengan smartphone saja.

VRSE

Terakhir ada VRSE, alat VR panorama yang akan mengajak Anda berwisata keliling New York secara tiga dimensi.

Sangat praktis untuk merasakan sensasi jalan-jalan gratis ke salah satu kota terbesar di Amerika, lengkap dengan berbagai suara ambience pendukung kunjungan virtual Anda.

Artikel Terkait  Mixed Reality adalah? Pengertian dan Peranan dalam Metaverse

Masa Depan Virtual Reality untuk Metaverse

Virtual reality merupakan salah satu teknologi penting di balik kinerja metaverse. Pasalnya, inovasi VR terbaru akan menjadi cikal-bakal dari metaverse itu sendiri.

Konsep rancangan tiga dimensi nyata yang dimiliki teknologi VR dinilai sangat pas untuk menyempurnakan kehidupan dunia virtual metaverse.

Metaverse dapat menjadi sebuah dunia maya berbasis VR yang super besar sehingga dapat dinikmati semua orang. Pun realisasi metaverse kelak akan berupa virtual world yang bisa diakses tanpa perangkat komputer, kacamata maupun helm khusus.

Maka dari itu, tak heran jika investasi besar-besaran terhadap proyek pengembangan VR sudah dimulai. Menurut riset dari IDC Research, investasi dunia terhadap VR akan mencapai 15,5 miliar Euro per tahun 2022.

Berbagai perusahaan besar di Eropa pun telah mulai mencoba mengadaptasi sistem VR dalam lingkungannya. Pembiasaan ini dirasa wajib guna mempermudah penerapan VR kelak untuk metaverse.

Demikianlah pembahasan lengkap seputar pengertian virtual reality dan contohnya. Virtual reality adalah dunia maya tiga dimensi dengan sensasi yang sama persis seperti kenyataan.

Maka dari itu, konsep VR sangat penting bagi metaverse mengingat keduanya merupakan dunia virtual tiga dimensi.

Ingin tahu lebih banyak info terbaru terkait dunia metaverse? Yuk jadi lebih up to date bersama METAKEY. Langsung klik dan baca gratis artikel-artikel terbaru seputar metaverse hanya di METAKEY!. Sampai bertemu lagi!

Baca juga


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Metaverse (Design, Game, NFT art, Avatar, Unity, Web 3.0, Security), Teknologi Metaverse (Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality), Platform (Epic Games, Sandbox, Roblox). Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Bukan Bored Ape Yacht, ini dia NFT Art termahal saat ini!

NFT Art termahal? Penjualan NFT telah meroket dan mendapatkan popularitas yang tertinggi saat pandemi, namun tahukah Anda awal mula...

12 Game Metaverse Terbaik yang Bisa Anda Coba

Semua orang senang bermain game, bukan? Tapi bagaimana dengan game yang lebih menantang, seperti di game metaverse terbaik dibawah ini? Bayangkan...

Panduan Asset Unity Store untuk Pemula

Asset Unity Store adalah rumah bagi ribuan aset gratis dengan harga terjangkau yang menghemat waktu dan upaya penting bagi...

Apa Itu NFT Art & Perannya Dalam Dunia Metaverse

Meski dunia sempat dihantui dengan wabah penyakit yang mengkhawatirkan, tetapi NFT dan Metaverse seolah-olah memberikan angin segar dalam dunia...

Cara Main Game Metaverse Axie Infinity yang wajib disimak!

Axie Infinity adalah salah satu game blockchain paling menonjol yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan konsep cara main game...

Tutorial Roblox Studio Lengkap : Desain HP, PC dan VR

Roblox Studio adalah salah satu aplikasi desain custom dunia virtual kekinian. Aplikasi ini sangat populer karena serbaguna untuk smartphone,...

Mixed Reality adalah? Pengertian dan Peranan dalam Metaverse

Mixed reality adalah teknologi dunia maya “campuran” yang membentuk metaverse. Seperti apa contoh dan kegunaan mixed reality dalam META? Dunia...

Virtual Reality adalah : Contoh & Manfaat di Metaverse

Virtual reality adalah teknologi digital yang paling sering digunakan di metaverse. Sudah tahu apa pengertian virtual reality dan contohnya? Hal...

Augmented Reality adalah : Contoh & Perbedaan dengan VR

Augmented reality adalah teknologi perpaduan dua dan tiga dimensi (2D-3D) yang tak kalah penting di metaverse. Apa itu augmented...

Unity adalah ? Fitur, dan Manfaatnya untuk Metaverse

Unity adalah software desain AR/VR yang banyak dimanfaatkan dalam dunia Metaverse. Yuk berkenalan dengan serba-serbi software Unity selengkapnya di...

Metaverse

Design

NFT Art

Game

Avatar

Unity

Web 3.0

Security

Teknologi

Virtual Reality

Augmented Reality

Mixed Reality

Platform

Epic Games

Roblox

Sandbox

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya